728x90 AdSpace

Latest News
Saturday, October 28, 2017

Cara menulis Skripsi

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.
Apa kabar sahabat? Semoga selalu sehat dan semangat ya. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai Cara Menulis Skripsi.
Sahabat sudah semester tua? Belum kepikiran judul? Belum garap Skripsi sama sekali? Akh, sayang sekali sahabat, padahal seharusnya, jika sudah semester tua, tugas sahabat hanya tinggal mengajukan saja, tidak lagi tahap berfikir dan membuat skripsi. Sehingga ada dosen saya yang mengatakan bahwa, sebelum Kuliah Kerja Nyata, Proposal Skripsi harus sudah beres, sehingga tidak ada lagi beban saat Kuliah Kerja Nyata, tidak ada lagi pikiran yang kacau memikirkan Proposal, yang akan membuat Kuliah Kerja nyata sahabat menjadi sangat nikmat dan terasa mudah. Namun sayangnya, sangat sedikit yang melakukan cara ini sahabat, kebanyakan orang orang menggarap atau membuat skripsi ketika sudah didesak, ketika sudah ditanya tanya, bukan karena kesadaran dan kemauan sendiri, yang berdampak pada Hasil skripsi yang pas Pasan tanpa Kualitas. Bukankah ini menyedihkan?, Sehingga dosen saya yang sama juga mengatakan bahwa, skripsi itu yang selesai duluan bukanlah mahasiswa yang pandai, akan tetapi mereka adalah mahasiswa yang telaten atau tekun.
Nah sahabat, apakah tidak ingin mencontoh atau menurunkan apa yang dosen saya sarankan?
Akh, saya rasa benar apa yang disampaikan dosen saya, karena itu adalah pengalaman pribadi beliau. Okeh, langsung saja sahabat. Langakh awal ketika akan membuat skripsi adalah membuah atau mengajukan proposal skripsi terlebih dahulu, tentunya dengan berbagai persyaratan yang sudah ditentukan oleh Universitas atau fakultas masing-masing ya. Ada beberapa Universitas yang pada umumnya membuat bahwa yang boleh mengajukan proposal skripsi adalah mahasiswa yang sudah menyelesaikan minimal 108 Sistem Kredit semester. Kemudian, sudah mengikuti seminar proposal skripsi minimal tiga kali, dibuktikan dengan presensi yang ada, lalu mengajukan judul minimal tiga judul, dan seterusnya.
Saran saya, saja sahabat mengikuti apa yang disarankan oleh dosen saya, jadi bagi sahabat yang sekarang baru menempuh semester dua, tiga empat sudah bisa memulainya. Heheh, tentunya dengan membaca beberapa contoh skripsi yang ada, sahabat bisa mencarinya di Mbah Google, atau dan sahabat juga harus membaca buku panduan penulisan skripsi yang berlaku di kampus sahabat. Jadi, jangan menunggu sampai sahabat duduk di bangku semester tua ya, baru memikirkan skripsi, karena kalau sidah masuk waktu kuliah, rasanya satu semester itu hanya terasa seperti beberapa hari saja.
Okeh, langkah awal adalah sahabat cari terlebih dahulu judul yang akan sahabat angkat. Usahakanlah untuk memilih tema yang sesuai dengan jurusan yang sahabat ambil. Ingat ya sahabat, tema yang sahabat ambil, ketika membuat skripsi tidak harus sesuatu hal yang baru, bisa mengangkat sebuah tema yang sudah ada sebelumnya, nah tentu hal ini berbeda dengan tesis dan disertasi ya. Jadi, jangan takut kalau judul skripsi yang ingin sahabat ambil sudah pernah diambil oleh orang lain, karena itu adalah hal biasa, dan lumrah terjadi, hanya saja tetap ada perbedaan dengan skripsi yang sudah dilakukan oleh yang lain ya.
Setelah menentukan judul, sahabat harus mengetahui apa saja yang harus ada di dalam Skripsi.
