Cara Mengenal Na'at Man'ut 2

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.


Alhamdulillah, sahabat Allah masih beri kita kesempatan ya, untuk bertemu kembali dalam materi Bahasa Arab. Pada kesempatan kali ini, kita akan melanjutkan pembahasan selanjutnya ya sahabat mengenai Cara mengenal Na'at Man'ut.


Beberapa hari yang lalu, saya sudah jelaskan apa itu pengertian Na'at Man'ut sahabat, dan bagaimana cara mengenali dan membuatnya baru saya berikan satu gambaran, yakni kesamaan antara Na'at dan Man'ut.


Kesamaan Na'at dan Man'ut ini ada empat sahabat, satu diantaranya sudah kita bahas beberapa hari yang lalu, yakni kesamaan jenis ya, yaitu bisa Mudzakkar dengan Mudzakkar, bisa pula Muannats dengan Muannats. Kita akan lanjutkan kepada persamaan selanjutnya sahabat.


Ciri ciri ke dua ialah Nakirah dan Ma'rifat nya sahabat, sudah dibahas sedikit pada beberapa pertemuan yang lalu sahabat.
Nakirah dan Ma'rifat, yang membedakan antara ke duanya ialah ada atau tidaknya huruf Alif dan Lam sebelum Isimnya sahabat. Nakirah, tanpa Alif lam, Yakni langsung ke Isimnya saja.


Contohnya ialah : Gamis قميص Qamishun. Sementara Ma'rifat ialah yang sebelum Isimnya menggunakan Alif lam, kita ambil contoh sama dengan pada contoh Nakirah ya sahabat, Gamis, awalnya, ketika dia bentuknya Nakirah ialah قميص  Qamishun, sementara ketika menjadi Ma'rifat menjadi القميص   Al Qamishu.


(NB : Ketika suatu Isim, tanpa Alif lam, maka harakat huruf akhirnya adalah Dhammah Tain, Ketika sudah di Ma'rifat kan, tidak lagi Dhammah tain, tetapi cukup dhmamah saja, ini adalah kunci yang paling mudah dan sangat penting sahabat ketahui).


Sampai sini jelas ya sahabat, mana yang Nakirah dan mana yang Ma'rifat. Okeh, karena kita sedang berbicara tentang Al kalimat, maka kita harus membuat kalimat yang berkaitan dengan Materi kita kan.


Saya sudah pernah menjelaskan sahabat, bahwa dalam satu kalimat, Na'at memiliki posisi lebih dulu dibandingkan dengan Man'ut ya.


Jadi, ketika sahabat hendak membuat atau hendak mengenal susunan sebuah kalimat, apakah dia termasuk Al Idhafah, apakah dia termasuk mubtadak Khabar, atau apapun, maka sahabat perlu mengenali ciri cirinya. Khususnya pada Na'at Man'ut, sahabat tinggal melihat kesamaan antara kata yang pertama dengan kata yang keduanya.


Jika kata pertamanya ialah kata yang menggunakan Alif lam, lalu diikuti dengan kata selanjutnya yang juga menggunakan Alif dan Lam, maka itu termasuk Susunan Na'at Man'ut sahabat. Apa ciri cirinya? Karena ada kesamaan antara Nakirah dan Ma'rifat nya.


Mudahkan sahabat?
Itu jika ingin mendeteksi sebuah kalimat. Lalu bagaimana jika ingin membuat sendiri kalimat dengan susunan Na'at Man'ut ini? Caranya tentu mudah saja sahabat.


 Sahabat tinggal cari dua kata, yang pertama ialah kata Benda, bisa nama hewan, nama manusia, benda atau yang lainnya yang tidak merupakan kata kerja dan huruf, selanjutnya sahabat harus mencari satu kata lagi yang merupakan Isim, tetapi dalam bentuk Sifat, banyak kan jenis jenis sifat, ada yang baik, ada yang jahat, ada yang putih, dan lain sebagainya.


Setelah sahabat menemukan dua kata, sahabat akan mengubahnya menjadi susunan Na'at Man'ut. Langkah awal, tulis terlebih dahulu kata kata yang sudah sahabat temukan, kemudian, pada Isim yang pertama tambahkan Alif lam, pada Isim yang kedua juga masukkan Alif dan Lam.


Begitu saja kok sahabat, hanya saja, sahabat harus cermat dalam membuat kalimat ini, karena keempat kesamaan antara Na'at dan Man'ut nya harus benar benar sahabat perhatikan.


Kesamaan yang selanjutnya ada Kesamaan jumlah nya sahabat, dan yang terakhir ada kesamaan pada i'rabnya atau Harakatnya.
Sampai sini, yang paling penting ialah sahabat kuasai dahulu dua kesamaan yang sudah kita pelajari bersama ya.


Baiklah sahabat, demikian untuk kali ini, kesamaan jumlah dan i'rabnya insyaAllah akan kita bahas pada pembahasan selanjutnya.
Salah dan khilaf saya mohon maaf.


Kebenaran datangnya dari Allah, dan segala kesalahan dan kekeliruan datang nya dari diri saya sendiri. Semoga Allah memberikan pemahaman yang mudah kepada kita semua dalam memahami ilmu ilmu yang ada.


Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh.