728x90 AdSpace

Latest News
Saturday, December 30, 2017

Cara Mengenal Rafa' (Asmaul Khamsah)

Assalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

Alhamdulillah, kita masih diberikan kesempatan oleh Allah untuk bertemu kembali sahabat, tentunya dalam rangka thalabul 'ilmi.

Alhamdulillah, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai cara mengenal Asmaul Khamsah.
Sebelumnya, saya ingin memberitahu kepada sahabat, bahwasanya, ada empat kata yang harus alasan mengapa sebuah kata tersebut di Marfu' kan. Apa saja?

Pertama Ialah karena Kata tersebut merupakan Isim Mufrad, atau Kata yang hanya menunjukkan arti satu benda atau tunggal, kedua ialah Jama'Taktsir, Jama'taksir ini jama'yang memang sudah ketentuan nya seperti itu, tidak bisa diketahui selain dengan menghafalnya, ketiga ialah Fi'il Mudhari', dan yang terakhir ialah Jama'Muannats Salim.

Keempat poin alasan yang menjadi mengapa sebuah kata tersebut menjadi Rafa' sudah kita bahasa keseluruhan sahabat, dan ada satu tambahan sahabat, yakni yang akan kita bahas ini, Asmaul Khamsah.

Jadi, ketika sahabat mengi'rabi kata yang dianya adalah Marfu', maka alasannya tidak akan pernah lepas dari kelima  itu. Sementara jika kedudukannya, maka akan banyak macamnya sahabat, Seperti yang baru kita bahasa, ada Fail, Naibun Fa'il, Mubtada Khabar, Isim Kana WA akhawatuha dll yang akan kita bahas juga InsyaAllah, dan satu lagi yang hampir terlupakan yakni, Alamat i'rabnya, alamat i'rab pada Rafa'itu ada tiga sahabat, ada Waw, Alif dan Tsubutunnun. Ketika mengi'rabi Alamatnya, pada Rafa', maka tidak akan ada selain ketiga alamat tersebut.


Okeh, kita melanjutkan ke pembahasan awal ya, yakni Asmaul Khamsah.
Apa itu Asmaul Khamsah?
Asmaul itu adalah Jama'dari kata Ismun atau Nama, jadi Asmaul berarti nama nama.

Sementara Khamsah, itu artinya ada 5. Jadi, Asmaul Khamsah, ialah Nama nama yang lima. Asmaul Khamsah ini, alamat i'rab nya adalah Waw Sahabat, meskipun Harakat akhirnya tidak Dhammah, namun tetap alamatnya adalah Waw. (Sudah ketentuan)
Apa saja yang termasuk Asmaul Khamsah? Ada yang tahu sahabat?
Yah, ada lima tentunya.


1. Abun (Ayah)
2. Akhun (Abang atau saudara laki laki)
3. Hamun (Paman)
4. Fu (Mulut)
5. Dzu (Yang mempunyai)

Ketika Sahabat menemukan kata kata yang lima di atas dalam sebuah kalimat, atau sahabat akan menuliskan kata kata yang lima tersebut ke dalam kalimat, maka sahabat harus memperhatikan ya, dikarenakan pengharakatannya yang berbeda daripada kata kata yang lain.


Kita akan mencoba membuat Asmaul Khamsah ini sesuai dengan kondisinya, ketika Rafa'dia seperti apa, ketika Nashab seperti apa, dan ketika Jar seperti apa. Sememtara Jazm dia tidak bisa, karena Isim. Yang memiliki Jazm hanya Fi'il.

Ingat ya sahabat, meskipun dia ada yang Harakatnya Fathah dan Kasrah, dia tetap ketika dii'rabi adalah Marfu'yang beralamat Al Waw. insyaAllah nanti akan kita bahas bagaimana mengi'rabi nya.
Ketika Rafa', sahabat harus menambahkan huruf Waw dan Kaf setelah kata Ashlinya, kecuali Pada kata Paman (karena sudah ada Waw di belakang) dan Dzu, karena ini biasanya akan diikuti nama langsung, bukan Dhamir Kaf.


Sementara ketika Nashab, sahabat perlu menambahkan huruf Alif dan Kaf setelah kata Ashlinya, kecuali dzhu ya sahabat.
Ketika Jar, sahabat perlu menambahkan Huruf ya dan Kaf setelah huruf Ashlinya, Kecuali Dzu.


Insyaallah nanti pada artikel ini akan saya berikan gambar dari pemetaan tersebut.
Ketika mengi'rabi nya, tentu seperti biasa sahabat. Hanya saja tentu ada beberapa perbedaan pada alamatnya, kedudukannya, hukumnya dan lain sebagainya.


Nah, ketika mengi'rabi Asmaul Khamsah ini, ingat kembali rumusnya yang lima ya sahabat. Kedudukan katanya, dalam Asmaul Khamsah biasanya adalah menjadi Fa'il sahabat, hukumnya tentu saja Marfu', alamatnya Al Wawu sahabat, Liannahu ismul Mufrad.


Begitu sahabat, hampir semua yang Asmaul Khamsah akan dii'rabi seperti itu. Oh iya, satu lagi, yang memiliki alamat i'rab Al Waw dalam Rafa itu ada dua sahabat, yang pertama ialah Asmaul Khamsah yang baru kita bahas, sementara yang satu lagi ialah jama'Muzakkar Salim yang sudah pernah kita bahas.

Demikian untuk kesempatan kali ini. Semoga Allah mempermudah kita dalam memahami berbagai ilmu.
Khilaf dan salah saya mohon maaf.
Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Mengenal Rafa' (Asmaul Khamsah) Rating: 5 Reviewed By: Anita aa