728x90 AdSpace

Latest News
Wednesday, October 4, 2017

Cara Menulis Pendahuluan


 *Tolong tiap paragraft dipisah dengan spasi

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh.
(beri spasi) Sahabat, pada kesempatan kali ini kita akan membahasa mengenai cara menulis Pendahuluan.
(beri spasi) Pendahuluan dan latar belakang adalah hal yang sama sahabat, hanya berbeda pada penamaannya saja. Di beberapa makalah ada yang menuliskannya dengan pendahuluanada juga dengan latar belakang, dan bahkan ada pula yang menjadikan latar belakang adalah bagian dari pendahuluan.
Langsung saja, latar belakang atau pendahuluan tentu sangat penting yang harus tercantum di dalam sebuah makalah atau buku sahabat, pasalnya karena latar belakang ini adalah sebuah bab pertama dalam sebuah buku atau makalah yang berfungi sebagai penjelas. Penjelas apa? Yakni penjelas mengapa atau sebab apa sebuah buku diterbitkan. Hal ini bukan hanya terjadi atau berlaku bagi buku buku dalam bahasa Indonesia saja, kitab kitab berbahasa Arab yang ditulis oleh ulama ulama terdahulu pun menggunakan Latar belakang, hanya saja diletakkan pada bab Muqaddimah.
Cara membuat atau menulis Pendahuluan dan latar belakang dapat dikatakan sedikit mudah dan sedikit sulit sahabat. Dikatakan begitu mudah karena banyak yang dapat melakukannya, dan dikatakan cukup sulit juga demikian, seakan akan dua hal ini seimbang keberadaan dan tingkat kemudahan dan kesulitannya.
Langkah pertama ialah sahabat harus menentukan terlebih dahulu buku apa atau makalah apa yang hendak sahabat tulis atau buat. Kemudian untuk langkah yang juga awal, sahabat cobalah membuat kerangka keranga kecil yang berisi gambaran umumnya terlebih dahulu, tulislah atau buat disebuah kertas kecil. Usahakan, pilihlah tulisan yang ringan ringan terlebih dahulu, atau tulisan yang temanya sudah cukup sahabat kuasai.
Setelah menentukan tema atau judul, kemudian kerangka umum, barulah sahabat memulai menuliskan latar belakang atau pendahuluan.
Tulislah pendahuluan yang berisi tentang fakta fakta yang terjadi di masyarakat yang membuat sahabat sangat perlu untuk menuliskan buku atau makalah tersebut. Ungkapkan fakta fakta yang sahabat ketahui, kemudian tambahkan fakta lain yang sudah terbukukan atau dari referensi. Setelah memaparkan mengenai fakta dan fakta yang terdapat pada referensi tertentu, jelaskan secara umum topic yang sahabat bahas. Mudahkan? Yang perlu diingat ialah bahwa dalam penulisan Pendahuluan atau latar belakang sahabat tidak diwajibkan menggunakan referensi tertentu, sahabat bisa saja memberikan analisis sahabat sendiri.
Sebagai Contoh.
Mengetahui dan mempelajari tentang Muballigh yang erat kaitannya dengan dakwah adalah sebuah kebutuhan dan kewajiban bagi setiap manusia, karena setiap manusia diciptakan sama oleh Allah, yang membedakannya adalah bagaimana cara manusia itu dalam menyikapi kehidupan, sehingga tidak ada alasan untuk berdakwah, sehingga tidak ada alasan untuk membiarkan kejahatan dan kedhaliman terjadi di muka bumi ini.
Diberbagi media, baik media cetak maupun media massa sudah mulai terlihat bahwa pola pikir masyarakat Indonesia sudah semakin membaik dan maju, meski memang ada sebagian besar pula yang tertinggal. Kemajuan pola pikir masyarakat dapat dilihat dari semakin jelinya masyarakat sekarang ketika menerima sebuah informasi, masyarakat tidak lagi seperti masyarakat dulu yang ketika mendapatkan sebuah informasi akan ditelan mentah mentah dan dipercayai begitu saja, masyarakat sekarang akan mencari kebenaran dari sebuah informasi yang ada, agar tidak termakan dengan situs yang disebut dengan “ HOAX “ .
Diberbagai media pula, dapat ditemukannya sebuah slogan atau meme yang bertuliskan “ BERDAKWAH BUKAN HANYA TUGAS USTADZ SAJA “ begitulah slogan indah dan bijak yang telah menyebar seantero Indonesia. Memang, tulisan meme yang begitu bijak tersebut dapat membuka pola pikir dan wawasan masyarakat yang buta, karena kewajiban itu adalah kewajiban setiap individu yang bernyawa.
Semua Masyarakat mengetahui, hafal dan paham akan hal yang sudah menjadi rahasia umum itu, bahwasanya Rasulullah adalah Manusia terbaik yang telah Allah turunkan ke muka bumi ini, yang namanya telah tercatat indah di dalam sejarah peradaban dunia dan peradaban Manusia, yang bahkan telah Allah sebutkan pula di dalam al Quran yang terdapat dalam Q.S. Al ahdzab ayat 21 yang berbunyi :
لقد كان لكم فى رسول الله اسوة حسنة لمن كان يرجوا الله واليوم الاخر وذكر الله كثيرا
“ sesungguhnya telah ada di dalam diri Rasulullah itu suri tauladan yang baik bagimu, yaitu bagi orang orang yang mengharapkan Rahmat Allah dan kedatangan hari kiamat dan dia banyak menyebut nama Allah. “
Begitulah keindahan Akhlak yang ada di dalam diri Rasulullah, sehingga Allah menyebutkannya di dalam al Quran yang menjadi kitab suci manusia tersebut, sehingga wajib bagi seluruh manusia untuk menjadikan Rasulullah sebagai Contoh dalam berbuat apa pun.
Oleh karena itu, buku ini akan mengenai dasar dasar dalam berdakwah, cara cara berdakwah yang telah diajarkan oleh Rasulullah serta apa saja adab atau etika ketika berdakwah. .
Pendahuluan atau latar belakang di atas adalah pendahuluan yang saya buat sebagai pendahuluan pada buku yang akan saya ajukan ke Diva Press Untuk diterbitkan.
Semoga bermanfaat sahabat. Jangan lupa untuk membiasakan kebiasaan menulis setiap hari, tanpa merasa bosan, lelah lalu memilih untuk berhenti. Jika bukan karena Ulama Ulama yang menulis kitab, maka sampai detik ini kita tidak akan pernah mengetahui hadis hadis yang berasal dari Rasulullah.
Semoga bermanfaat. Salah dan khilaf saya mohon maaf. Bila ada yang kurang benar mohon koreksinya, karena sayapun masih dalam tahap belajar.
Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Menulis Pendahuluan Rating: 5 Reviewed By: Anita aa