Cara Memperkenalkan Diri dengan Bahasa Arab 2

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

Alhamdulillah, Sahabat yang semoga senantiasa dalam limpahan  e dan lindungan Allah SWT. 
Sahabat pada kesempatan kali ini, tentunya kita akan membahas rasa penasaran sahabat ya, terkait penggunaan beberapa hal yang sudah saya sebutkan pada Pembahasan sebelumnya, yah apalagi kalau bukan masalah " Memperkenalkan Diri dengan Bahasa Arab" .

Okeh, kita akan menggunakan Kalimat yang tadi ya sahabat, atau kita masih akan tetap menggunakan redaksi yang sama, agar nyambung lah begitu.

" Nama saya Rahma, nama  lengkap Rachma Wati Marta Maesaroh, saya berasal dari Kasihan Bantul, saat ini saya tinggal di Jalan Syarif Kasim, Saya adalah Mahasiswa di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Jurusan Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir. Sekarang, saya duduk di Semester 1. Dan satu lagi, saya masih jomblo".

Dengan kosa kata,

saya
اِسْمٌ Nama
اناsaya
كاٙمِلْ Lengkap
مِنْ/جِئْتُ Dari/Asal
سٙكٙن - يٙسْكُنُ Tinggal
فِي  Di/Di dalam
شٙارِعْ Jalan
طٙالبٌ Mahasiswa
قِسْمٌ Jurusan
الان Sekarang
جٙلٙسٙ - يٙجْلِسُ Duduk
عٙزْبٌ/ عٙزْبٙةٌ Jomblo
جٙامِعٙةٌ Universitas
اٙلاوٙل/ وٙاحِدٌ Awal/ Satu
حٙرْمٙلٙة Semester

Mengenai Satu kata dalam bahasa Indonesia yang ada dua bahasa Arabnya, itu ada Fi'il madhinya dan ada Fi'il Mudhari'nya sahabat, Karena termasuk kata kerja ya. Kecuali yang Bahasa Arabnya Awal, dan dari ya sahabat. Selain itu, yang dalam bahasa Arab nya dua, itu karena kata kerja ya.

Nah,
Untuk yang satu kata, itu berarti termasuk isim Sahabat, sehingga tidak ada pembagian nya.

Mengenai penggunaan yang Jomblo itu, kan ada 'adzbun dan ada 'adzbatun, sahabat tahu perbedaan nya?
'adzbun itu digunakan untuk laki laki, sementara 'adzbatun itu digunakan untuk perempuan. Sahabat tentu masih ingat kan, penggunaan ta' Al Marbutha yang pernah saya jelaskan ciri cirinya, ingat kan?
Jadi, jika ingin memperkenalkan diri, sahabat harus memperhatikan ya, katanya apa kah itu Muannats atau Mudzakkar. Oh iya, untuk lebih dalamnya, bagian ini insyaAllah akan kita bahas Pada pembahasan mubtadak Khabar, Al Idhafah dan Na'at Man'ut ya sahabat.

Satu lagi sahabat, mengenai penggunaan Al Awwal dan Al Ula. Ini mudah saja, hampir sama dengan penggunaan kata jomblo Sahabat.
Nah, jika sebelum Ada kata Awalnya Mudzakkar maka akan diikuti dengan Al Awwal, sementara jika diawali dengan kata Muannats maka dengan menggunakan Al Ula.

Contohnya ketika seseorang akan mengatakan " Pelajar Pertama" , maka yang digunakan adalah Addarsul Al Awwal, bukan addarsul Al Ula, karena Addarsa itu adalah Mudzakkar.
Paham ya Sahabat, nah jika sudah paham, saya akan berikan Bahasa Arab utuh, mengenai perkenalan Rahma dalam bahasa Arab ya, sahabat bisa mengganti nama, asal dan lain sebagainya dengan biodata sahabat sendiri.

اِسْمِيْ رٙحْمٙى، اِسْمِ الْكٙامِل رحمة واتي ميتا ميسره ، اٙنٙا مِنْ كاٙسِهٙنْ بٙنْتُل ، الآن ٙ اٙسْكُنُ في ِ شٙارِع شٙرِف كٙاسِم .
اٙنٙا طٙالِبٙةٌ فِي جٙامِعٙةُ اٙحْمٙد دٙحْلان جُغْجٙاكٙرت، في ِ قِسْم الْقُرْاٙن وٙالتٙفْسِير ، الانٙ اٙجْلِسُ في ِ الْمٙرْحٙلٙةِ الاُئُوْلٙى . وٙ اٙناٙ عٙزْبٙةٌ .

Sampai di sini paham ya sahabat? Sahabat tinggal memperaktekkannya dalam Perkenalan sahabat dengan orang lain saja. Sahabat tinggal menghafal kosa kata yang saya beritahu saja, dan mengganti biodata sesuai dengan biodata sahabat.

Nah, untuk selanjutnya, insyaAllah saya akan membahas bagaimana caranya memperkenalkan orang lain ke pada teman sahabat sendiri. Bagaimana caranya, bagaimana kata katanya, bagaimana dan lain sebagainya.

Ingat ya sahabat, yang terpenting adalah sahabat harus mengingat dan memperhatikan katanya, apakah Mudzakkar atau mutsanna, apakah Jama' atau mufrad, karena ini sangat penting untuk kata selanjutnya.

Semoga bermanfaat sahabat, selamat mempraktekkan nya. Selamat mencoba, dan yang paling penting adalah selamat berpetualang dengan menggunakan Bahasa Arab saat perkenalan, karena puncaknya bahasa itu adalah praktek, bukan tulisan.

Demikian untuk kali ini. Selamat mencoba sekali lagi, Jangan sampai dilupakan ya bagian ini, karena meski sangat sederhana, bagian ini sangat penting untuk dihafal dan dipraktekkan terus menerus.

Nun, wal qalami wama washturun,
Fastabiqul Khoirot,
Jangan lupa untuk praktek, praktek dan praktek sahabat.

Tsumma ssalamu 'alaikum warahmatullah wabarakatuh.