Cara Mengenal Al Kalimat dalam Bahasa Arab

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh
Alhamdulillah.
Sahabat, pada kesempatan kali ini kita akan mencoba untuk belajar mengenai cara mengenal. Apa yang akan dikenal ? Ya, tentunya berbagai macam hal yang berkaitan dengan Mengenal bahasa Arab ya sahabat.
insyaAllah, kita akan membahas banyak hal tentunya Mukai dari bagaimana mengenali Al kalimat dalam bahasa Arab, bagaimana cara mengenali Isim pada bahasa Arab, apa itu itu Isim dan lain sebagainya sahabat.

Dan pada kali ini, kita akan mencoba untuk membahas yang paling dasar dalam belajar bahasa Arab sahabat, yakni Mengenal Al kalimat terlebih dahulu.
Sebelum kita membahas mengenai Al kalimat dalam bahasa Arab, alangkah lebih baiknya jika kita ta'aruf dahulu ya sahabat dengan bahasa Arab, karena jika tidak kenal maka kita akan kewalahan untuk seterusnya, sehingga perkenalan mengenai apa yang akan kita bahasa itu menjadi sangat penting.

Bahasa Arab bahasa yang digunakan dalam Al Qur'an, yang pertama kali menggunakan bahasa Arab ini adalah Nabi Ismail sahabat, dan yang pertama kali menulis basmalah yang berbahasa Arab adalah Nabi Sulaiman.

Saya kira perkenalan singkat nya segitu saja sahabat, meski sangat Simple sangat banyak yang tidak tahu atau tidak bisa menjawab pertanyaan di atas, mislanya siapa yang pertama kali menggunakan bahasa Arab?
Oke, baiklah sahabat kita akan masuk ke materi ya, yakni Al Kalimat.

Al kalimat الملكة dalam bahasa Arab artinya ialah Kata sahabat. Pasti diantara sahabat ada yang tidak percaya kan? Hehe, karena di dalam bahasa Indonesia yang namanya kalimat tentu tingkatan di atas kata. Begitulah adanya sahabat, dalam bahasa Arab, yang namanya kata itu diartikan dengan Al kalimat, atau kalimat.

Al kalimat dalam bahasa Arab, berarti sebuah kata yang memiliki arti sahabat. Jadi, segala sesuatu yang memiliki arti meskipun hanya dalam bentuk kata, dia dapat dikatakan sebagai Al kalimat.
Apa saja contohnya? Sangat banyak contohnya sahabat, Mulai dari Jenis binatang, jenis benda, jenis tumbuhan, kata kerja, kata hubung dan bahkan sampai kepada jenis benda yang berwujud manusia, itu semua dapat dikategorikan sebagai Al kalimat sahabat..kenapa? Tentu karena ia termasuk kata yang memiliki arti. Banyak sekali contoh kalimat dalam bahasa Arab Sahabat, salaha satunya ialah sahabat bisa menemukan nya di dalam Al Qur'an. Terserah sahabat mau memilih surah apa, dan ayat berapa. Saya ambil contoh ialah dalam QS. Al Ikhlas ayat satu.
Allah SWT berfirman:
قل هو الله احد
Kosa katanya :
قل : Katakanlah
هو : Dia
الله: Allah
احد : Satu
Semua Kata Kata di atas dapat dikategorikan sebagai kalimat sahabat. Tapi ingat ya, jika dipecah satu persatu atau permufradatnya disebut sebagai Al kalimat, akan tetapi jika tidak dipecah, maka dalam bahasa Arab maka disebut sebagai Al Jumlah. insyaAllah pada Pembahasan ke depannya kita juga pasti akan membahas mengenai Al Jumlah ini.
Kemudian, pembagian Al kalimat dalam bahasa Arab ini ada tiga sahabat.
Ada Al Ismu  الاسم
Al fi'lu الفعل
Al Harfu الحرف
Sekedar pengenalan sahabat, untuk penjelasan lebih rincinya insyaAllah besok akan kita bahas. Sebagai ta'aruf dengan bagian bagian Al kalimat ini. Al Ismu itu, biasanya untuk mempermudah para pelajar Al Ismu ini diartikan sebagai kata benda sahabat, jadi segala sesuatu yang termasuk kata benda termasuk ke dalam kategori Al Ismu ini. Al fi'lu yang berkaitan dengan kata kerja sahabat, sementara al harfu berkaitan dengan kata hubung.
Demikian sahabat untuk kali ini, semoga sahabat sudah paham apa itu Al kalimat dalam bahasa Arab ya, jangan sampai salah, apalagi menyamakan antara Al kalimat dalam bahasa Arab dengan bahasa Indonesia. Untuk penjelasan Al Ismu, Al fi'lu dan al harfu nya insyaAllah menyusul sahabat.
Semoga bermanfaat.
Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh.