728x90 AdSpace

Latest News
Sunday, December 17, 2017

Cara Mengenal Jama' Taktsir


Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.
Alhamdulillah, Allah masih berikan kita sekempatan ya sahabat dalam menuntut ilmu kembali. Alhamdulillah, masih bersama sama sahabat, tentunya di caramu.net .
Baiklah, sahabat, sudah lumayan banyak ya materi yang kita pelajari. So, seharusnya, jika sahabat sudah mencermati materi materi yang kita pelajari, sahabat sudah memiliki perubahan pengetahuan mengenai cara membaca Arab yang gundul.
Kenapa? Karena terorinya sudah banyak kita pelajari, dan jikapun sahabat diminta untuk membuat kalimat, sahabat sudah bisa, dengan menggunakan dan mempraktekkan materi yang terlah kita pelajari.
Saya Yaqin, insyaAllah, sudah ada perubahan pada diri sahabat Mengenai pembacaan dan pembuatan kata dalam bahasa Arab. Semoga ya sahabat, meski perubahan itu hanya sedikit sekali, daripada tidak sama sekali.
Heheh
Baiklah, sahabat, materi kita yang belum dibahas ialah Mengenai I'rab, dan insyaAllah Pembahasan itu akan kita bahas, tapi tidak sekarang ya. Sekarang, saya akan memberikan beberapa Jama' taktsir kepada sahabat, dan ini khusus tentang Jama'taktsir.
Kenapa saya berikan? Ya sahabat, karena jama'taktsir ini tidak bisa diterka terka, atau tidak bisa ditebak tebak, apalagi pakai teori Cap Cup Cup, Kembang Kuncup, tidak bisa. Cara mengenal Jama'taktsir ini hanya dengan satu cara sahabat, yakni dengan dihafalkan.
Jadi, saya harap setelah materi ini saya berikan atau contoh contoh jama'taktsir ini selesai, sahabat mau dan berusaha untuk menghafalkan nya ya. Oh iya, tidak hanya jama' taktsir nya yang saya beritahukan sahabat, akan tetapi ada mufradatnya, mutsannanya, baru jama'taktsir nya, oh iya, pastinya dengan artinya juga sahabat, heheh, agar ketika sahabat hendak membuat kalimatnya tidak kesulitan.
Langsung saja sahabat. Susunannya (Mufrad, Mutsanna, Jama' taktsir), sebelumnya, yang perlu sahabat ingat ialah, Bentuk Mutsannanya ada dua ya Sahabat, dan sahabat bisa gunakan ke duanya, namun ada juga yang harus digunakan menyesuaikan dengan kata atau kalimatnya ya.
١. مدرسة - مدرستان/مدرستين - مدارس   Sekolah
(Mudarrisatun, Mudarrisatani/Mudarrisataini, Madaris
٢. فصل - فصلان/فصلين - فصول Kelas
(Fashli, Fadhlan ini/Fashlaini, Fushulun)
٣. بيت - بيتان/بيتين - بيوت Rumah
(Baitun, Baitani/Baitaini, Buyutun)
٤. كرسي - مرئيات/كرسيين - كراسي Kursi
(Kursiyyun, Kursiyyun/Kursiyyaini, Karasii
٥. مكتب - مكتبان/مكتبين - مكاتب Perpustakaan
(Maktabun, Maktabani/Maktabani, Makatib)
٦. باب - بابان/بابين - ابواب Pintu
(Babun, Babani/Babaini, Abwab)
٧. مفتاح- مفتحان/ مفتوحين- مفاتيح Kunci
(Miftahun, Miftahun/Miftahun, Mafatih)
٨. قلم - قلمان/قلمين - اقلام Pena
(Qalamun, Qalamani/Qalamani, Aqlam )
٩. كتاب - كتابان/كتابين / كتب Buku
(kitabun, Kitabani/Kitabaini, Kutubun)
١٠. مصباح - مصباحان / مصباحين / مصابح Penghapus
(Misbahun, Mishbahani/Mishbahani, Mashabih)
١١. هاتف - هاتفان / هاتفين - هواتف Android
(Hatifun, Hatifani/Hatifaini, Hawatif)
١٢. فلم - فلامان / فلامين - افلامfilm
(Falamun, Falamani/Falamaini- Aflam)
١٣. رف - رفان / رفين - رفوف/ ارفف Rak
(Raffun, Raffani/Raffaini, Rufuf/ Arfuf )
١٤. مكان - مكانان/ مكانين - امكن Tempat
(Makanun, Makanani/Makanaini, Amkin)
١٥. راس - راسان / راسين - راوسKepala
(Raksun, Raksani/Raksaini, Ruusun)
Itu, di atas merupakan bentuk Jama' jama' taktsir ya sahabat, yang mana Jama'tersebut tidak bisa di buat buat atau dikarang karang memakai nama Mudzakkar Salim atau pun jama'Muannats Salim, sampai kapanpun, bentuknya akan seperti itu, tidak bisa diterka terka.
Jumlah jama'taktsir ini, juga banyak sahabat, yang menandakan bahwa kita harus terus menerus mencari contohnya, dan menghafal nya, agar ketika hendak mengungkapkan sesuatu kalimat, apalagi jika banyak menggunakan kata jama'nya, sahabat dan saya tidak lagi kebingungan mengenai kata yang Isim tersebut Jama' taksir.
Demikian pada kesempatan kali ini sahabat. Semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk mencoba membaca teks teks Arab, dengan mencoba mengharakatinya, lalu mencoba untuk membuatnya.
Semoga Allah permudah kita dalam menuntut ilmu sahabat. Jangan lupa untuk mengulang ulang kembali Sahabat, agar menjadi ingatan yang kuat bagi diri kita.
Jaga kesehatan, jaga ibadah, jaga lisan, perbanyak berdoa. Semoga Allah melindungi kita.
Demikian Sahabat, lebih dan jurangnya saya mohon maaf. Segala kebenaran berasal dari Nya, semantara segala keburukan, dari diri saya.
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Mengenal Jama' Taktsir Rating: 5 Reviewed By: Anita aa