728x90 AdSpace

Latest News
Wednesday, November 22, 2017

Cara Mengenal Wazan Part 2


Assalamualauku warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillah, sahabat Pembahasan saat ini merupakan Pembahasan lanjutan dari Pembahasan tentang Wazan yang tadi sempat terputus ya sahabat.  tentu bertanya maksud rumus tersebut apa? Dan bagaimana menggunakan nya?
Begini sahabat, dalam bahasa Arab, ketika hendak mengetahui suatu Fi'il berwacana apa, maka sahabat meski Faham dahulu, Wazan dalam Fi'il itu apa.
Wazan dalam Fi'il itu Ya Hanya ada tiga huruf sahabat.

Fa, 'ain, dan Lam
Nah, saat hendak mengetahui dia berwazan apa, sahabat cukup konsentrasi pada Huruf 'ainnya saja, huruf FA dan huruf Lamanya, sahabat abaikan.

Paham ya sahabat? Ketika ingin mengetahui wazannya ingat hanya konsentrasi pada Huruf 'ainnya saja, karena yang akan berubah itu hanya pada huruf 'ainnya saja.

Jadi, penggunaan rumus tersebut sudah ada dalam bahasa Arab, sehingga sahabat tidak perlu mendeteksi lagi, akan tetapi cukup mencari mana yang termasuk Fatahah - Fathah, atau Dhammah - Dhammah dan lain sebagainya.

Jadi, yang di atas itu maksudnya ialah : Misalnya Kata " Fathah- Dhammah" , nah berarti sahabat tinggal membuat tulisan Fa, 'ain dan Lam sahabat, lalu buat garis seperti ini (-) di sebelahnya, lalu tulis Fi'il Mudhari'sahabat Fa'alna, yakni Yaf'alu.
Ketika sahabat sudah menuliskan Fa'ala Yaf'alu seperti ini فعل يفعل
Sahabat tinggal memberikan harakat sesuai dengan rumus yang saya berikan.

Ingat ya sahabat, rumus tersebut hanya berlaku untuk Huruf 'ainnya saja.

Sehingga ketika sahabat sudah membuatnya sesuai dengan petunjuk yang saya berikan, akan menjadi seperti di bawah ini, macam macam wazannya sahabat. فعل Fi'il Madhi, يفعل Fi'il Mudhari'sahabat.

فٙعٙلٙ - يٙفْعُلُ
فٙعٙلٙ - يٙفْعِلُ
فٙعٙلٙ - يٙفْعٙلُ
فٙعِلٙ - يٙفْعٙلُ
فٙعُلٙ - يٙفْعُلُ
فٙعِلٙ - يٙفْعِلُ

Sahabat perhatikan satu persatu dari apa yang ada di atas, pasti sahabat akan menemukan bahwa hanya huruf 'ainnya saja yang Harakatnya berubah ubah, yang lainnya tidak.

Jadi sahabat, sebanyak apapun kata kerja yang ada dalam bahasa Arab, semuanya itu tidak terlepas dari rumus di atas, terkecuali pasti Fi'il yang tidak terdiri dari tiga huruf.

Sahabat bisa mencari contoh kata kerjanya di mana saja, bisa di Kamus manual, ataupun kamus Android. Mudah sekali sahabat, nah sebelum saya berikan contoh dlkata kerja dari masing masing Wazan, coba sahabat cari dahulu kata kerja apa yang hendak sahabat terjemahkan menjadi bahasa Arab, cari lima dulu sahabat, lalu buka di kamus, setelah sahabat ketahui Apa baahsa Arabnya, mulailah untuk mencoba Mencocokkan, kira kira kata kerja yang sahabat cari tersebut masuk ke Wazan yang mana ya? Fa'ala kah? Fa'ala kah? Fa'ula kah? Atau yang lainnya. Okeh, saya akan berikan contoh masing masing dari Wazan yang ada ya sahabat, agar sahabat tidak merasa di Awang awang, hehe.

١. فٙعٙلٙ - يٙفْعٙلُ = قٙرٙاٙ - يٙقْرٙاُ
٢. فٙعٙلٙ - يٙفْعِلُ = جٙلٙسٙ - يٙجْلِسُ 
٣. فٙعٙلٙ - يٙفْعُلُ = اٙكٙلٙ - يٙاْكُلُ

Sahabat bisa perhatikan ya kata kerja di atas.  Fa'ala Yaf'alu, Fa'ula yaf'ilu, Fa'ala Yaf'alu, saya ambil tiga contoh Wazan saja sahabat.
Nanti, nanti ketika sahabat menemukan kata kerja tiga huruf, sahabat bisa mendeteksi Fi'il tersebut menggunakan Wazan yang mana. Ketika sahabat menemukan nya bersambung dengan Dhamir , maka tetap bisa sahabat deteksi, dengan catatan tetap fokus kepada 'ain dari posisi kata kerja tersebut.

Oh iya, saya sampai lupa sahabat, bahwa cara mengetahui apakah dia Wazan pertama atau ke dua atau ke tiga itu, ialah dengan mensejajarkan huruf tersebut dengan Wazan nya sahabat.

Jadi, biasanya Orang ketika ada kata kerja atau Fi'il, maka cara menyebutnya ialah dengan,
Misalnya قٙرٙاٙ
Kata Qaraa,  berarti telah membaca.
  Kata tersebut menggunakan Wazan apa? Hayo tebak! Ya, kata Qaraa memiliki Wazan Fa'ala Yaf'alu sahabat.
Agar sahabat semaikan paham mengenai Wazan ini, sahabat bisa mulai mencari berbagai kata kerja, kemudian menerka nerka kata kerja tersebut masuk ke dalam bagian Wazan yang mana.

Mudahkan sahabat?

Semoga apa yang kita pelajari bermanfaat sahabat, dan Allah berikan pemahaman yang mudah untuk kita.
Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Mengenal Wazan Part 2 Rating: 5 Reviewed By: Anita aa