Cara Menulis PKM K

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.
Alhamdulillah.
Sahabat, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai Cara menulis Program Kreativitas Mahasiswa-K (Kewirausahaan) .
Sahabat tentu pernah mendengar mengenai PKM K ini kan? Atau pernah pula menuliskan nya?
Sahabat, jenis PKM K Ini adalah salah satu jenis yang paling diminati oleh Mahasiswa, karena apa? Karena Memang jiwa berwirausaha itu hampir ada di setiap diri manusia, karena wirausaha tidak hanya dapat diartikan sebagaimana lazimnya diartikan oleh banyak orang, akan tetapi, lebih luas dari itu, bahwa wirausaha adalah sebuah jiwa yang dimiliki seseorang dalam berusaha.
Nah, sahabat. Ketika sahabat hendak membuat PKM Kewirausahaan, sahabat harus menempuh langkah-langkah yang kurang lebih sama dengan saat menulis proposal PKM yang lainnya, yakni dengan menentukan kelompok, satu kelompok bisa minimal dua orang, maksimal lima orang, dengan diketuai oleh Seseorang yang menguasai pada bidang PKM yang dipilih. Dan sahabat juga harus mengingat, bahwa di kelompok sahabat harus ada Anggota dari berbagai semester.
Oleh sahabat? Kalau untuk masalah itu, saya kira beres ya sahabat, karena ketentuannya sama dengan PKM Yang lain, yamg membuat berbeda mungkin hanya pada Cara kerjanya, karena ada yang terjun ke lapangan, ada pula yang tidak sahabat.
Sahabat, ketika sahabat hendak membuat PKM Kewirausahaan, sahabat hendaknya sudah membicarakan mengenai apa yang hendak sahabat dan kelompok sahabat akan buat. Sahabat harus sering sering berkumpul atau rapat membahasnya.
Sahabat harus menentukan dahulu, usaha apa yang hendak sahabat dan tim sahabat buat. Usahakan, buatlah sebuah usaha yang belum ada di buat oleh orang lain, kalaupun ada sahabat bisa meniru hanya saja tetap harus ada Inovasi baru, atau lebih kepada Meniru tetapi ada variasi nya.
Kemudian, apabila sahabat sudah menemukan Judul atau tema PKM Kewirausahaan yang akan dibuat, sahabat bisa mendiskusikan kembali mengenai banyak hal. Mulai dari tempat dan desain nya, kemudian Bentuk usahanya, usaha dalam publikasi nya seperti apa, teknik menjalankannya seperti apa, hingga kepada Rincian dana, dan survey nya sahabat.
Sahabat jangan sampai lupa, untuk menghubungi satu dosen, yang menurut sahabat bisa dijadikan sebagai dosen pembimbing. Hubungi terus dosen pembimbing yang sahabat pilih, utarakan maksud sahabat, jika dosen tersebut berkenan, maka setiap hasil rapat, sahabat bisa menyampaikan kepada dosen tersebut, jangan lupa untuk meminta saran dan masukan dari dosen pembimbing.
Setelah semuanya selesai, rinciannya sudah mulai dapat, survey sudah dilakukan, sebelum sahabat memasuki langkah selanjutnya.
Sahabat dan tim, harus mulai membuat Proposal nya dalam.bentuk teks, apa yang selama ini sahabat rapat dan bicarakan dengan tim dan dosen pembimbing, bisa mulai dicicil dalam bentuk file atau diketik.
Penulisannya sama sahabat, pada halaman awal ada cover, dan penulisan atau pembuatan cover ini, sama dengan bentuk PKM apapun.
Setelah itu, sahabat bisa membuat lembar pengesahan. Yang dibubuhi dengan Tanda tangan Ketua, dan juga Dosen pembimbing atau bisa juga dengan Tanda tangan Kepala jurusan.
Sahabat, mengenai sistematika nya, sama dengan Semua PKM, diawali dengan Pendahuluan, kemudian tujuan dan lain sebagainya.
Ingat sahabat, ketika sahabat menuliskan nya, harus dengan kaedah kaedah umum yang berlaku, dan beberapa diantaranya sudah saya singgung ya, mulai dari Font yang digunakan, Size dan lain sebagainya.
Untuk cara menulis Pendahuluan dan tujuan nya sudah pernah saya bahas sahabat, pada Artikel yang khusus ya. Mungkin jika sahabat masih bingung membuat Pendahuluan dan tujuan, sahabat bisa membacanya kembali.
Jangan lupa survey sahabat, karena Dosen pembimbing akan menyetujui apabila gambaran umum dan rancangan sahabat sudah pasti.
Sahabat harus sudah survey ya, gambaran nya juga sudah jelas.
Demikian sahabat, semoga bermanfaat.
Yang paling penting ketika menulis Proposal PKM K ini adalah, sahabat harus memperbanyak Inovasi inovasi pada jenis usaha yang sahabat buat, perbanyak rapat dan konsultasi serta meminta pendapat dosen pembimbing, survey juga sahabat, sasaran nya juga harus pasti, itu adalah yang paling penting. Jika semua itu sudah sahabat miliki dan rancang dengan baik, maka ketika akan menuliskan nya akan lebih mudah.
Semoga bermanfaat.
Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh.