728x90 AdSpace

Latest News
Tuesday, October 17, 2017

Cara Menulis PKM AI


Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.
Alhamdulillah, bagaimana kabar sahabat? Semoga sehat dan selalu dalam lindungan Allah SWT ya.
Sahabat, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai cara menulis PKM AI.

Sahabat, sudah pernah mendengar kata PKM sebelumnya? Saya kira, jika sahabat merupakan atau sedang duduk di bangku semester tiga, seharusnya sahabat sudah pernah mendengar nya ya, atau Bahkan sahabat sudah tidak asing lagi dengan kata ini. Sahabat, ada di beberapa fakultas, PKM ini malah dijadikan sebagai sebuah kata kuliah umum, ada pula tugas yang diminta untuk membuat sebuah PKM.

Nah, sahabat, PKM merupakan singkatan dari kalimat Program Kreativitas Mahasiswa(PKM). sangat banyak jenisnya sahabat, ada PKM K(Kewirausahaan), PKM GT(Gagasan tertulis), PKM AI(Artikel Ilmiah) , dan masih banyak lagi jenis PKM yang lain sahabat. insyaAllah akan kita bahas satu persatu, kenapa? Karena komponen dari masing-masing PKM itu tidak meski sama sahabat, seperti atau sesuai dengan namanya. Tentu ada perbedaan nya, baik itu perbedaan yang mendasar maupun tidak.

Sahabat, Kegiatan PKM ada yang harus dilakukan dengan uji coba di Laboratorium dan praktek lapangan, namun, untuk PKM AI ini, tidak membutuhkan dan tidak melibatkan kegiatan tersebut.

Jadi, ini termasuk berbeda dengan PKM yang meski uji coba dan praktek lapangan yah.

Nah, untuk PKM yang melakukan proses Uji coba laboratorium dan praktek lapangan, meski mengajukan proposal ke Direktori terlebih dahulu sahabat, akan tetapi PKM AI Ini tidak mengenal yang namanya Uji coba, praktek dan juga mengirim ke Direktori, dia langsung mengirimkan dalam bentuk karya ilmiah, sesuai dengan namanya, dan dikirim lewat online.

Sahabat, PKM Ini, baik dalam jenis PKM apapun, wajib atas nama kelompok, bukan atas nama individu. Jadi, sahabat harus memiliki teman kerja atau tim, karena membuat PKM Jenis apapun, bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah untuk dilakukan.

Biasanya, dalam kelompok tersebut, minimal ada dua orang, dan maksimal sampai lima orang sahabat, dan biasanya juga, yang menjadi ketua wajib menguasai bidang PKM yang sedang digeluti, dengan anggota yang diambil dari semester yang berbeda-beda.

Sahabat bisa memilih ketua yang sesuai dengan PKM Jenis apa yang sahabat ambil, karena memang sifatnya wajib, dikarenakan juga jenis PKM yang diambil harus sesuai dengan Jurusan Ketua kelompok.

Sahabat, jangan lupa, ketika mengusulkan Proposal PKM, Cantumkan nama dan nomor Induk Mahasiswa, cantumkan nama dengan lengkap, janhan disingkat apalagi menulis nama panggilan.

Maksimal halaman pengajuan proposal biasanya, sepuluh halaman sahabat, dan minimal delapan halaman, penghitungan halaman satu, dimulai dari pendahuluan sahabat, jadi, cover, daftar isi, lembar pengesahan dan lain lain nya itu tidak dihitung ya.

Ketika menuliskan pada pengajuan proposal, sahabat juga wajib mencantumkan sumber yang sahabat miliki. Setelah itu, sahabat wajib mencantumkan tanda tangan pengusul, kemudian tanda tangan dekan atau bisa juga kepala jurusan, ingat ya sahabat, ini dalam bentuk Surat pernyataan, dan harus distempel.
Setelah itu, sahabat sudah mulai bisa membuat sistematika penulisan PKM AI ini sahabat.

Aturan baku yang digunakan, biasanya sama seperti penulisan biasa sahabat. Apa saja? Ditulis dengan Font Times New Roman, Size 12, Spasi 1.5, margin A4, Kiri 4, kanan, atas, dan bawah 3.
Komponen isi, sebagai berikut sahabat :
1. judul
Sahabat, dalam membuat judul, buatlah sebuah judul yang memuat isi pembahasan secara singkat.