Nah sebelumnya, sahabat harus paham, bahwa sebelum melangkah ke penulisan skripsi, tugas awal sahabat adalah membuat seminar skripsi, dengan persyaratan yang sudah saya jelaskan di atas tadi. Seminar proposal merupakan bagian dari skripsi juga sahabat, yang tepatnya berada pada bab satunya. Nah, dalam penulisan skripsi ada lima sampai enam bab yang harus sahabat lakukan, dan masing-masing babnya terdapat poin poin tersendiri.
Yang akan kita bahasa tentu bab satu terlebih dahulu kan sahabat? Yang merupakan bagian awal atau bab satu yang ada di Skripsi. Pada Bab  Satu yang akan diajukan kepada Dosen, sahabat harus menuliskan beberapa poin awal.
Okeh, Format yang harus sahabat buat ketika menulis skripsi pada bab satu atau lebih tepatnya ialah Proposal Skripsi, pertama yang perlu sahabat ketahui bahwa Proposal Skripsi mencakup tiga bagian, yang pertama adalah bagian depan, kedua bagian isi dan terakhir ialah bagaimana akhir. Bagian depan, biasanya terdiri atas, Cover atau sampul, halaman judul, halaman persetujuan pembimbing dan daftar isi.
Pada bagian Isi, ada beberapa poin penting yang harus sahabat masukkan, yakni ada latar belakang, rumusan masalah, tujuan penelitian, manfaat penelitian, tinjauan pustaka, kerangka teoritik, metode penelitian, dan yang terakhir Sistem pembahasan. Okeh, kita akan bahasa satu persatu sahabat.
Pertama ialah judul, judul skripsi adalah nama yang sahabat berikan untuk pokok pembahasan penelitian, ketentuan tentang judul ada enam macam sahabat. Harus jelas, singkat dan spesifik, mencerminkan masalah yang akan sahabat teliti, aktual dan memiliki kontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan, seni budaya, menarik sehingga dapat membangkitkan perhatian dan minta orang lain untuk membaca, dirumuskan dari kata kunci keseluruhan uraian, dan terakhir memakai bahasa Indonesia yang baik dan benar.
Kedua, Latara belakang. Pada artikel artikel sebelumnya, saya juga sudah membahas mengenai cara menulis latar belakang kan sahabat? Hanya saja bukan latar belakang untuk penulisan skripsi atau proposal skripsi, tapi oeelu sahabat ketahui, sebenarnya dua hal tersebut tidaklah terlampau jauh berbeda nya. Langkah langkahnya sama saja, hanya saja jika dalam penulisan nya pada skroatau Proposal Skripsi, dibutuhkan banyaknya teori.
Latar belakang masalah adalah alasan-alasan ilmiah mengapa sahabat mengambil atau mengangkat permasalahan tersebut untuk diteliti, merasa penting untuk dikaji. Dalam penulisan latar belakang, ada enam yang harus sahabat Cantumkan. Pertama ialah urgensi masalah nya, sehingga layak untuk diteliti sebagai sebuah penelitian ilmiah, kedua relevansi dan kegunaannya bagi profesi keilmuan sesuai dengan program studi yang sahabat ambil atau sahabat kuasai. Ketiga, batasa batas dan ruang lingkup masalah, ketersediaan data dan informasi tentang masalah yang sahabat teliti, ketertarikan mahasiswa sebagai peneliti dan kemampuan dan fasilitas penunjang lainnya.
Poin selanjutnya ialah rumusan masalah, yang mengandung dua poin di dalamnya, tujuan penelitian, manfaat penelitian, tinjauan pustaka, kerangka teori, dan metode penelitian. insyaAllah akan kita bahasa pada kesempatan lainnya ya sahabat.
Selamat menggarap skripsi ataupun yang baru awal yakni proposal skripsi.
Jangan lupa untuk meminta restu kepada orangtua.
Teruslah menulis, menulis dan menulis.
Demikian, semoga bermanfaat, salah dan khilafnya saya mohon maaf, wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara menulis Skripsi Rating: 5 Reviewed By: Anita aa