728x90 AdSpace

Latest News
Sunday, January 7, 2018

Cara Mentakhrij Hadis secara Praktis


Ulumul hadis ialah ilmu yang membahas kaedah-kaedah atau pokok-pokok yang dapat digunakan untuk mengetahui keadaan sebuah hadis, mulai dari sanad, hingga matan hadis yakni dari segi atau dari sisi diterima atau ditolaknya sebuah hadis.


Objek pembahasan ulumul hadis tentu tidak jauh berbeda dari definisi atau pengertian ulumul hadis itu sendiri, maka dapat diketahui bahwa objeknya ialah sanad dan matan hadis. 

Hasil dari ilmu ulumul hadis ini ialah untuk mengetahui dan dapat meneliti serta membedakan kualitas hadis, mana yang shahih dan mana yang dha’if.

Maka dari itu, meneliti hadis sangat diperlukan bagi umat masa kini, dikarenakan mulai banyaknya bermunculan hadis hadis yang kurang valid keadaan serta sumbernya.

Salah satu cabang dari berbagai macam ilmu ulumul hadis ini ialah takhrij hadis. 
Seperti yang sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya. 
Setelah membahas mengenai cara mentakhrij hadis secara manual atau dengan hunting langsung ke kitab aslinya, maka kali ini akan dibahas mengenai bagaimana cara mentakhrij hadis dengan menggunakan aplikasi hadis, atau software hadis, karena tidak dapat dipungkiri lagi, bahwa pekerjaan mentakhrij yang biasanya memakan waktu lama itu, dapat dikerjakan hanya sekejap saja sekarang, bahkan satu menit saja selesai. 


Maka dari itu, men-takhrij hadis dengan menggunakan software hadis mulai berkembang saat ini. Oleh karenanya, untuk memanfaatkan kecanggihan teknologi, tidak ada salahnya digunakan untuk hal-hal yang positif. 

Aplikasi yang digunakan untuk mentakhrij hadis hingga saat ini yang paling terkenal atau yang paling populer sering digunakan ialah Maktabah Syamela.

Maktabah Syamela ini, merupakan software hadis yang tidak hanya digunakan untuk mentakhrij hadis, akan tetapi sangat  banyak sekali fitur-fitur yang dapat digunakan, mulai dari mencari berbagai macam kitab, dari kitab syarah hadis, kitab aqidah, dan lain sebagainya.
Bentuknya sederhana, bergambar seperti kitab, ada bolpoin nya. Bisa dilihat pada google jika memiliki paket data. Namun sayangnya, hanya dapat digunakan menggunakan PC saja, tidak bisa menggunakan android dikarenakan aplikasinya yang memakan tempat yang begitu besar.


Cara menggunakannya tidak begitu berbeda dengan cara manual.
Langkah awalnya tentu saja mendownload softwarenya, setelah terdownload, silahkah diinstal.
Cara menggunakannnya.
Cari dahulu hadis yang akan ditakhrij.
Ambil potongan kata, satu, dua atau tiga kata, Jangan lupa untuk menyetel keyboard arab dahulu ya. Jika menggunakan software yang baru biasanya ketika membuka sofwarenya, keyboard akan otomatis berubah menjadi keyboard Arab. 


Setelah kitabnya terbuka, silahkan cari pada ikon yang tersedia di bagian atas, nomor delapan dari sebelah kanan(posisi Pengguna Laptop), pada ikon ke delapan itu ialah ikon dalam bentuk gambar teropong, jika masih bingung, silahkan arahkan saja kursornya ke arah ikon-ikon atau fitur-fitur yang tersedia. 



Cari fitur yang saat kursor berada pada ikon atau fitur tersebut menunjukkan tulisan بحث
Klik fitur tersebut dua kali. Maka akan muncul kotak-kotak.
Nanti akan muncul, ada lima kolom di sebelah kanan, isi kata yang tadi sudah ditentukan akan diteliti pada kolom yang paling atas.
Kemudian, silahkan beralih ke kolom yang ke dua, atau yang posisinya di tengah, yang banyak pilihan bahasa Arabnya, cari yang tulisannya متون الحديث
, atau tinggal hitung saja, nomor sepuluh dari atas.
Setelah mengklik langkah yang nomor enam, centang beberapa kitab induk yang ingin dicari. Bebas, apakah ingin mencari dalam Bukhari, Muslim, Tirmidzi atau yang lainnya. 
__
Referensi : ulumul Hadis Karya Mahmud Thahan
Ulumul hadis
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Mentakhrij Hadis secara Praktis Rating: 5 Reviewed By: Anita aa