Cara Menulis Skripsi Part 5

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.
Apa kabar sahabat? Semoga senantiasa sehat wal'afiyat, dan selalu dalam lindungan Allah SWT ya. Sahabat, pada kesempatan kali ini, kita akan melanjutkan pembahasan mengenai penulisan skripsi, untuk bagian dari Skripsi, dan proposal skripsi, sudah kita bahas pada pertemuan selanjutnya, nah untuk yang sekarang, kita akan membahas tata tulis Proposal Skripsi dan Skripsi sahabat.

Sahabat tentu paham dan sangat paham, bahwa ketika menulis sesuatu, ada aturan yang harus kita penuhi. Mulai dari pemilihan materi, hingga kepada Tata cara penulisan. Maka, sangat penting bagi kita untuk mengetahui dan mempelajari tata cara penulisan yang benar, salah satunya ialah penulisan Skripsi dan proposal skripsi.

Okeh, langsung saja, untuk langkah awalnya ialah, sahabat harus mengatur terlebih dahulu ukuran kertas yang akan sahabat gunakan dalam menulis Skripsi atau proposal skripsi. Biasanya, setiap Universitas memiliki pedoman penulisan masing masing Universitas memiliki panduan sendiri, hanya saja, karena memang yang digunakan adalah aturan baku, maka hampir seluruh Universitas memiliki panduan yang sama.

Ukuran kertas, yang biasa digunakan adalah kertas ukuran HVS sahabat, yang berukuran kuarto Dengan berat delapan puluh gram.
Kemudian, sahabat juga harus mengatur Cara pengetikan sahabat. Maksudnya apa? Yah, pengetikan naskah untuk setiap halaman mengikuti ketentuan, tepi kiri dengan empat cm, tepi atas empat cm, teoi bawah dan kanan tiga cm. Kayak pengetikan antara baris dalam naskah adalah dua spasi, tidak boleh balik, menggunakan huruf Times new roman yang berukuran dua belas, jarak antara judul bab dan baris pertama teos, tiga spasi dan jarak anak bab ke baris berikutnya dua setengah spasi.
Mudahkan sahabat? Sahabat bisa mengaturnya dengan memperhatikan icon icon yang ada pada Layar Laptop sahabat. Ingat ya, jangan sampai lupa, Font nya adalah Times new roman, dengan Size dua belas.

Selanjutnya, sahabat harus memperhatikan alinea. Setiap alinea yang akan sahabat tulis harus dimulai dengan baris yang menjorok ke kanan, dalam teks sebanyak lima ketukan sahabat, atau sahabat tekan tombol spasi sebanyak lima kali, kiruf pertama jatuh jeoada ketukan ke enam. Sahabat, dalam satu Alinea, tidak dibenarkan hanya ada satu kalimat ya, minimalnya adalah Tiga kalimat sahabat. Setiap alinea harus ada pada halaman yang sama, maksudnya apa? Ketika sahabat sedang membuat Alinea baru, yang posisinya sudah berada di bagian paling bawah, ketika selesai, kalimat yang merupakan bagian dari Alinea tersebut sudah berada pada halaman berikutnya, maka alinea batu yang sahabat tulis harus langsung dipindahkan ke halaman baru, tersebut.

Agar apa? Agar tidak ada kalimat yang terputus pada setiap Halaman yang membuat tulisan tersebut menjadi seperti tidak utuh. Ketika sahabat hendak memenggal kalimat, harus lah menggunakan pedoman Ejaan yang disempurnakan. Sahabat tidak diperkenankan melakukan pemenggalan kata pada halaman berikutnya.
Setelah itu, apalagi yang harus diatur? Sahabat harus mengatur halaman. Yang pertama yang harus sahabat ketahui adalah, penomoran halaman pada halaman bab tidak boleh ditulis, hanya saja, tetap masuk kepada hitungan.

Kedua, penomoran halaman bagian awal skripsi, yang terdiri dari halaman sampul luar, sampul dalam, nota dinas, pengesahan, motto dan persembahan jika diperlukan sahabat, abstrak, kata pengantar, daftar isi, daftar lampiran jika ada, daftar singkat jika ada, sahabat bisa menuliskan nya denhan angka Romawi kecil dimulai sejak halaman sampul dalam menempatkan pada bagian tengah.

Ketiga ialah penomoran halaman bagian utama skripsi, yang terdiri dari bab pendahuluan, sampai dengan kesimpulan sahabat, lalu saran ditulis dengan angka Arab yang diketik pada bagian kanan atas dengan jarak tiga cm dari baris tepi kanan, 2,5 cm dari tepi atas.

Terakhir, adalah penomoran halaman bagian akhir, yang tediri dari atas daftar pustaka, lampiran lampiran yang sahabat perlukan, misalnya ialah surat izin dengan angka Arab, diketik sebagimana nomor halaman bagian naskah, khusus untuk nomor lampiran, sahabat harus menggunakan angka Romawi besar secara berurutan.

Selanjutnya ialah penulisan bilangan, lambang bilangan yang penyebutannya dalam teks terdiri dari satu kata, sahabat bisa menuliskannya dengan huruf saja, sedangkan lambang bilangan yang penyebutannya lebih dari satu kata, sahabat menuliskan nya dengan tulisan angka, bukan huruf, harap diingat ya sahabat. Bilangan yang menunjukkan jumlah ditulis dengan Tanda titik untuk memisahkan anak ribuan, jutaan dan ratusan nya. Adapun lambang bilangan atau angka pada awal kalimat ditulis dengan huruf.

Semoga sampai sini sahabat sudah paham ya, atau coba untuk mengatur atur atau mengotak-atik dahulu laptopnya, mengatur sesuai dengan apa yang sudah dijelaskan di atas, kan agar lebih paham sahabat, perlu praktek bukan? Hehe.
Okeh, semoga saja sahabat dapat memahaminya dan ketika prakteknya pun sudah mahir. Selanjutnya ialah pedoman penulisan bab. Pertama yang harus sahabat ketahui ialah Nama bab diketik dengan huruf kapital, simetris dan tanpa titik. Nomor urut bab ditulis dengan angka Romawi yang diletakkan secara simetris atas nama bab dengan jarak tepi atasnya ialah empat cm.

Ke-dua, pengetikan sub bab dan nomor sub bab dimulai empat cm dari batas tepi kiri. Nomor urut diketik dengan huruf kapital seusia dengan abjad, setiap awal kata kerja dimulai Dengan huruf kapital tanpa titik akhir serta tanpa harus bawah atau cetak miring, kecuali judul buku.
Ketika, pengetikan anak aub bab dan nomor sub bab tegak lurus di bawah huruf pertama aub bab nomor urut diketik dengan angka Arab. Setiap awal kata benda dan kata kerja dimulai dengan huruf kapital tanpa titik akhir, tanpa garis bawah atau cetak miring, kecuali judul buku.

Jika sahabat masih memerlukan rincian lebih lanjut, maka setelah anak sub bab, penomoran nya dapat diatur dengan, lapisan pertama menggunakan huruf kecil, lapisan kedua menggunakan angka Arab dengan kurung yang ditutup, lapisan ketiga menggunakan huruf kecil dengan kurung tutup.

Masih ada Teknik penulisan yang terbagi menjadi beberapa sahabat, kemudian penulisan catatan kaki, penulisan Daftar Pustaka dan yang terakhir adalah Transliterasi Aran Indonesia.
Sudah pusing sahabat? Semoga belum ya, dan sampai sini sahabat sudah memiliki gambaran. Masih ada beberapa hal yang perlu sahabat perhatikan dan atur juga dalam penulisan skripsi dan proposal skripsi. Namun, sepertinya sahabat sudah mulai pusing, bagian selanjutnya insyaAllah akan kita bahas selanjutnya sahabat.

Semoga bermanfaat sahabat, jangan lupa untuk mempraktekkan nya ya. Jangan lupa untuk memperhatikan aturan aturan tersebut ketika mengetik.
Semoga bermanfaat, selamat berpusing pusing dengan laptop, jangan lupa untuk memperhatikan dengan detil apa saja yang harus dipenuhi dalam menulis Skripsi dan proposal skripsi ini. Dan jangan sampai ada aturan yang sahabat salah buat atau kelupaan ya, karena bisa berdampak fatal nantinya.
Smeoga bermanfaat, salah dan khilafnya saya mohon maaf. Tolong tegur jila sekiranya ada yang kurang tepat sahabat. Karena kesalahan itu murni datang nya dari saya, dan kebenaran hanya milik Allah SWT.
Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh.