728x90 AdSpace

Latest News
Monday, October 30, 2017

Cara Menulis Skripsi 2


Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

Alhamdulillah, sahabat yang dirahmati Allah, pada kesempatan kali ini kita akan melanjutkan pembahasan mengenai penulisan Skripsi ya sahabat.

Kita sudah membahas sebagian dari format Skripsi sahabat. Kita sudah membahas bagian depan, yang tediri dari sampul atau cover, halaman judul, halaman persetujuan pembimbing, dan daftar isi sahabat, lalu bagian isi yang terdiri dari judul, dengan enam komponen, Latara belakang dengan enam komponen. Nah, kita akan melanjutkan beberapa hal yang harus sahabat penuhi dalam penulisan bab 1 skripsi ini.

Selanjutnya ialah rumusan masalah. Setiap sahabat menuliskan makalah atau karya ilmiah atau jurnal dan segala sesuatu yang berkaitan dengan karya tulis, pasti sahabat akan mencantumkan rumusan masalah.

Bagian rumusan masalah ini, memuat permasalahan yang akan sahabat teliti. Masalah penelitian merupakan problem yang timbul karena terdapat kesenjangan antara yang ideal dengan yang real atau antara harapan dan kenyataan. Rumusan masalah yang sahabat tulis, harus dijelaskan cara jelas, ada dua hal yang termasuk dam rumusan masalah sahabat. Pertama ialah pertanyaan yang dimulai dengan kalimat tanya, misalnya: adakah? Bagaimanakah? Sejauh manakah? Apakah ada kaitannya? Mengapa? Bagaimanakah? Dan seterusnya sahabat, yang terpenting adalah diawali dengan kalimat tanya. Kedua ialah hipotesis yang akan diuji atau akak dibuktikan, jadi tidak harus dalam bentuk pertanyaan. Berbeda ya sahabat dengan poin yang pertama. Poin pertama harus dengan kalimat tanya, sementara poin ke dua tidak harus salam bentuk kalimat tanya. Dalam bagian rumusan masalah, sahabat harus menguraikan pendekatan dan konsep yang akan sahabat gunakan untuk menjawab masalah yang sahabat teliti.

Setelah rumusan masalah, ada poin selanjutnya sahabat yakni tujuan penelitian. Segala sesuatu yang kita lakukan harus memiliki tujuan yang jelaskan sahabat? begitu pula dengan penulisan skripsi ini, harus ada tujuan yang jelas yang dimuat. Tujuan penelitian ini adalah hasil yang akan sahabat capai selama melakukan penelitian. Penelitian akan dapat bertujuan untuk menjajaki, menguraikan, menerangkan, membuktikan atau menerapkan suatu gejala, konsep, teori atau dugaan. Tujuan penelitian yang sahabat tulis harus sesuai dengan rumusan masalah yang sahabat ungkapkan.

Okeh, baiklah kita akan masuk kepada bagian selanjutnya ialah manfaat penelitian. Setiap ada tujuan tentu ada manfaatnya sahabat, tidak terlebih juga kepada bagian skripsi ini. Bagian manfaat penelitian ini memuat uraian manfaat penelitian yang akan diperoleh melalui penelitian yang sahabat lakukan. Manfaat penelitian dapat berupa pengembangan ilmu pengetahuan dan lain sebagainya. Manfaat ini juga harus sahabat tulis dengan penjelasan yang singkat, padat, dan jelas.

Selanjutnya ialah Tinjauan Pustaka. Pada bagian tinjauan pustaka, sahabat harus menguraikan dengan jelas kajian Pustaka yang menimbulkan gagasan dan mendasari penelitian yang akan sahabat lakukan. Kajian pustaka adalah deskripsi ringkas hasil hasil penelitian sebelumnya tentang masalah sejenis yang akan sahabat teliti. Hasil penelitian tersebut bisa berupa buku yang diterbitkan, skripsi yang dipdf kan atau sejenisnya. Hal ini dimaksud kan untuk menunjukkan secara akademik, rasional dan jelas bahwa masalah yang akan diangkat layak untuk diteliti, dan belum terjawab sepenuhnya oleh peneliti sebelumnya. Masih terdapat berbagai kekurangan, masih terbuka kemungkinan untuk diteliti dengan menggunakan pendekatan yang lain, dan bukan duplikasi dan plagiasi dari penelitian sebelumnya.

