728x90 AdSpace

Latest News
Monday, November 13, 2017

Cara Mengenal Al Ismu

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.
Alhamdulillah, bertemu lagi dengan saya sahabat. Semoga sahabat sekalian dalam lindungan Nya ya. Baiklah, sahabat kita masih membahas seputar Cara mengenal ya, dan kali ini kita akan melanjutkan pembahasan yang kemarin, kemarin kita membahas tentang cara mengenal Al kalimat, dan Sekarang yang akan kita bajasa  Yakni tentang Cara Mengenal Al Ismu,   yang merupakan salah satu bagian dari Al Kalimat dalam bahasa Arab. Kemarin, saya sudah singgung sedikit ya sahabat mengenai Jenis atau pembagian dari Al Kalimat itu ada 3 masih ingat?

Ayo kita review kembali.
Al Fi'lu itu adalah kata kerja sahabat,
Kemudian Al Ismu itu Isim, atau nama nama, ini bisa banyak macamnya sahabat, nama orang, nama tumbuhan, nama binatang, nama benda dan lain sebagainya..

Yang terakhir ada Al harfu yang dalam bahasa Indonesia nya biasa disebut dengan kata hubung. Okeh, itu sekilas saja mereview yang kemarin sahabat, dan kali ini kita akan mengenali ketiga hal tersebut secara mendalam, mulai dari ciri cirinya contohnya dan lain sebagainya insyaAllah.

Pertama : Al Ismu, seperti sudah saya katakan di atas sahabat, bahwa Al Ismu adalah nama binatang, manusia, tumbuhan dan lain sebagainya, sehingga ada yang mengatakan bahwa Isim itu kata benda. Kenapa? Karena manusia termasuk benda, binatang termasuk benda dan lain sebagainya. Perbedaan antara Al Ismu dan al fi'lu yang mendasar ialah, apabila Al ismu itu tidak terikat dengan waktu, sementara al fi'lu itu terikat dengan waktu.

Bagaimana bisa? Kita ambil satu contoh kata benda dan kata kerja sahabat. Tadi dikatakan bahwa Al Ismu itu tidak terikat dengan waktu kan? Contoh kata benda dalam bahasa Arab, البيت  artinya ialah rumah, nah coba kita masukkan kata rumah tersebut ke sebuah
Nah Sahabat, Al Ismu ini dibagi lagi menjadi dua bagian, pertama ialah Al Ismu Berdasarkan Jenisnya, dan yang kedua, Al Ismu Berdasarkan Bilangnya.
Kita akan bahasa yang Al Ismu dari segi Jenisnya. (الاسم من حيث جنسه
Dari segi Jenisnya terbagi menjadi dua lagi sahabat, kalau sahabat pusing, nanti insyaallah akan saya buatkan tabelnya ya.

Pertama ialah المذكر Al mudzakkaru itu apa? Al mudzakkaru ialah isim atau kata benda yang menunjukkan arti laki laki atau yang dianggap laki laki. Ingat sahabat, yang dianggap laki laki, jadi tidak meski laki laki benaran ya.
Kedua, Al Muannas, المؤنث ini sama seperti Al Muzakkar sahabat, hanya saja, kalau Al Muzakkar itu Untuk laki laki, maka Al mu'annats ini diperuntukkan bagi perempuan.

Nah, sampai di sini tentu sudah tau kan perbedaan antara Muzakkar dan mu'annats? Sampai di sini juga, tebti sahabat merasa bingung terus gimana caranya mendeteksi apakah benda itu di sebut laki laki atau perempuan? Kan benda benda tidak berjenis kwlamin? Kan tumbuhan tidak berjenis kelamin? Sabar sahabat, itu akan kita bahasa setelah ini.
Bagaimana cara sahabat mengetahui apakah dia itu laki laki atau perempuan?
Kita akan bahasa dahulu ciri ciri muannats مؤنث

1. Pada akhir katanya, ada Ta Al Marbutha, apa itu Ta Al Marbutha? Marbutha itu berasal dari kata ربط  sahabat, yang artinya menyempit, jadi bentuk hurufnya ialah Ta yang menyempit. Bagaimana bentuknya? Bentuknya seperti ini ة Nah, apabila sahabat menemukan kata dalam bahasa Arab yang akhir katanya ada Ta Al Marbutha nya, maka itu termasuk Muannats ya. Contohnya ialah
حقيبة pada akhir katanya ada Ta Al Marbutha nya.

