728x90 AdSpace

Latest News
Wednesday, March 21, 2018

Cara Menata Ruang Belajar 'Ruang Inspiratif dan Nyaman'


Ada banyak hal yang bisa dipelajrai seseorang agar dapat terus berkembang menjadi lebih baik. Pada tahap ini, kamu harus memberikan kebebasan lebih terhadap diri sendiri untuk mencoba banyak hal, bereksperimen, dan berekspresi sekreatif mungkin.
Untuk mendukung hal ini, maka lingkungan atau tempat tinggal harus mempunyai ruang yang bisa menampung kebebasan kreativitas. Dalam hal ini, konsep “Ruang belajar yang Antik” bisa menjadi alternative yang cukup baik.

Adanya ruang belajar di dalam rumah sangat penting karena ruang belajar amat menentukan konsentrasi dalam menguasai suatu hal. Selain itu, ruang belajar juga digunakan sebagai area berpikir yang tenang dan jernih mengenai permasalahan pelajaran ataupun persoalan yang sedang kita hadapi.

Lalu, bagaimana teknis menata ruang belajar yang bisa memenuhi harapan dan kebutuhan? Berikut ini adalah enam langkah penataan ruang belajar yang wajib dicoba!

cara-menata-ruang-belajar 'ruang-inspiratif-dan-nyaman' (google)

Pertama, kita harus memilih ruangan di rumah yang relative tidak berdekatan dengan ruang istirahat anggota keluarga yang lain.
Penting, karena ruang belajar adalah ruang privasi dan symbol kebebasan dalam bereksplorasi dan mengekspresikan diri.

Kedua, membuat ruang belajar yang mendapatkan pencahayaan alami, sirkulasi udara yang baik, dan jauh dari kebisingan.
Sebab, yang paling penting dari fungsi sebuah ruang belajar yang baik adalah terbentuknya sebuah kenyamanan bagi si penghuni. Ruangan yang terlalu sedikit oksigennya, akan membuat mata dan pikiran menjadi lesu alias mengantuk. Selain itu, pencahayaan alami yang masuk ke ruangan, akan memperjelas tulisan pada buku yang kita baca.

Tiga, kenyamanan ruang belajar juga ditentukan oleh warna cat yang digunakan pada dinding.
Penggunaan cat dinding harus bisa memberikan kenyamanan mata serta harus tampak bervariasi, sehingga memberikan kesan dinamis. Hal ini akan membantu kita dalam meminimalisir kejenuhan saat ada di dalam kamar.
Dalam hal ini, kita bisa menggunakan cat dengan warna biru muda, merah muda,  hijau muda, atau krem. Hindari memilih warna yang terlalu memantulkan cahaya, misalnya warna emas, karena akan membuat mata mudah lelah.
Jika ruangan terlalu sempit, sebaiknya pilihlah cat dengan warna terang dan muda. Untuk warna plafon, pilihlah warna yang lebih muda daripada warna tembok. Sehingga membuat plafon tampak lebih tinggi dan memberikan kesan lapang terhadap ruang belajar.

Empat, tentukan letak barang-barang atau alat yang ingin di letakkan dalam ruang belajar.
 Barang-barang itu seperti meja, lemari, dan furniture lain yang diperlukan dalam sebuah ruangan. Buatlah penataan sebaik mungkin sehingga membuat ruangan tampak lapang, kalau bisa tampak unik. Kelapangan itu dibutuhkan, karena berpengaruh pada kenyamanan.

Kelima, setelah semuanya siap, kini saatnya melihat sisi ruang mana yang bisa dibuat lebih nyentrik.
Misalnya, jika ruangan belajar tersebut terdapat jendela kaca yang lumayan besar, maka cobalah meletakkan beberapa pot bunga yang mudah merawatnya. Seperti misalnya bunga kaktus, dan bunga-bunga menarik lainnya. Bunga-bunga tersebt akan memberikn kesan alami dan tenang dalam ruangan.

Keenam, ruang belajar selayaknya menjadi tempat yang penuh inspirasi.
Karena itu, dalam ruang belajar, kita perlu melakukan hal-hal yang dapat memacu semangat dan motivasi untuk menjadi semakin baik. Seperti memajang foto kita bersama orang tua atau keluarga, foto-foto orang-orang inspiratif, atau bisa juga menghias tembok dengan aneka hiasan tembok dengan kertas origami. Hal itu akan sanga berguna dalam mamacu semangat serta menyuntikkan motivasi. Setiap orang selalu memiliki dunianya sendiri, dan hanya dia sendirilah yang mampu memaknai serta menikmatinya dengan baik.

Sumber:
Helmawati. (2014). Pendidikan Keluarga Teoretis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Bahar, Khalifi Elyas, (2011). Pintar Tanpa Payah. Yogyakarta: Flashbooks

gambar: cara-menata-ruang-belajar 'ruang-inspiratif-dan-yaman' (google)



  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Menata Ruang Belajar 'Ruang Inspiratif dan Nyaman' Rating: 5 Reviewed By: winnie-winnierdab