728x90 AdSpace

Latest News
Sunday, December 24, 2017

Cara Mengenal Rafa' ( Naibun Fa'il)


Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Alhamdulillah, kita masih dapat bertemu kembali sahabat, di hari yang insyaAllah selalu kita isi dengan kebaikan ini.
Baiklah, sahabat kita masih akan membahas tentang Rafa' dan Marfu' ya, karena memang tidak sebentar untuk bisa membahas persoalan rumit dan unik dalam membaca kita ini.

Di awal, saat pertemuan tentang pengenalan I'rab, saya katakan bahwa I'rab itu terbagi menjadi dua kan Sahabat? Ada yang ashli dan yang Far'iyah.

Nah, untuk yang Dhammah atau Ashlinya, sahabat bisa lihat contoh kalimat yang saya berikan pada pertemuan sebelum ini, yang kalimatnya adakah "Orang Muslim itu Masuk ke Masjid" , itu adalah salah satu contoh kata yang alamat i'rabnya adalah Dhammah.

Nah, kali ini, kita akan membahas yang Far'iyah nya sahabat, Dimana hal ini terjadi ketika Rafa'tidak diharakati Dhammah, namun hukumnya tetap Rafa'. Aneh kan? Ya ini bukan aneh sahabat, melainkan keunikan dan keajaiban bahasa Arab. Keunikan dan kehebatan tersebut lah yang biasanya menjadi alasan Mahasiswa bahasa Arab ketika ditanya mengapa mengambil jurusan bahasa Arab.

Okeh, langsung saja Sahabat, bahwa ada tiga I'rab Rafa'. Satunya ialah I'rab yang ashlinya, dan dua lagi adalah far'iyyah nya, diantaranya ialah Al Alifu dan satu lagi adalah tsubutunnun.
Sahabat, kita akan bahas satu persatu InsyaAllah.

Seperti saya katakan, bahwa ada beberapa hal yanh meski dibaca Rafa' sahabat, masih ingat? Ada Fa'il, naibun Fa'il, mubtadak khabar dan lain sebagainya.

Kemarin kita sudah membahas yang Fa'il, bagaimana Fa'il itu, apa Fa'il itu, dan bagaimana mengi'rabi nya itu sudah kita bahas. Sekarang giliran kita membahas tentang naibun Fa'il.
Naibun Fa'il ini, ada dua Sahabat. Pertama ialah, yang digunakan dalam kalimat aktif, dan yang kedua ialah kalimat pasif.

Kalimat aktif, dalam bahasa Arab, biasa disebut dengan Al Mabniyyu lil ma'lumi.
Kalimat tidak aktif atau kalimat pasif, dinamai dengan Al Mabniyyu lil majhuli.
Bagaimana cara memahaminya? Tenang Sahabat, sahabat bisa memahaminya jika nanti saya berikan contoh, dan rumus. Untuk mempermudah dalam belajar, tentu kita membutuhhkan rumus rumus ajaib Sahabat.

Okeh, pertama yang akan kita bahas adalah yang kalimat aktif dahulu. Kalimat aktif itu apa sih Sahabat? Pasti Sahabat jika disuruh menerjemahkan kata "Kalimat Aktif" dalam bahasa Indonesia, sahabat bisa menjawab. Nah, sebenarnya antara pengertian kalimat aktif dalam bahasa Indonesia tidak berbeda jauh dengan bahasa Arab sahabat.

Kata kerja aktif, ialah kata kerja yang diawali dengan kata atau dengan imbuhan "me + Kata Kerja ". Atau "me + Kata Kerja + kan. Itu adalah gambaran umum untuk mengenal apa itu kalimat aktif.

Jika sahabat menemukan banyak kalimat dalam bahasa Indonesia, tentu banyak kata dan kalimat yang menggunakan kata "melakukan ", "mengerjakan" , "membaca" dan lain sebagainya sahabat, itulah yang dinamakan dan salah satu contoh dari kalimat Aktif.


Setelah mengetahui apa itu kalimat aktif, sahabat perlu mengetahui apa rumusnya dalam bahasa Arab. Tentu hal ini sangat diperlukan, agar ketika mengartikan kalimat atau teks dalam bahasa Arab, sahabat dapat membedakan mana yang termasuk kalimat aktif atau kalimat pasif. Yang perlu Sahabat ingat ialah, "setiap kata yang tertulis sebagaimana ashlinya, maka itu adalah Kalimat Aktif". Dan jika ada perubahan pada Harakat awal fiilnya, maka perubahan itulah yang meski Sahabat cermati, terutama ketika hendak membuat sebuah kalimat.

Demikian pada kesempatan kali ini sahabat. Semoga Bermanfaat. Jangan lupa untuk terus mencoba dan mengingat ingat kembali materi yang sudah pernah kita pelajari, lalu praktekkan ketika membaca sebuah teks berbahasa Arab, dengan mencoba mendeteksi, kira kira kata tersebut termasuk apa, Isim kah atau huruf kah, atau Fi'il kah?

Dan kalimatnya apakah termasuk Na'at Man'ut atau al Idhafah atau yang lain lain.
Semangat sahabat. Semoga Allah memberikan kemudahan kepada Dior kita dalam terus menerus mencari dan mengamalkan ilmu Nya yang tak terbatas itu.

Salah dan khilaf itu datangnya dari saya. Mohon maaf sebesar-besarnya.
Wassalamu'alaikum warahmatullah wabarakatuh.

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Mengenal Rafa' ( Naibun Fa'il) Rating: 5 Reviewed By: Anita aa