728x90 AdSpace

Latest News
Sunday, November 26, 2017

Cara Memperkenalka Diri dengan Bahasa Arab


Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

Sahabat yang semoga senantiasa dirahmati Allah. Kita sudah membahas dua Fi'il ya sahabat, mulai dari ciri cirinya, cara membuatnya hingga kepada wazannya.

Nah, pada kali ini, saya tidak akan membahas Fi'il Amar dulu ya, hehe. Kita akan membahas hal yang berbeda dengan yang biasanya, yakni "Cara Mengenal kan diri dengan Bahasa Arab", seharusnya ini kita bahasa di awal Pembahasan ya sebelum masuk ke Fiil, tapi tidak apa, saya baru ingat sahabat. Hehe..

Baiklah, langsung saja. Okeh.
Perkenalkan biasanya selalu diawali dengan memperkenalkan Nama panggilan ya sahabat, dan tidak banyak yang ingat untuk menyampaikan nama lengkapnya siapa, ntah karena tidak mau, atau karena tidak tahu bahasa Arabnya Nama lengkap apa.

Saat perkenalan, biasanya akan menyampaikan asalnya dari Mana, namun sayang biasanya juga lupa menyampaikan nama kampusnya apa, atau karena memang tidak tahu apa itu bahasa Arabnya kampus? Apa bahasa Arabnya Jurusan? Apa bahasa Arabnya Fakultas? Sampai kepada apa bahasa Arabnya Semester? .

Hehe, tenang ya sahabat, setelah pembahasan kali ini, saya harap, ke depannya, saat sahabat memperkenalkan diri, tidak lagi hanya memperkenalkan nama dan kota asal ya, akan tetapi lebih dari itu, sahabat bisa menceritakan Ada dari perguruan tinggi sahabat, fakultas yang sahabat duduki, semester yang sedang sahabat jalani, sehingga kesannya tidak sama dengan semua orang ya, yah meski tidak begitu bisa, tapi setidaknya sahabat sudah tahu lah ya bagaimana cara memperkenalkan diri dengan bahasa Arab hehe.

Baiklah langsung saja. Misalnya ya, sahabat hendak memperkenalkan diri saat baru masuk Kelas, saat itu sahabat masih duduk di semester 1. Anggap saja nama panggilannya adalah Rahma, dengan redaksi

" Nama saya Rahma, nama  lengkap Rachma Wati Marta Maesaroh, saya berasal dari Kasihan Bantul, saat ini saya tinggal di Jalan Syarif Kasim, Saya adalah Mahasiswa di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Jurusan Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir. Sekarang, saya duduk di Semester 1. Dan satu lagi, saya masih jomblo".

Nah, kira kira, jika sahabat memperkenalkan diri dengan kalimat yang di atas, bisa Ndak ya? Hehe, lumayan panjang juga kan sahabat? Mudah sekali kok sahabat. Kira kira, kosa kata yang mana belum sahabat ketahui bahasa Arabnya? Atau semuanya belum ada yang tahu? Okeh, tidak masalah sahabat, saya akan beritahukan kok.

Bahasa Arabnya Saya, tentu sahabat sudah tahu ya. Apa? Nama samaran Oli Setiana Dewi loh sahabat dalam film Ketika Cinta Bertasbih. Jangan baper ya. Oh iya Sahabat, ada beberapa kosakata kata yang tidak saya terjemahkan menjadi bahasa Arab ya, karena memang tidak bisa, misalnya nama orang, Nama tempat, dan beberapa nama atau jenis lagi yang memang tidak bisa diubah menjadi bahasa Arab, sehingga saat disebutkan dalam bahasa Arab, ya tetap seperti bahasa atau nama aslinya. Dari perkenalan di atas, yang tidak saya terjemahkan ada :

Rahma, Rachmawati marta Maesaroh, Kasihan Bantul, Syarif kasim,  Ahmad Dahlan Yogyakarta, (Ilmu Alquran dan tafsir sudah baajsa Arab sahabat, sehingga tidak perlu diubah lagi)

أٙنٙا  saya
اِسْمٌ Nama
كاٙمِلْ Lengkap
جٙاءٙ - يٙجِيْءُ  / مِنْDari/Asal
سٙكٙن - يٙسْكُنُ Tinggal
فِي  Di/Di dalam
شٙارِعْ Jalan
طٙالبٌ Mahasiswa
قِسْمٌ Jurusan
الان Sekarang
جٙلٙسٙ - يٙجْلِسُ Duduk
عٙزْبٌ/ عٙزْبٙةٌ Jomblo
جٙامِعٙةٌ Universitas
اٙلاوٙل/ وٙاحِدٌ Awal/ Satu
حٙرْمٙلٙة Semester

Mungkin ada beberapa hal yang membuat sahabat bingung ya? Mulai dari ada satu kata memiliki dua arti, ada yang perbedaan antara penggunaan awal dan satu itu bagaimana, penggunaan yang Jomblo itu ada dua kata dalam bahasa Arabnya, lalu yang digunakan yang mana, dan lain sebagainya, tentu sahabat bertanya tanya kan?

Okeh, insyaAllah setelah ini akan kita bahas kembali sahabat, pada pembahasan selanjutnya insyaAllah.
Semangat sahabat, jangan lupa untuk dihafalkan dulu yang ini ya, baru dipahami pemakaian atau penggunaan nya setelah saya jelaskan sedikit nantinya.

Semoga bermanfaat, mulai sekarang harus bisa memperkenalkan diri dengan bahasa Arab ya, meski sedikit dan simpel dengan menggunakan kosa kata yang saya bagikan.

Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Memperkenalka Diri dengan Bahasa Arab Rating: 5 Reviewed By: Anita aa