2. Pada akhir katanya ada Alif Makshurah, tanda Alif Makshurah itu seperti huruf ya, tanpa titik sahabat, Seperi ini ى , apabila sahabat menemukan Alif Makshurah ini, ini juga termasuk Muannats.
Contohnya
Manisan : حلوى

3. Pada akhir katanya terdapat Alif mamdudah, Yang berbentuk ءا
Contohnya :
Nama nama : اسماء

4. Nama bagi anak perempuan
Contoh : فطيمة Fathimah
5. Anggota tubuh yang berpasangan.
Anggota tubuh kita yang berpasangan ternyata juga termasuk Muannas sahabat.
Contoh : mata عين
Meskipun Dia tidak memiliki ciri ciri lain.

6. Kata yang sudah ditetapkan sebagai Muannas dalam al Qur'an.
Kalau ini, kita tidak dapat menerka neeka sahabat, karena memang sudah menjadi ketentuan bahwa benda benda tersebut muannas, meski tidak memenuhi ciri ciri di atas.
Contohnya ialah : Dunia الارض

Pembahasan mengenai ciri ciri muannats sudah selesai sahabat, jika sahabat sudah menguasai Muannas ini, maka akan sangat mudah untuk mengenali Muzakkar nya.

Apa ciri ciri Muzakkar? Ciri ciri Muzakkar ya gampang saja, yakni ciri ciri yang tidak disebutkan dalam Muannas. Misalnya, tidak ada Ta Al Marbutha nya.
Gampang kan sahabat? Jadi, mulai sekarang sahabat harus sudah bisa membedakan mana yang Muzakkar mana yang Muannas ya, kalau masih bingung, sahabat tinggal buka atau lihat kembali ciri ciri muannats nya, jika tidak Muannats ya berarti Muzakkar dong.
Tadi, Al Ismu Berdasarkan Jenisnya sahabat, dan selanjutnya ialah Al Ismu Berdasarkan Jumlahnya atau bilangan nya. Berdasarkan Bilangan nya, Isim ini terbagi menjadi 3.

1. Mufrad ( Tunggal ) المفرد

2. mutsanna ( Dua )المثنى

3. Jama' ( lebih dari dua) الجمع

Pembahasan mengenai hal ini cukup sedikit rumit sahabat, karena erat kaitannya dengan Dhamir atau kata ganti, jadi, InsyaAllah pembahasan mengenai Hal ini akan kita bahasa pada pertemuan berikutnya InsyaAllah, yang nantinya saya juga akan menjelaskan mengenai Dhamir dan penggunaan Dhamir pada pembagian isim berdasarkan Jumlah nya atau 'adadnya ya.

Setelah membahas Muzakkar dan mu'annats, sahabat meski bisa mengetahui juga apa saja ciri ciri Al Ismu ya.

Baiklah, akan kita bahas.
1. Berakhiran tanwin. Sahabat tahukan tanwin? Tanwin itu, yang harakatnya double sahabat. Misalnya ialah حقبة
Dibaca Haqiibatun, nah Tun yang di belakang itulah yang dikatakan tanwin. Apabila sahabat menemukan tanwin ini, maka dia adalah Isim ya.

2. Apabila dimasuki ال maka dia tidak lagi menjadi tanwin.
Misalnya حقيبة haqiibatun.
Jika dimasukkan Alif dan Lam, maka akan menjadi Al Haqiibatu الحقيبة
Sahabat jangan bertanya mengenai mengapa dimasuki alif dan Lam. Kemudian dibaca dengan tidak tanwin, insyaAllah akan kita bahas pada pertemuan sebelumnya sahabat.

3. Bisa dimasuki Alif dan Lam, seperti contoh Nomor 2
4. Bisa di dahului oleh Harffun, atau terletak setelah Harffun Jer.
Kita belum membahas harfun Jee ya sahabat. Tetaoi tidak apa apa.
Contohnya harfun Jee itu adalah في yang artinya adalah Di dalam.
Nah, letak Isim itu ada setelah harfun Jee tersebut,

Contohnya : في الحمام 
Nah, dari contoh tersebut, sahabat bisa melihat bahwa posisi isimnya ada di belakang atau setelah harfun Jer tersebut.

Baiklah, demikian untuk kali ini sahabat. Semoga bermanfaat.
Jangan lupa untuk mengingat ingat terus, agar menjadi sebuah ilmu, yang bukan hanya sekedar menjadi pengetahuan. Salah dan khilafnya saya mohon maaf.
Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Mengenal Al Ismu Rating: 5 Reviewed By: Anita aa