728x90 AdSpace

Latest News
Tuesday, October 31, 2017

Cara Menulis Skripsi

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.
Alhamdulillah, sahabat pada pagi ini Allah masih berikan kita kesempatan untuk menikmati hidup yang Fana ini. Pada kesempatan kali ini, kita akan melanjutkan pembahasan kemarin sahabat, yakni berkaitan dengan Skripsi. Sudah siap untuk melanjutkan pembahasan selanjutnya?
Baiklah sahabat, setelah menyelesaikan Proposal Skripsi, langkah selanjutnya yang meski sahabat tempuh agar bisa melanjutkan Penulisan skripsi ialah dengan melakukan seminar proposal. Untuk bab dua dan selanjutnya akan kita bahas pada pertemuan selanjutnya sahabat. Hari ini, kita akan membahas mengenai Seminar Proposal dahulu sahabat, yang merupakan bagian dari Skripsi juga. Sebelum membahas lebih lanjut, shanaag harus mengetahui terlebih dahulu apa sih itu seminar proposal, karena kalau tidak mengetahui artinya, maka sahabat akan kesulitan di tengah jalan nantinya. Seminar Proposal adalah forum yang disediakan bagi Mahasiswa untuk mempresentasikan Proposal Skripsi yang akan diajukan. Nah, jadi, ketika sahabat sudah selesai membuat sebuah proposal skripsi, maka sahabat akan melanjutkan ke jenjang selanjutnya yakni melakukan seminar proposal. Seminar proposal ini, akan sahabat sampaikan di depan tekan teman sahabat dan juga Dosen yang bersangkutan dengan judul atau tema yang sahabat ambil.
Seminar proposal, biasanya akan diadakan dengan berbagai ketentuan sahabat, apa saja ketenangannya?  Pertama, Ketua program studi menentukan dan mengumumkan panitia dan jadwal seminar. Nah, jadi seminar ini bukan seminar main mainan sahabat, ia dilakukan dengan resmi, sehingga harus ada panitia yang mengurusnya, dan juga pengumuman resmi terkait jadwal kapan sahabat akan melakukan seminar. Kedua, seminar proposal yang akan sahabat lakukan, akan dihadiri oleh berbagai pihak, pertama tentu pihak panitia, yang terdiri dari ketua, sekretaris dan pembimbing. Kedua akan dihadiri oleh dua orang Mahasiswa sebagai pembahas umum, dengan ketentuan : Mahasiswa pembahasan adalah Mahasiswa Program studi masing masing. Sahabat harus sudah terdaftar pada sekretariat seminar, jadi jangan lupa untuk mencari tahu ya sahabat, kapan ada pendaftaran seminar proposal. Ketua dan sekretaris seminar adalah ketua dan sekretaris program studi, jadi yang menjadi ketua dan sekretaris pada seminar yang akan sahabat ikuti adalah Bapak Kepala jurusan sahabat sendiri beserta sekretaris jurusan sahabat juga, jadi bukan diambil dari Jurusan lain ya. Antara ketua dan sekretaris tidak boleh merangkap jabatan.
Setelah itu, sahabat pasti bertanya, untuk apa sih atau apa sih tujuan dari diadakannya seminar? Ada dua tujuan umum diadakannya seminar proposal ini sahabat, pertama ialah memberikan inpun atau masukan kepada Mahasiswa demi penyempurnaan skripsi nantinya, jadi ini adalah hal yang serius, maka mengerjakan nya pun haruslah dengan keseriusan. Kedua, bisa memperkuat wawasan Mahasiswa.
Setelah sahabat mengetahui apa itu seminar proposal, apa itu tujuannya dan dihadiri oleh siapa saja, kini sahabat juga harus mengetahui tentang perbaikan proposal skripsi. Perbaikan Proposal ini, dilakukan setelah sahabat melakukan seminar proposal skripsi, Ketua jurusan sahabat atau ketua program studi sahabat akan menerbitkan surat bukti bahwa sahabat sudah melaksanakan seminar proposal. Nah setelah itu, sahabat harus menyempurnakan kembali proposal skripsi sahabat, ketika sudah selesai, sahabat harus mengkonsultasikan nya kepada pembimbing skripsi sahabat, lalu sahabat gandakan sebanyak tiga rangkap. Di dalamnya berisi tanda tabgan sahabat, tanda tangan sebagai persetujuan dosen pembimbing, dan disahkan oleh ketua jurusan sahabat.