Jadi, saat menulis bagian ini, sahabat bisa menggunakan buku atau sumber apapun, yang bahkan sifatnya adalah wajib. Sahabat mendeskripsikan referensi yang paling dominan sahabat gunakan di sini, menjelaskan mengapa sahabat memilih buku itu, apa keterkaitan antara buku itu dengan penelitian yang akan sahabat lakukan, dan lain sebagainya sahabat, yabg jelas sahabat harus dapat menjelaskan dengan teliti dan sangat jelas mengenai buku atau sumber yang sahabat gunakan. Pada bagian selanjutnya ialah kerangka teori. Kerangka teori ini ni memuat berbagai macam teori sahabat, temuan dan hasil penelitian sebelumnya, yang diperoleh dari acuan yang dijadikan Landasan sebelum melakukan penelitian. Dengan kata lain, dalam kerangka teori tersebut harus dijelaskan kajian teori dan kerangka pemikiran yang digunakan dalam penelitian tersebut, yang tentunya teori teori tersebut harus relevan dengan permasalahan yang sahabat akan teliti.
Ini berisi tentang kerang kerang ya sahabat, mulai dari kerangka awal, hingga kerangka yang terakhir. Sahabat harus menjelaskan berbagai macam kerangka tersebut, mulai dari kerangka teori hingga kepada kerangka berfikir nya sahabat. Biasanya, bagian ini juga termasuk bagian yang cukup panjang sahabat, hanya saja, meski termasuk bagian yang lumayan atau cukup panjang, ternyata penulisan nya juga tidak begitu sulit kok, karena tinggal menjelaskan apa yang hendak sahabat buat atau tulis.

Selanjutnya, Metode penelitian. Ada dua jenis metode penelitian sahabat, yang pertama ialah penelitian dengan metode kualitatif dan kedua penelitian dengan metode kuantitatif. Sahabat bisa memilih dan menjelaskan bagian metode penelitian yang mana yang sahabat ambil atau sahabat gunakan.

Untuk metode penelitian kualitatif, merupakan bagian metode yang akan digunakan dalam melakukan penelitian kualitatif. Pada bagian ini, berisi variabel variabel penelitian sahabat, bahan dan alat yang sahabat gunakan selama melakukan penelitian, model yang digunakan, rancangan penelitian, teknik pengumpulan data, analidata serta penafsiran dan penyimpulan hasil penelitian. Setelah semua sahabat penuhi, mualo dari variabel, cara memperoleh data dan seterusnya, sahabat harus menyimpulkan ya, tentunya menyimpulkan hasil penelitian yang sahabat lakukan.

Untuk penelitian kuantitatif, bagian ini merupakan pendekatan yang digunakan, proses pengumpulan data, analisis data, proses penafsiran, dan penyimpulan hasil penelitian. Ini lebih sedikit ya sahabat, karena tidak membutuhkan variabel variabel penelitian, bahan dan alat yang digunakan selama penelitian dan sebagainya.

Untuk penelitian dengan metode kuantitatif, ada dua macam sahabat, yang pertama ialah untuk penelitian studi tokoh, dan kedua ialah penelitian kepustakaan.

Pada bagian penelitian studi tokoh, memuat pendekatan yang digunakan ialah, proses pengumpulan data, analisis data, proses penafsiran, dan terakhir ialah penyimpulan hasil penelitian.

Pada bagian kepustakaan, yang harus digunakan ialah Proses pengumpulan data, analisis data, proses penafsiran, dan penyimpulan hasil penelitian.

Okeh, kita hampir selesai Sahabat. Karena hanya ada satu hal yang tersisa saat penulisan bagian bab satu ini, yakni bagian akhir yang berupa outline penelitian dan daftar pustaka.
Outline ialah rencana penulisan yang memuat garis-garis besar dari suatu karangan yang akan sahabat lakukan dan merupakan rangkaian ide ide yang tersusun secara sistematis, logis, jelas terstruktur, dan teratur.

Daftar pustaka, bagian yang mayat datar buku, laporan hasil penelitian, majalah, surat kabar, jurnal ilmiah, dan bahan pustaka lain yang sahabat gunakan sebagai acuan dalam melakukan penelitian tersebut.

Ini baru bagian bab satu ya sahabat, masih ada beberapa bab lagi yang akan kita bahas, insyaAllah..

Demikian, semoga bermanfaat..

Semoga Allah permudah sahabat dan kita semua dalam menuliskan nya, tentunya dengan harapan Bermanfaat bagi banyak orang, dan curahan ilmu kita akan banyak dinikmati banyak orang pula.

Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Menulis Skripsi 2 Rating: 5 Reviewed By: Anita aa