Cara Mengenal Fi'il Mudhari'2

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Hai Sahabat, kali ini kita melanjutkan pembahasan yang tadi terpotong ya. Hehe..

Yakni tentang Fi'il Mudhari'.
Okeh, sekarang sahabat sudah mengenal Wazan dari Fi'il Mudhari'kan ya? Mulai dari dhamir Hua, Huma Hum, sampai kepada dhamir ana Nahnu. Nah,
sekarang, kita akan mencoba untuk membuat Contohnya Sahabat, kita akan mencoba mencari contohnya baik itu dalam perkataan sehari hari ataupun dalam al Qur'an al Karim ya.

Yang pertama kali akan kita buat contoh adalah, memasukan kata kerja Fi'il Mudhari', dengan menambahkan Kata Sa dan Saufa di depannya sahabat.
Oh iya, hal yang paling penting untuk sahabat ketahui ialah, biasanya kata atau penggunaan kata Saufa ini sangat banyak sekali Allah sebutkan dalam al Qur'an, untuk menunjukkan bahwa masih adanya alam yang perlu manusia ketahui.

Contoh yang akan kita buat ialah, menggunakan kata علم - يعلم  Fi'il madhinya ialah 'Ala, sementara Fi'il Mudhari'nya ialah Ya'lamu. Kita akan memasukan Kata Saufa di depannya, dan membuat nya kemasukan Dhamir Huma ya sahabat, yang berarti Dia laki laki banyak, atau biasa disebut dengan mereka.

Nah, yang penting untuk sahabat ketahui ialah, penambahan ciri ciri dari Fi'il Mudhari'ini selalu berada di depan Fi'il nya, sementara penambahan dhamir sendiri berada di belakang Fi'il nya.

Jadi susunannya ialah "  Ciri ciri Fi'il Mudhari' ( Ada satu sampai empat, yang tadi sudah disebutkan) - Fi'il Mudhari'nya - Dhamirnya ( mulai dari Huwa, hingga Nahnu, seperti yang sudah dijelaskan juga pada Pembahasan sebelumnya).

Itu bisa dikatakan sebagai struktur dari Fi'il Mudhari'nya Sahabat, jika sahabat sudah memahami struktur tersebut dengan baik, sudah mengenal ciri cirinya dengan baik, maka akan sangat mudah bagi sahabat untuk mendeteksi apakah itu Fi'il Mudhari'atau tidak.

Semoga sampai di sini sahabat sudah paham ya.
Baiklah kita lanjutkan membuat contoh nya. Sahabat akan membuat Kalimat "Kami Akan belajar "
Langkah awal, cari tahu dahulu apa bahasa Arabnya Belajar, dan cari dan bedakan mana yang Fi'il madhinya , dan mana yang Fi'il Mudhari'nya.

Ketika sudah selesai mengetahui bahasa Arabnya belajar, sahabat silahkan Pahami Wazan yang sudah saya bagikan dan jelaskan pada pembahasan sebelumnya. Pahami artinya baik baik sahabat, lalu sahabat hanya tinggal mengganti kata 'Fa'ala ' pada Wazan yang saya bagi menjadi Kata Darasa.

Yang sangat perlu sahabat ingat ialah, " Apabila sebuah Fi'il , yang berubah atau yang bertambah hurufnya berada di belakang Fi'il nya, maka itu adalah Fi'il Madhi, sementara apabila sebuah Fi'il, yang berubah atau bertambah hurufnya berada di depan Fi'il tersebut maka itu termasuk Fi'il Mudhari', yang menjadi catatan bagi sahabat adalah, " Fi'il dengan kata tambahan atau perubahan harakat tetap bersambung dengan Fi'il aslinya atau kata aslinya. "

Kalau sahabat masih pusing, sahabat bisa lihat lihat Wazan yang saya berikan kemarin dan tadi, lalu membandingkan antara yang Fi'il Madhi dan Fi'il Mudhari', jika sahabat perhatikan dengan teliti maka sahabat akan menemukan perbedaan di tiap tiap Wazannya pada masing masing Dhamirnya.

Okeh, yang perlu juga sahabat ingat ialah ganti kata Fa'ala dengan kata yang ingin sahabat ubah.

Itu saja, sesuaikan Harakatnya dengan harakat kata aslinya. Dengan memperhatikan tambahan dan perubahan Harakatnya.

Demikian sahabat, jika sahabat hendak mengetahui contoh contoh Fi'il Mudhari'yang kemasukan kata sa ataupun Saufa, Sahabat bisa lihat dan cari di Al Qur'an. Sangat banyak sahabat Allah menggunakan kata sa dan Saufa ini, betapa indahnya bahasa Arab ya Sahabat. Allahu Akbar.

Semoga bermanfaat sahabat, salah kurangnya, serta khilaf saya mohon maaf.

Jika ada salah saya mohon maaf, semoga Allah berikan pemahaman yang mudah kepada kita semua. Dan Allah luruskan serta mudahkan kita dalam belajar. Jangan pernah merasa lelah, putus asa apalagi malasnya sahabat, terus semangat, karena ilmu itu bukan mendatangi kita, akan tetapi ia didatangi oleh kita.

Billhi Fi'il Sabiilil Haq. Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh.