728x90 AdSpace

Latest News
Wednesday, December 13, 2017

Cara Mengenal Fiil Amr 2

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

Alhamdulillah, bertemu lagi dengan saya Sahabat, di caramu.net tentunya. Setelah beberapa hari saya tidak menulis, dikarenakan Paketan yang sedang limit. Mohon maaf ya sahabat.

Baiklah, sahabat, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai cara mengenal Fi'il Amr. Pembahasan kali ini, merupakan lanjutan dari Pembahasan kita beberapa hari yang lalu ya sahabat.
Sahabat, kita mengulang sedikit ya.

Bahwasanya, Fi'il Amr itu hanya bisa digunakan untuk kata ganti orang kedua. Sementara kata ganti orang pertama dan ketiga itu tidak bisa, karena tentu yang kita perintah adalah orang yang ada wujudnya di hadapan kita.

Dalam bahasa Arab, ada apa saja ? Ada Anta, Antuma, Antum, Anti, Antuma, Antunna. Ada enam ya sahabat. انت، انتما ، انتم - انت أتمت انتن

Lalu, bagaimana dengan memerintahkan seseorang dengan bahasa Arab?
Bagaimana cara mengenali dan cara membuatnya? Sahabat bisa kenali beberapa hal yang akan kita bahas di bawah ini ya.

Tidak banyak kok sahabat, intinya hanya satu, yakni Sahabat harus paham betul mengenai Wazan yang dulu pernah kita bahasa. Ada enam Wazan kan? Nah, keenam Wazan itu harus sahabat hafal dan harus di luar kepala.

Setelah itu Apalagi? Langkah selanjutnya ialah, sahabat harus tahu, Fi'il yang sahabat akan gunakan itu menggunakan Wazan yang mana? Karena jika sahabat tidak mengetahui Wazan nya dengan baik, karena jika sahabat tidak mengetahui fiilnya menggunakan Wazan yang apa, maka sahabat akan kewalahan dan kesulitan dalam membuat Fi'il akarnya, dan Al hasil, sahabat hanya akan menerka nerka, kira kira ini menggunakan Wazan apa ya? Pasti seperti itu sahabat, maka dari itu, sangat diperlukan mengetahui, mengingat dan memahami keenam Wazan tersebut, dan sahabat mampu mendeteksi sebuah Fi'il dia itu menggunakan Wazan apa.

Simpel kan sahabat? Ia sangat simpel, namun banyak yang terkecoh, dikarenakan tidak paham akan Wazan sebuah kata.

Baiklah, akan kita kipas Sahabat.
Rumus nya ialah : " Hanya ada Tiga bentuk Kata kerja dalam Bahasa Arab, ketika sudah dimasukkan Wazan. Pertama ada Uf'ul, If'il dan yang terakhir ialah If'al (أُفْعُل - اِفْعِل - إِفْعٙل

Hanya ada tiga itu saja Sahabat. Jadi ketika Wazan yang Sahabat kenal itu dari Fi'il Madhi dan mudhari'i, ada enam.

Nah, dalam Fi'il Amr dia ada enam juga sebenarnya, hanya saja, dikarenakan Ada Wazan yang sama, sehingga sebenarnya hanya ada tiga jika disatukan. Bila belum paham, tenang saja sahabat, insya Allah akan saya beritahukan bagaimana kelengkapan dan penggunaan Wazan Fi'il Amr ini. Berikut ini maksud saya di atas.
فعل - يفعل - افعل  1. Fa'ala - Yaf'ulu - Uf'ul
فعل - يفعل - افعل  2. Fa'ala - Yaf'ilu - If'il
فعل - يفعل - افعل 3.  Fa'ala - Yaf'alu - If'al
فعل - يفعل - افعل4.   Fa'ila - Yaf'alu - If'al
فعل - يفعل - افعل  5.Fa'ulu - Yaf'ulu - Uf'ul
فعل - يفعل - افعل  6. Fa'ulu - Yaf'ilu - If'il

Itu adalah rumusnya sahabat, ketika hendak membuat Fi'il Amr. Sahabat tinggal cari tahu Wazan apa yang digunakan dalam Fi'il nya, lalu masukkan rumusnya.

Saat kata tersebut Fi'il Madhi atau mudhari'i, sahabat fokus pada huruf'ainnya saja, sementara saat Fi'il Amr, sahabat juga harus memperhatikan Alif dan 'ainnya(Harakatnya ya sahabat), mungkin sampai di sini sahabat masih mengambang, dan apabila saya beri contoh pasti sahabat akan paham langsung.

okeh, kita buat contoh sahabat.
Demikian untuk kesempatan kali ini sahabat, sampai sini sahabat pahami dahulu ya. Untuk memecahkan teka teki nya, ada pada artikel selanjutnya insyaAllah.

Tentunya setelah ini sahabat.
Semoga bermanfaat, ayo ulang ulang dan kembali pahami wazannya sahabat. insyaAllah akan sangat berguna ketika belajar bahasa Arab.

Khilaf dan salah saya mohon maaf.
Kebenaran datangnya dari Allah, dan kesalahan dan kelemahannya datangnya dari diri saya sendiri.

Semoga Allah berikan kemudahan kepada kita semua.
Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Mengenal Fiil Amr 2 Rating: 5 Reviewed By: Anita aa