728x90 AdSpace

Latest News
Sunday, March 25, 2018

Cara Mengenali Penyakit Sariawan pada Bayi

Oral trush merupakan sebuah keadaan dimana lapisan atau terdapat bercak-bercak putih kekuningan yang timbul di lidah yang mungkin dikelilingi oleh daerah kemerah-merahan.
Orul trush jika di kedupan sehari-hari biasa disebut dengan “sariawan”. 


Sebenarnya, sariawan atau lapisan bercak tadi bisa saja dibersihkan atau bisa juga diusap, namun dapat mengakibatkan adanya peninggalan daerah kemerahan yang akan mudah berdarah. bentuk sariawan pada bayi (neonatus) akan seperti vesikel atau seperti bulatan kecil, dengan warna putih atau kekuningan, awalnya bisa saja hanya berukuran 1-3 mm, namun kemudian ia akan berkembang membentuk selaput.

 Jika selaputnya mengikis, maka akan terlihat seperti berlubang/ulkus.[1]
Penyakit ini akan ditandai dengan plak-plak putih dari bahan yang lembut seperti halnya gumpalan susu yang dikelupas.

Pada umumnya, penyakit ini disebabkan oleh jamur caldid albicans yang ditularkan melalui vagina ibu yang terinfeksi selama persalinan terjadi (saat bayi lahir), atau bisa juga karena transmisi melalui botol susu atau putting susu yang tidak bersih, atau hal ini juga bisa diakibatkan oleh tindakan cuci tangan yang tidak bersih.  Biasanya oral trush atau sariawan ini terjadi ketika umur bayi 7-10 hari setelah persalinan terjadi. 


Jamur candida albicans memiliki sifat saprofit sehingga jika daya tahan bayi pada pengguna antibioksida menurun, maka dapat menyebabkan pertumbuhan jamur ini secara cepat dan dapat menimbulkan infeksi berupa sariawan atau oral trush dan diare, sehingga apabila penggunaan antibioksida terhadap bayi yang berusia di bawah 1 tahun, akan mengakibatkan sariawan atau oral trush menetap atau permanen. 


Maka dari itu, melihat berbagai definisi dan akibat yang ditimbulkan oleh beberapa tindakan yang kurang benar, artikel ini akan membahas mengenai cara untuk mengetahui gejala oral trush itu sendiri. Berikut ini penjelasannya, 

1.       Perhatikan mulut bayi. Apabila pada mulut bayi terlihat bercak keputihan seperti bekas susu yang sulit dihilangkan, maka hal itu menunjukkan tanda atau gejala bahwa bayi mengalami penyakit oral trush. 

2.       Perhatikan penolakan bayi terhadap minuman yang diberi. Jika bayi yang tekena gejala ini, maka ia akan menolak untuk minum susu atau menyusu. 

3.       Masih mengamati mulut bayi. Jika mukosa mulut pada bayi mengelupas. 

4.       Perhatikan selaput lendir mulut bayi. Seorang bayi yang terkena penyakit ini akan ada lesi multiple atau terdapat luka-luka yang banyak di selaput mulutnya sampai membuat bibir bayi memutih menyerupai bekuan susu yang melekat, apabila berusaha dihilangkan, maka ia akan berdarah. 

5.       Adanya lesi berbenjol kecil, hal ini apabila sudah kronis, maka secara otomatis akan terjadi granulomatosa yang menyerang sejak bayi sampai anak-anak, yang dapat saja berlangsung lama, hingga beberapa tahun juga akan menyerang kulit anak. [2]

Gejala ini biasanya sulit ditandai atau dilihat oleh ibu-ibu pada bayi, karena sanga bayi belum dapat berbicara sehingga tidak bisa mengungkapkan rasa sakitnya. Gejala lain pada oral trush ini ialah suhu badan bayi meninggi hingga 40 derajat Celsius, bayi akan banyak mengeluarkan air liur tidak seperti biasanya, dan secara psikis ia akan rewel, tidak amu makan atau minum, dan terus menerus gelisah, hal ini dikarenakan jamur atau kuman pada lidahnya atau mulutnya. [3]

cara-mengenali-penyakit-sariawan-pada-bayi

 
Sumber Gambar : Google
Refernsi
  Ai Yeyeh Rukiyah dan Lia Yulianti. 2010.  Asuhan Neonatus, Bayi, dan Anak Balita. TIM.  Jakarta
 Dwi Maryanti, dkk. 2011. Buku Ajar Neonatus, Bayi, danBalita. TIM. Jakarta


[1] Ai Yeyeh Rukiyah dan Lia Yulianti, Asuhan Neonatus, Bayi, dan Anak Balita, (Jakarta: TIM 2010), hlm. 136
[2] Dwi Maryanti, dkk, Buku Ajar Neonatus, Bayi, danBalita, ((Jakarta: TIM 2011), hlm. 90
[3] Ai Yeyeh, ibid. hlm. 136

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Mengenali Penyakit Sariawan pada Bayi Rating: 5 Reviewed By: Anita aa