2. Nama penulis
Nama penulis dicantumkan di bawah judul, tulislah dengan nama lengkap sahabat, serta cantumkan juga instansi atau perguruan tinggi sahabat ya.

3. Abstrak dan abstract
Sahabat harus membuat abstrak dengan dua bahasa, satu dengan bahasa Indonesia, satu lagi dengan bahasa asing, yang biasa digunakan ialah bahasa Inggris dan Arab.
Nah, sahabat penulisan abstrak ini haruslah sangat ringkas, yang sudah mencakup seluruh makna mulai dari Pendahuluan, tujuan, metode, hasil pembahasan, semua harus ada, yang dapat dicakup dalam abstrak ini. Biasanya, tidak boleh banyak banyak sahabat, sahabat harus dapat merangkumnya dengan 250 hingga 300 kata saja. Sedikit bukan? Setelah itu, sahabat biasanya akan diminta untuk membuat tiga sampai lima keyword dari Pembahasan sahabat.

4. Pendahuluan
Penulisan Pendahuluan ini, sama seperti biasanya sahabat, sama seperti sahabat menulis Pendahuluan makalah Makalah yang sahabat buat.

Pendahuluan ini juga merupakan gambaran umum sahabat, sahabat bisa membuat Pendahuluan ini dari berbagai sumber juga sahabat, bisa dari buku, jurnal atau dari sumber manapun.

5. Tujuan
Tujuan ini harus sahabat buat berkaitan dengan judul yang sahabat angkat. Harus berkaitan ya sahabat, janhan sampai antara tujuan tidak sesuai dengan judul yang diangkat.

6. Metode
Metode di sini, bisa sahabat isi sesuai dengan metode yang sahabat gunakan. Setiap orang yang meneliti sesuatu, haruslah dengan menggunakan metode sahabat, apa saja yang diteliti pasti dengan menggunakan metode. Tidak ada penelitian yang dilakukan tanpa memiliki metode.
Sahabat harus menjelaskan mengenai metode apa yang sahabat ambil atau metode apa ya g sahabat gunakan. Jelaskan dengan terperinci dan jelas. Sahabat bisa menjelaskan metode pelaksanaan ataupun bahan juga.

7. Hasil dan pembahasan
Bagian ini, mencakup hasil observasi sahabag, dapat dirangkum dalam bentuk tabel juga sahabat, bisa juga dengan bentuk narasi, akan tetapi harus nyata, tidak ada pendapat pendapat, yang dimuat harus berisi fakta ya sahabat, ingat, harus fakta, tidak ada pendapat yang boleh dimasukkan dalam bagian ini.

Dugaan ilmiah juga dapat dimasukkan di sini, akan tetapi juga harus dilandasi dengan teori teori yang ada, tidak boleh sembarangan menduga duga tanpa ada teori yang pasti sebelumnya.

Interpretasi juga bisa dimasukkan di sini dan juga nalisis analisis. Tapi yang perlu digaris bawahi ialah, harus tetap ilmiah sahabat, tidak boleh sembarangan mengajukan argumen tanpa ada dasar atau landasan.

8. Kesimpulan
Kesimpulan merupakan bagian akhir dari Pembahasan sahabat. Bagian ini memuat hasil akhir atau jawaban atas apa yang telah sahabat jabarkan pada bagian pembahasan.

9. Ucapan terimakasih
Ucapakan terima kasih, dapat sahabat tulis atau cantumkan, jika sekiranya ada pihak yang telah membantu sahabat dan kelompok dalam menyelesaikan PKM tersebut.

10. Daftar Pustaka
Berisi mengenai sumber atau rujukan yang sahabat gunakan selama membuat Proposal PKM.

Demikian sahabat, semoga bermanfaat. Dia atas semoga bermanfaat, dan sahabat memiliki gambaran umum mengenai sistematika yang harus sahabat penuhi ketika menulis Proposal PKM.
Komponen komponen di atas, sahabat harus kuasai.
Salah dan khilaf saya mohon maaf. Monggo jika ada yang salah diperbaiki. Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Menulis PKM AI Rating: 5 Reviewed By: Anita aa