728x90 AdSpace

Latest News
Wednesday, November 29, 2017

Cara Mengenal Jumlah Fi'liyah dan Ismiyah

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

Alhamdulillah, Sahabat yang semoga senantiasa dalam lindungan Allah. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai cara mengenal Jumlah Fi'liyah dan Ismiyah  ya. Sahabat, jumlah (al Jumlah ) dalam bahasa Arab, memiliki Arti Kalimat dalam bahasa Arab, sementara Al kalimat dalam bahasa Arab, memiliki Arti Kata dalam bahasa Indonesia.

Jadi, jangan sampai salah lagi ya, membedakan antara Al kalimat dan Al jumlah.

Dalam bahasa Arab, Al Jumlah atau Kalimat(dalam bahasa Indonesia) terbagi menjadi dua sahabat, yakni Jumlah al Fi'liyah dan Jumlah al Ismiyah.

Perbedaan antara kedua Jumlah ini sangat Simple sahabat, dan yang akan kita bahasa ialah satu persatu ya sahabat yakni Jumlah Fi'liyah terlebih dahulu.

Jumlah artinya ialah kalimat, sementara Fi'il artinya adalah kata kerja, jadi, jika kedua kata tersebut digabungkan, maka akan menjadi Kalimat Kata kerja, jika disempurnakan lagi, maka akan menjadi Kalimat yang diawali dengan Kata kerja.

Mudahkan sahabat? Jadi, jika sahabat menemukan satu kalimat, yang diawali dengan kata kerja, maka bisa dipastikan bahwa itu adalah jumlah Fi'liyah ya.

Nah, sementara jumlah Ismiyah, ialah kalimat ya g diawali dengan Isim sahabat, bisa dengan nama binatang, nama orang, Nama benda nama tempat dan lain sebagainya, ya bisa dikatakan selain diawali dengan kata kerja, maka bisa dikatakan bahwa itu itu adalah jumlah Ismiyah.

Sampai di sini, saya kira sahabat paham kan? insyaAllah ya sahabat.
Jika sampai di sini sahabat sudah mengerti, maka langkah selanjutnya ialah mengenai Contoh.

Jika sahabat ingin mengetahui apakah jumlah atau kalimat tersebut Fi'liyah atau Ismiyah, sahabat bisa lakukan seperti yang saya katakan tadi, yakni tinggal melihat kata awalnya saja, mudah sekali bukan sahabat..

Okeh, kita akan coba buat satu contoh mengenai Masing masing jumlah ini sahabat.

Pertama ialah Jumlah Fi'liyah. Ayo kita ulangi kembali pengertian nya, Jumlah Fi'liyah ialah Sebuah kalimat yang diawali dengan Kata kerja. Oh iya ,yang perlu sahabat perhatikan bukan artinya ya, akan tetapi kalimat tersebut dalam bahasa Arabnya, sehingga jika kalimat tersebut diartikan ke dalam bahasa Indonesia, Isim terlebih dahulu, maka itu tidak digunakan, yang digunakan ialah Kalimat tersebut dalam bahasa Arab.

Misalnya : قرأ محمد الرسالة  Qara'a Muhammadu Ar Risalata
Yang berarti : Muhammad telah membaca Cerita. Sahabat perhatikan ya, itu adalah Fi'il Madhi, nah, perhatikan kata Qaraa merupakan Fi'il , yang ketika diartikan menjadi bahasa Indonesia, malah berubah kata Osok mendahului Fi'il dan ini tidak mengapa sahabat, karena yang menjadi acuan di sini ialah Bahasa Arabnya.

Mengenai bagaimana cara membacanya, insyaAllah akan kita bahasa Pada materi I'rab ya sahabat, meski bagian mempelajari I'rab ini bisa dikatakan bagian yang lumayan paling sulit ketika belajar Membaca kitab tanpa Harakat, tetapi bukan berarti tidak bisa ya.

Selanjutnya ialah Jumlah Ismiyah. Yakni Kalimat yang diawali dengan Isim..
Sahabat bisa mengambil contoh apa saja, yang penting ialah diawali dengan Isim, bisa Nama orang, nama benda, nama hewan dan lain sebagainya, ingat ya dalam bahasa Arab sahabat.

Misalnya, sahabat hendak membuat contoh  : محمد جميل  Muhammadun Jamilun yang berarti Muahmmad Ganteng atau Tampan.

Muhammad merupakan nama orang, dan doa termasuk ke dalam Isim, maka Kalimantan tersebut dapat dikatakan sebagai Jumlah Ismiyah atau kalimat Ismiyah.

Sederhana sekali bukan Sahabat?
Okeh, itu mengenai kalimat sahabat. Ada banyak kaedah lagi yang memakai dipakai atau digunakan dalam bahasa Arab, dan insyaAllah kita akan membahas Al Idhafah, Na'at Man'ut dan lainya sebagainya ya.

Demikian sahabat untuk kali ini. Semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk membuat contoh contoh nya ya, masing masing Jumlah, bisa dua sampai tiga atau lebih contohnya.

Jangan lupa selalu berdoa sahabat, agar Allah Lindungi kita dan seluruh saudara kita, khusunya yang sedang berada di kota pelajar ini.

Semoga Allah berikan pemahaman yang mudah untuk kita.
Demikian, terimakasih dan mohon maaf atas segala kesalahan dan kekhilafan. Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Mengenal Jumlah Fi'liyah dan Ismiyah Rating: 5 Reviewed By: Anita aa