728x90 AdSpace

Latest News
Wednesday, November 22, 2017

Cara Mengenal Wazan Part 1


Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

Alhamdulillah, bertemu lagi dengan saya sahabat, tentunya dengan pembahasan yang masih akan berkesinambungan dengan pembahasan sebelumnya.

Baiklah, kali ini, kita akan mencoba membahas " Cara Mengenal Wazan Part 1" .

Kita masih berbicara tentang Fi'il Madhi ya sahabat, hanya saja, kita belum bisa terlalu fokus ke Pembahasan Fi'il Madhi nya ya, kita masih akan membahasnya, hanya saja untuk langkah awal, kita akan bahasa dahulu hal yang tidak kalah pentingnya dari Fi'il tersebut, yakni wazanndan penggunaan nya. beberapa hari yang lalu, saya sudah pernah menjelaskan sedikit mengenai dhamir Muttashil dan Munfashil.

Kita anggap pembahasan mengenai ke dhamir tersebut selesai ya sahabat.
Ayo kita review kembali pengertian Fi'il Madhi sahabat. Fi'il Madhi ialah Kata Kerja yang telah lampau, atau kata kerja yang sudah dilakukan.
Contoh Dalam bahasa Indonesia nya ialah,

"Saya Sudah Makan"
"saya Sudah membaca". Sampai sini, semoga sahabat paham.

Okeh langsung saja.
Jadi, Untuk membuat Kata kerja yang sudah Sahabat kerjakan dengan memasukkan Dhamirnya, sahabat perlu mengenal yang namanya Wazan, yah hal ini agar membuat sahabat lebih mudah dalam memasukkan dhamir ke dalam Kata Kerja.

Pertama Tama, saya ingin memperkenalkan sahabat dengan yang namanya الفعل الثلاثي المرد yang artinya ialah Fi'il yang terdiri dari tiga huruf. Emang ada yang lebih dari tiga huruf? Jawabannya ialah ada sahabat, hanya saja tidak banyak jumlahnya. Agar sahabat mudah untuk mengenali atau memahami tentang Fi'il yang terdiri dari tiga huruf ini, sahabat memerlukan rumus, karena dengan mengetahui rumusnya, maka sahabat tidak akan begitu terlalu kesulitan ketika mendeteksi suatu Fi'il .

Rumusnya apa? Rumusnya Ialah
فتح - ضم Kasrah- Dhammah
فتح - كسر Fathah - Kasrah
فتكات Fathah - Fathah
كسر فتح Kasrah - Kasrah
ضم ضم Dhammah - Dhammah
كسرتان Kasrah- Kasrah

Pembahasan nya akan dibahas Setelah ini sahabat, insyaAllah.

Mohon maaf atas kekhilafan.

Demikian untuk kali ini sahabat, semoga bermanfaat. Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Mengenal Wazan Part 1 Rating: 5 Reviewed By: Anita aa