Perbaikan Proposal skripsi, dilakukan paling lambat satu Minggu setelah sahabat melakukan seminar proposal skripsi. Apabila sahabat terlambat menyesalin proposal perbaikan, atau tidak sesuai dengan jadwal yang sudah ada, itu artinya sahabat harus mengulang kembali seminar proposal sahabat, demgan konsekuensi sahabat harus membayar uang biaya seminar proposal skripsi. Proposal skripsi yang telah sahabat perbaiki dijadikan panduan penulisan skripsi, dan hendaknya dibawa saat ujian skripsi. Nah, apabila di tengah jalan, ada satu hal atau beberapa hal, sahabat mengganti judul skripsi maka sahabat harus mengikuti prosedur yakni melalui jurusan sahabat masing masing. Sahabat, jika dilihat sekilas, mungkin tulisannya kurang sinkron dengan apa yang kemarin kita bahas, nah dari itu akan lebih baik, jika sahabat mencermati satu persatu, maka nanti akan sahabat temukan bahwa ada keselarasan antara tema kemarin dengan yang sekarang. Kenapa? Karena seminar proposal dan perbaikan proposal skripsi adalah bagian dari Skripsi sahabat. Bab satu adalah bagian dari Skripsi, meski namanya biasa disebut sebagai Proposal skripsi, meski begitu dia tetap bagian dari Skripsi, kenapa? Karena jika tidak ada konten konten yang termuat di dal bab satu, maka sahabat tentu tidak akan dapat melanjutkan penulisan skripsi pada bab baab selanjutnya, karena bab satu adalah induknya, gambaran umumnya, sehingga dijadikan acuan dalam pembahasan.
Ketika sahabat sudah memperbaiki proposal skripsi, sahabat harus mengoreksi atau memperbaiki nya kembali, sahabat harus mengeceknya satu persatu dengan teliti, dan amat teliti. Sahabat harus perhatikan penulisan yang sahabat tulis, apakah sudah sesuai dengan ketentuan baku atau belum, apakah pengutipan kalimat langsung dan tidak langsungnya sudah benar atau belum, apakah penulisan footnotenya sudah tepat atau belum, semuanya harus sahabat cek kembali. Jika sahabat tidak mengetahui aturan atau ketentuan penulisan yang ada, sahabat bisa mencarinya diberbagai sumber, bisa di buku buku panduan penulisan skripsi, biasanya di dalam isinya terdapat aturan aturannya sahabat, kemudian sahabat bisa mencarinya di media media sosial, sahabat bisa searching di Mbah Google, pasti dapet. Mengapa harus detil dengan masalah penulisan? Ya sahabat, karena ini memang hal yang sangat penting, meski kelihatannya sepele sekali. Kita harus mengikuti aturan penulisan yang sudah ditetapkan. Sehingga ada banyak dosen yang berkata " Masalah isi, kita boleh berbeda, tapi masalah penulisan, kita wajib sama", itu adalah kalimat yang selalu dilontarkan Dosen kepada mahasiswa nya ketika mengoreksi penulisan makalah. Nah, sahabat, ingat ya, sahabat harus memperhatikan nya dengan cermat, jangan sampai ada yang kecolongan, karena jika itu terjadi, sahabat harus memperbaiki kembali penulisan penulisan sahabat yang masih belum bener tersebut.
Semangat Sahabat, semangat menggarap proposal skripsi nya, semangat menulis, semangat beraktivitas. Jangan pernah merasa lelah untuk terus menulis dan memperbaiki kualitas tulisan sahabat.
Semoga bermanfaat, insyaAllah nanti malam, kita akan membahas mengenai penulisan skripsi sahabat, kita akan bahas satu persatu insyaAllah. Saya juga akan mencoba untuk memberikan contoh pada setiap konten yang ada di dalam Skripsi tersebut.
Lulus tepat waktu, hemat waktu, tentunya dengan mengupayakan skripsi yang berkualitas ya sahabat. Jangan sampai cepat tapi tidak berkualitas.
Demikian, smeoga bermanfaat, salah dan khilafnya saya mohon dimaafkan, silahkan jika ada masukkan nya sahabat, silahkan jika ada yang berkomentar. Maafkan jika masih banyak yang salah, karena saya juga masih dalam tahap belajar.
Janhan lupa bahagia. Jangan Lupa bersyukur juga tentunya.
Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Menulis Skripsi Rating: 5 Reviewed By: Anita aa