728x90 AdSpace

Latest News
Wednesday, November 29, 2017

Cara Mengenal Al Idhafah


Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

Alhamdulillah. Sahabat, seperti yang tadi malam saya katakan, bahwa Pembahasan selanjutnya ialah mengenai Idhafah (الإضافة  ), oh iya Sahabat, ada satu Fi'il lagi yang belum kita bahasa ya, yaitu Fi'il Amr, InsyaAllah akan kita bahasa di lain kesempatan.

Baiklah sahabat. Apa itu Idhafah? Bagaimana cara mengenali nya? Bagaimana cara membuatnya? Tentu hal ini menjadi pertanyaan mendasar bagi sahabat sahabat yang belum pernah mempelajarinya ya.

Ketika sahabat mengetahui pengertian nya, pasti akan sangat mudah untuk membuat dan mengenali nya sahabat, karena kuncinya memahami sesuatu ialah memahami terlebih dahulu Pengertian nya.

Al Idhafah (الإضافة / al Idhafatu  ) Ialah, Dua Isim, atau lebih yang apabila digabungkan akan menjadi kalimat yang memiliki makna sendiri. Biasanya atau kebanyakan nya hanya dua kata atau dia isim saja sahabat, meski ada juga yang tiga isim, hanya saja, sangat langka jika ingin dicari dan membuatnya pun tidak bisa sembarangan.

Untuk mengetahui cara membuatnya, ternyata ada rumus ya tersendiri sahabat. Rumusnya seperti yang tertera di bawah ini sahabat.

Isim  اسم                                                                                                                          Isim اسم

مضاف إليه  Mudhafun Ilaihi
مضاف  Mudhafun

مضاف إليه Mudhafun Ilaihi
مضاف إليه + مضاف  Mudhafun Ilaihi+ Mudhafun
مضاف  Mudhafun


Yang perlu sahabat pahami, sampai di sini adalah baik Mudhafun ataupun Mudhafun Ilaihi, itu semua adalah Isim ya, tidak ada Fi'il nya. Itu adalah poin yang paling penting harus sahabat pahami.
Setelah memahami poin poin di atasan, hal lain yang perlu sahabat ketahui ialah rumus antara Mudhafun dan Mudhafun Ilaihi, agar dapat membedakan antara ke duanya, karena kebetulan ke dua kata tersebut adalah Isim.

Mudhafun letaknya lebih dulu di banding dengan Mudhafun ilahi Sahabat.
Rumusnya : Apabila Mudhafun, Maka ciri cirinya Ialah Tidak bisa dimasuki huruf Alif dan Lam, atau Al, dan tidak bisa dimasuki Tanwin, baik itu Fathah Tanwin, Kashrah Tanwin ataupun Dhammah Tanwin.

Sementara itu, ciri ciri Mudhafun Ilaihi ialah kebalikan dari ciri ciri Mudhafun, yaitu bisa dimasuki Alif dan Lama atau Al, dan bisa dimasuki Tanwin, dan satu lagi ialah bisa dimasuki Huruf Jar atau Huruf Jer. Apa Saja huruf Jer? Kalau dalam bahasa Indonesia, huruf Jer ini biasa disebut dengan Kata hubung sahabat, ada Di dalam, di atasan, di samping, di, ke, Dengan dan lain sebagainya.

Mudahkan sahabat?
Ini bagi yang Dua Isim saja ya sahabat, untuk yang tiga, nanti insyaAllah akan dibahas lagi. Untuk memahami nya dengan mudah ialah, ketika sahabat menggabungkan kata kata yang tediri dari Isim yang jumlahnya ada dua Isim berturut-turut, yang apabila digabungkan akan menjadi Kalimat yang memiliki arti sendiri.

Ada yang sudah terbayang contohnya bagaimana? Saya yakin, jika saya sebutkan satu saja contohnya, pasti sahabat akan dapat membuat banyak contoh, karena memang ini sebenarnya sangat familiar di telinga kita dan sangat familiar dalam kehidupan kita sehari-hari.
Ada yang sudah ketemu? Atau ada yang sudah memiliki contoh?

Langsung saja ya sahabat, hehe. Contohnya ialah Rumah Sakit. Alah kok bisa? Ayo kita pecah satu persatu.
Pertama : Rumah, Rumah merupakan Kata benda, dan kata benda Termasuk Isim kan? Kemudian, jika kata rumah berdiri sendiri, maka artinya tentu akan berbeda dengan rumah sekitar digabungkan dengan kata sakit.

Kedua: Sakit, kata sakit di sini, bukan berarti kata kerja ya sahabat. Tetapi kata benda, karena jika dia menjadi kata Kerja, dan untuk mengetahui kata tersebut yang awalnya adalah kata kerja lalu berubah menjadi kata benda, itu ada Kaedahnya Sendiri sahabat, yang paling penting adalah sahabat pahami dahulu pengertian, lalu rumusnya yah. Baru nanti kita belajar bersama bagian bagian selanjutnya.

Contohnya, akan dibahas pada pembahasan selanjutnya sahabat.
Demikian, semoga bermanfaat. Semoga Allah menambahkan keimanan kepada kita berkat Ilmu kita. Karena Ilmu yang bermanfaat ialah ilmu yang dapat menambahkan keimanan serta kedekatan kita kepada sang pemilik Ilmu.

Salah dan khilaf saya mohon maaf. e
Wassalamu'alaikumbarakatuh.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Mengenal Al Idhafah Rating: 5 Reviewed By: Anita aa