728x90 AdSpace

Latest News
Friday, December 8, 2017

Cara Mengenal Na'at Man'ut 3

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

Alhamdulillah, kita bertemu lagi ya sahabat, pada sore hari yang berbahagia ini insya Allah, tentunya masih tetap di caramu.net ya.

Baiklah sahabat, kita masih akan melanjutkan pembahasan ya mengenai bagaimana caranya mengenal Na'at Man'ut. Kesamaan antara Na'at dan Man'ut sudah ada sekitar tiga kita bahas sahabat, dan kali ini insyaAllah keamanan selanjutnya akan kita bahas, tuntas.

Semoga kesamaan yang sudah dibahas sahabat masih ingat ya, dan tentunya pembahasan sebelumnya juga masih ingat.

Kesamaan selanjutnya ialah kesamaan pada jumlah nya sahabat atau bilangan nya. Saat belajar Isim, kita sudah bahasa ya sahabat, bahwa Isim berdasarkan jumlah atau bilangan nya terbagi menjadi tiga, yaitu Mufrad, mutsanna dan jama', dan hal itu juga berlaku dalam kesamaan Na'at dan Man'ut sahabat.

Ketika sahabat membuat Na'at nya dengan Isim mufrad, maka sahabat juga harus mengikutinya dengan Isim yang mufrad, ketika sahabat membuat Na'at dengan Isim mutsanna, maka Man'ut nya juga harus mutsanna, dan begitupula dengan jama'sahabat, ketika menulis kata Na'at nya dengan jama', maka Man'ut nya juga wajib dengan jama'.

Ketika sahabat sudah paham mengenai pembahasan yang ini, sahabat tentu tidak boleh melupakan kesamaan Na'at dan Man'ut yang sudah kita pelajari beberapa waktu lalu, karena apa? Karena hal ini sangat berkaitan,
Selanjutnya ialah kesamaan berdasarkan i'rabnya. I'rab itu apa?

Mungkin diantara sahabat ada yang biasa mendengar kata i'rab? I'rab ini ialah harakat akhir dalam sebuah kata sahabat, dan dia memiliki empat macam, ada Dhammah, Fathah, Kasrah, Dan Jaszm insyaAllah pada pembahasan tentang I'rab, akan kita bahas lebih dalam lagi sahabat, karena kita sedang membahas Na'at Man'ut, maka pembahasan mengenai I'rab tidak terlalu kita dalami.

Oke, dalam kesamaan i'rabnya, maksudnya di sini ialah, apabila Na'at nya berharakat Fathah, maka Man'ut nya juga harus berharakat Fathah sahabat, jika berharakat Kasrah, maka Man'ut nya juga begitu, begitu seterusnya, ingat ya sahabat, yang harus sama ialah Harakat akhirnya, bukan Harakat awal atau pertengahan nya.

Setelah mengetahui dua kesamaan antara Na'at Man'ut ini, ditambah lagi dengan kesamaan dua yang sudah kita bahas, harapannya sahabat sudah mulai bisa mendeteksi sebuah kata atau kalimat, apakah itu Idhafah (yang sudah kita bahas) apakah itu Na'at Man'ut yang baru saja kita bahas, tentu ini adalah modal awal sahabat.

Kita akan membuat contoh Na'at Man'ut dengan kesamaan jumlah atau bilangan dan i'rabnya atau Harakatnya sahabat.
Kesamaan Jumlah atau bilangan nya, pertama akan kita buat yang jumlah bilangan Isimnya adalah Mufrad, lalu langsung kita ganti menjadi Isim yang dua atau mutsanna, lalu kita ubah menjadi Jama', dengan kata atau kalimat yang tentu saja masih sama.

Mufrad : Satu Murid Pandai (LK) الطالب الماهر at thalibu Al mahiru
Dua Murid Pandai(LK) الطالبان الماهر أن  At thalibani Al mahirani
Banyak Murid Pandai الطلاب الماهرون  At tullabu Al Mahiruna

Dari contoh yang saya buat di atas, sahabat bisa lihat sendiri, antara Na'at dan Man'ut nya memiliki banyak kesamaan, tentu saja kesamaan yang ada ialah kesamaan yang sudah saya jelaskan ya.

Hanya dengan satu kalimat saja, sahabat bisa menemukan bahwa kalimat di atas memiliki beberapa kesamaan, pertama, Sahabat bisa lihat, bahwa kata pertama menggunakan Alif lam, dan kata kedua juga demikian, sahabat bisa lihat, kata pertama menggunakan Isim mufrad, dan kata kedua juga demikian, dan beberapa ciri cirinya yang lain dapat sahabat sebutkan sendiri.

Mudah sekali kan sahabat, sungguh sahabat, ini dan Idhafah, mubtadak Khabar (insyaAllah akan kita bahas selanjutnya), adalah modal yang utama setelah memahami Isim, fail dan Harf sahabat.

Demikian, semoga bermanfaat sahabat.
Selamat membuat contoh, dan mencari contoh serta mencoba untuk mendeteksi kalimat.

Salah dan khilafnya saya mohon maaf. Kebenaran datangnya dari Allah, dan kesalahan datang nya dari diri saya sendiri. Semoga Allah permudah kita dalam memahami berbagai macam ilmu, terutama ialah ilmu ilmu agama.

Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Mengenal Na'at Man'ut 3 Rating: 5 Reviewed By: Anita aa