728x90 AdSpace

Latest News
Sunday, February 4, 2018

Cara Membentuk Karakter Kecerdasan Anak




Setiap orang pasti memiliki karakter yang berbeda-beda, karena pebedaan karakter itulah sehingga membuat orang memiliki penilaian tersendiri terhadap orang lain.
Tahukah anda, karakter seseorang bukanlah bawaan lahir. Karakter pada diri manusia didapat berdasarkan pengalaman, lingkungan, dan kebiasaan orang-orang disekitarnya. Pertumbuhan dan pembentukan karakter pada manusia sebagian besar terbentuk sejak kecil.

Pada usia 5 tahun, perkembangan otak telah mencapai 90% dari ukuran otak dewasa (Santrock, J.W., 2002). Itulah masa-masa yang dimana perkembangan fisik, mental maupun spiritual anak akan mulai terbentuk. Di masa ini orangtua memiliki andil besar untuk memberikan pendidikan karakter yang baik bagi anak.

Jika melihat kondisi yang terjadi dilapangan pada kenyatannya masih banyak orang tua yang belum memahami bagaimana cara menanamkan karakter pada si buah hati.

Hal-hal yang perlu dilakukan orang tua:

Berkomunikasi dengan baik dan santun
Komunikasi adalah proses yang sangat penting untuk menjalin kedekatan antar orang tua dengan anak. Beberapa komunikasi yang bisa membentuk karakter anak pada anak yaitu:
 1) membiasakan mengucap salam ketika bertemu,
 2) berkomunikasi menggunakan kata-kata yang sopan dan santun dengan anak, dan
3) melakukan kontak mata ketika berkomunikasi.

Pendengar yang baik
Dalam sebuah proses berkomunikasi pasti ada yang namanya pembicara(penutur) dan pendengar (lawan tutur). Dua hal tersebut harus saling menghargai satu dengan lainnya agar terciptanya komunikasi yang baik. Orang tua hendaknya membiasakan buah hatinya sejak dini untuk belajar bagaimana berkomunikasi yang baik seperti:

1) membiasakan anak untuk mendengarkan pendapat orang lain dan,

2) tidak memotong pendapat orang lain.

Menghormati orang lain
Indonesia sebagai Negara yang memiliki tingkat sosial tinggi, menghaormati sesama merupakan hal yang sangat penting. Oleh karena itu orang tua hendaknya membiasakan anak untuk belajar menghormati sejak dini agar kelak menjadi orang yang dihargai oleh orang lain, seperti:

1) Mengajarkan anak untuk memberikan pujian,

 2) memngajarkan anak untuk tidak sombong

3) mengajarkan anak untuk menghargai perbedan,

 4) megajarkan anak untuk menepati janji,

5) mengajarkan ank untuk meminta maaf ketika melakukkan kesalahan,

6) mengajarkan anak untuk meminta ijin ketika akan memakai barang orang lain.

Dapat bekerjasama
Keluarga sebagai orang yang sangat sering bertemu dan berinteraksi dengan anak memiliki efek besar bagi perkembangan anak dari berbagai segi, tertama karakter anak. Melakukan kegiatan rumah tangga secara bersama-sama atau melakaukan berberpa kegiatan bersama bisa pula menanam karakter kerjasama pada diri anak. Selain itu dapat pula dengan:

1) mengajarkan anak untuk tidak memaksakan kehendak,

2) mengajarkan anak untuk gotong royong.



Perhatian terhadap orang lain
Perhatian atau simpati dapat dikategorikan sebagai bentuk atau sisi sensitive orang terhadap apa yang terjadi di lingkungan sekitar. Karakter ini sangat penting dimiliki oleh setip orang dan pastinya perlu dilakukan pembiasan sejak dini. Orang tua dapat melakukan beberapa hal untuk membentuk karakter tersebut, seperti:

1) mengajarkan anak untuk menghibur teman yang sedih,

2) mengajarkan ank untuk aktif dalam kegiatan sosial masyarakat,

3) mengajarkan anak untuk berbagi dengan orang lain.

Orang tua dan keluarga adalah lingkungan yang paling dekat dengan anak. Banyak sekali karakter anak yang didapat dari pengalamannya di keluarga terutama orang tua. Maka dari itu diharapkan keluarga terutama orang tua mampu membentuk karakter cerdas dan tangguh pada anak dengan membiasakan anak melakukan perilaku-perilaku terpuji.



Sumber :

www.frugalfanatic.com
www.superhealtykids.com
ilustrasi : health.liputan6.com


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Membentuk Karakter Kecerdasan Anak Rating: 5 Reviewed By: Anita aa