728x90 AdSpace

Latest News
Tuesday, November 28, 2017

Cara Memperkenalka Orang Lain dengan Bahasa Arab

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.
Apa kabar sahabat? Semoga senantiasa dalam lindungan Allah ya. Baiklah sahabat, setelah beberapa hari yang lalu kita membahas cara menempelkan diri sendiri dengan bahasa Arab, nah kali ini kita akan membahas bagaimana caranya memperkenalkan orang lain dengan bahasa Arab.
Maksudnya adalah, ketika sahabat sedang bersama teman sahabat, lalu di tengah jalan bertemu dengan teman sahabat yang lain, nah kebetulan teman yang sedang bersama sahabat dan yang sahabat temui di jalan adalah dua orang yang tidak saling kenal, maka sahabat pasti akan mengenalkan salah satu dari mereka kan? Biasanya pasti pakai bahasa Indonesia, maka dari itu, saya ingin membuat sahabat mengalihkan bahasa Indonesia ke bahasa Arab, hehehe, ya Simple aja sih sahabat.
Pertama, tentu sahabat akan memperkenalkan namanya terlebih dahulu kan? Apa bahasa Arabnya? Bahasa Arab nya ialah اسمها  Ismuha, yang berarti namanya, Ini berlaku untuk perempuan ya sahabat, kalau untuk laki laki, sahabat bisa gunakan Ismuhu. Kalau lupa bagaimana cara mengubahnya, sahabat bisa lihat kembali materi tentang Dhamir Muttashil dan dhamir Munfashil.
اسمها الكامل  Ismuha Al Kamil, yang berarti Nama Lengkapnya.
Setelah memperkenalkan namanya, beritahukan alamatnya sahabat, bahasa Arab nya هي جاءت من  )Hiya Jawa at Min ) Dia datangnya dari .... (Gunakan Hiya sahabat untuk perempuan, sementara Untuk laki laki gunakan Huwa, )
kemudian, mungkin karena Anak perantauan, jadi pasti tinggalnya ngekos, sahabat juga meski tanyakan sekarang tinggal dimana, ( وتسكن الآن في Wataskunu Al Ana FII ... / Dan dia sekarang tinggal di ... ), Selanjutnya ialah memperkenalkan Tempat sekolahnya atau jika kuliahnya di jurusan apa, Semester berapa, dan fakultas apa ? ( هي تدرس في ..... في القسم ..... هي في الجامعة .....  وهي تجلس في المرحلة  ... - Hiya Tadrusu Fii .... Fi Al Qismi .... Hiya Fi Al Jami'ah ... Wa Hiya tajlisu Fi Al marhalati - Dia Belajar di ... Di semester ... Dia Di Universitas ... Dan dia duduk di Semester ... )
Mengenai kosa katanya, beberapa hari yang lalu juga sudah saya beritahu satu persatu ya sahabat, yang pembahasan kali ini saya hanya menambahkan bagian Dhamirnya. Jadi, ketika sahabat ingin memperkenalkan seseorang, sahabat harus memperhatikan Dhamirnya ya, jangan sampai salah gunakan.
Kalau sahabat lupa, sahabat bisa melihat dan memperhatikan Dhamirnya Muttashil dan Munfashil yang sudah pernah saya bagikan pada pembahasan beberapa hari yang lalu.
Okeh, saya akan berikan contoh, ketika saya ingin memperkenalkan satu teman saya kepada teman saya yang satu lagi.
"Ini Ayu, Nama Lengkapnya adalah Ayu Puspita Sari, Dia datang dari Riau, dan sekarang tinggal di Jawa tengah.
Dia Belajar di Universitas Islam Negeri di Jurusan Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir. Dan dia Sekarang duduk di semester satu. "
Kurang lebih begitu sahabat. Okeh, saya akan ubah menjadi bahasa Arab ya.
هذه صاحبتي، اسمها ايو، اسمها الكامل ابو فسفيتا سارى، هي جاءت من رياو، وتسكن الآن في جاوب هي تدرس في جامعة سنن كلجغ الإسلامية الحكومية في القسم علم القران والتفسير، وهي تجلس الان في المرحلة الأولى.
( Ha Dzihi Shahibati, Ismuha Ayu, Ismuha Al Kamil Ayu Puspita Sari, Hiya Jaat min Riyau, WA Taskunu Al Ana Fi Jaawi , Hiya Tadrusu Fii Jami'ATI Sunan Kalijaga Al Islamiyah Al hukumiyah di Al Qismi 'ilmu Al Quran WA at Tafsir, wa Hiya Tajlisu Al Ana Fi Al marhalati Al Ula )
Mudah kan Sahabat? Sahabat tinggal ganti data dan Dhamirnya saja. Jika Dhamirnya perempuan, Sahabat bisa tinggal ganti datanya saja, karena dhamir pada contoh di atas kan perempuan.
Demikian sahabat, ayo mulai memperkenalkan seseorang dan diri sendiri dengan bahasa Arab. Dibiasakan ya sahabat, dari hal yang kecil dan sederhana saja.
Semoga bermanfaat. Sekian dari saya. Khilafah dan salah saya mohon maaf.
Semoga Allah berikan pemahaman yang mudah kepada kita.
Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Memperkenalka Orang Lain dengan Bahasa Arab Rating: 5 Reviewed By: Anita aa