728x90 AdSpace

Latest News
Saturday, December 30, 2017

Cara Mengenal Rafa' (Asmaul Khamsah 2)


Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

Alhamdulillah. Lagi liburan ya Sahabat? Semoga liburan nya menyenangkan ya. Dan jangan lupa untuk bersyukur, itu yang terpenting. Tidak begitu perlu liburan kemana, yang paling penting adalah liburan dengan siapa. Betul tidak? Hehe
Alhamdulillah, baiklah, pada kesempatan kali ini, kita akan melanjutkan tentang Pembahasan Asmaul Khamsah ya sahabat, yang saya rasa Pembahasan itu tadi sempat terputus.

Kita akan membahas sedikit lagi, dan akan membuat satu contohnya.
insyaAllah.
Okeh, langsung saja, saya akan memberikan Asmaul Khamsah, ketika dia Rafa, Nashab dan Majrur sahabat.

1. رفع  Rafa'
ابوك  Abuka
اخوك Akhuka
حمود Hamuka
ذوالقنين Dzulqarnain


2.  نصب Nashab
اباك Abaka
اخاك Akhaka
حمام Hamaka
فاك Faka
دالقرنين Dzalqarnain


3. جر  Jar
ابيك Abika
اخيك Akhika
حميك  Hamika
فيك Fika
ديلقرنين  Dzilqarnain

Sudah sesuai dengan narasi yang tadi sampaikan kan sahabat? Kalau dia Rafa', akan ditambahkan ini dan ini, kalau dia Nashab begini dan seterusnya.
Untuk yang Dzu, selain sahabat bisa lihat pada nama orang yang ada dzunya, (Dziul qarnain) sahabat juga biasa mendengar atau mengetahui nya lewat nama nama bulan dalam bahasa Arab atau dalam kalender hijriah, ada Dzul Qa'dah, Dzul Hijjah, selain itu, sahabat juga bisa menemukan nya di dalam ayat ayat suci Al Quran.

Allah ada menyebutkan Dzu Fadhlin 'adzhim dan seterusnya, maka itu adalah salah satu contoh dari Asmaul Khamsah sahabat yang dii'rabi dengan Rafa' beralamat kan Al Wawu.

Misalnya ialah kita ambil contoh Dzu pada nama orang saja ya sahabat.
Misalnya ada kalimat ذهب ابو بكر  الى السوق Dzahaba Abu Bakri Ika al Suq. Yang artinya, Abu Bakr pergi ke Pasar.
Bagaimana cara mengi'rabi nya sahabat?
Ayo kita ulang dulu bagaimana cara mengi'rabi.

1. Sebut ulang kata-nya
2. Sebutkan kedudukan kata tersebut dalam sebuah kalimat
3. Sebutkan hukum kata tersebut dalam kalimat.
4. Sebutkan alamat i'rab nya
5. Kemudian alasannya, kenapa ia dii'rabi dengan I'rab tersebut.

Dari ke lima langkah langkah mengi'rabi di atas, sahabat bisa tetapkan dalam mengi'rabi apapun, dan sahabat harus kuasai kelima limanya tersebut, karena, ketika sahabat sudah menguasai nya maka itu memiliki arti bahwa sahabat sudah bisa mengi'rabi dengan benar. Ayo sahabat, i'rabi yang kalimat Tadi, Abi Bakr pergi ke Pasaran bagaimana?

1. Sebut uaong katanya, maka yang akan sahabat sebutkan uaong adalah Nama orangnya, karena nama tersebut yang ingin dii'rabi, berarti sebutan Abu Bakr
2. Sebutkan kedudukan kata tersebut dalam sebuah kalimat. Kata abu Bakr berposisi sebagai apa sahabat? Fi'il kah, fail kah atau apa? Atau dalam bahasa Indonesia nya, subjek kah, predikat kah atau objek? Nah, kata abu Bakr menduduki tempat sebagai Subjek, atau dalam bahasa Arabnya ialah Fa'il
3. Sebutkan hukum kata tersebut dalam kalimat itu, tentu saja Marfu'.
4. Alamat i'rab nya apa sahabat? Tentu saja Waw, seperti yang sudah saya katakan di atas.
5. Alasannya mengapa ia di Rafa'kan? Karena dia adalah Asmaul Khamsah.

Begitu sahabat. Mudahkan? Begitupula dengan kalimat kalimat lain, sahabat perlu mendeteksi dahulu kedudukan sebuah kata dalam sebuah kalimat, sebelum sahabat mengi'rabi nya. Karena jika sudah ditentukan kedudukan nya, maka akan membantu untuk mempermudah pengi'raban.

Untuk artikel pada kesempatan kali ini, saya akan berikan foto tentang rumus rumus I'rab sahabat, nanti sahabat bisa mendeteksi dan mempelajari nya sendiri ya, dan rumus rumusnya, untuk mempermudah, dibuat dalam bentuk tabel sahabat, sehingga sahabat bisa mengetahui, jika Alamat i'rabnya adalah Waw, Maka apa saja alasannya, jika dia termasuk ini, itu termasuk apa. Insyaallah benar benar mempermudah sahabat.

Demikian pada kesempatan kali ini sahabat. Semangat belajar, dan selamat mencoba. Semoga Allah berikan pemahaman yang mudah kepada kita ya.
Semoga belajar nya menyenangkan, dan liburannya menambahkan kesyukuran kita kepada Allah AZZA wajalla.

Salah dan khilaf datangnya dari saya, maka saya mohon maaf. Kebenaran dan kebaikan datangnya dari Allah..
Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Mengenal Rafa' (Asmaul Khamsah 2) Rating: 5 Reviewed By: Anita aa