728x90 AdSpace

Latest News
Friday, March 16, 2018

Cara Mengetahui Manfaat Rawat Gabung antara Ibu dan Bayi

Rawat gabung ialah sebuah system perawatan seorang ibu dan anak secara bersama-sama atau pada tempat yang berdekatan, sehingga sewaktu-waktu dimugkinkan setiap waktu ibu tersebut dapat menyusui anaknya. [1]

Dalam pendapat lain, yang dimaksud dengan rawat gabung ialah suatu cara perawatan bayi yang baru lahir, diletakkan di sebuah tempat yang berdekatan secara langsung dengan ibunya selama 24 jam perharinya, sehingga bayi yang sedang dirawat dapat dijangkau oleh ibunya dengan mudah. 
Rawat gabung yang dilakukan antara anak dan ibunya bermaksud agar bayi sesegara mendapatkan kolostrus (Asi Eksklusif/ pertama), dapat meningkatkan hubungan antara anak dan ibu agar lebih dekat dan penuh kasih sayang, perangsangan Asi oleh si ibu menjadi optimal. [2]

Jika dijadikan beberapa poin penting, mengenai beberapa tujuan dilakukannya rawat gabung ialah 4 tujuan. 


1.       Bantuan emosional antara Anak dan ibunya
Seorang ibu yang sudah mengandung selama 9 bulan, lalu melahirkan, melakukan proses persalinan, tentu merasakan sebuah kelelahan yang sangat luar biasa, namun senangnya jauh lebih banyak ketimbang lelahnya, dan yang selalu dirasakan oleh si ibu setelah melahirkan adalah bahagia dan selalu ingin dekat dengan bayinya.

Pada awal-awal kelahiran, tentu sangat penting ditumbuhkan hubungan antara ibu dan anak, agar anak tersebut mendapatkan kehangatan, kelembutan dan kasih sayang ibunya. 

2.       Penggunaan Asi
Dari segala macam merk susu yang baik untuk bayi, maka tidak akan ada yang dapat menggantikan posisi Asi sebagai makanan terbaik, ditimbang dari sudut manapun itu. 
Produksi Asi pada ibu yang baru saja melahirkan akan semakin cepat, dan semakin banyak jika ibu tersebut menyusui ankanya dengan segera dan sesering mungkin.
Oleh karena itu, hal ini dimungkinkan dilakukannya rawat gabungan. 

3.       Pencegahan Infeksi
Ketika perawatan antara anak dan ibu dipisah, maka hal ini akan menjadikan infeksi silang sangat sulit untuk diatasi. Dengan dilakukannya rawat gabungan, maka infeksi silang akan sangat mudah dihindari. Kolostrum yang mengandung antibiotic dalam jumlah melimpah, akan melapisi seluruh permukaan mukosa dari saluran cerna bayi kemudian diserap oleh bayi sehingga bayi akan memiliki system kekebalan tubuh yang tinggi, dan kekebalan yang dimilikinya tentu akan mencegah adanya infeksi trauma diare. 

4.       Pendidikan Kesehatan
Pada saat dilakukan rawat gabungan, maka akan menjadi pendidikan kesehatan bagi ibu, terutama primipara. Adanya keinginan ibu untuk bangun, kemudian menggendong bayinya, dan merawat dirinya maka akan membantu dalam mempercepat mobilisasi, sehingga ibu akan lebih cepat pulih dari persalinan.[3]

Mengenai cara penatalaksanaan rawat gabung, ia bisa dilakukan di beberapa tempat dan tentu dengan cara yang berbeda, bisa dilakukan di poliklinik kebidanan, di kamar bersalin, di ruangan perawatan, di ruangan poliklinik/ruang rawat jalan. Maka, untuk mengetahui lebih jelas mengenai cara penatalksanaan rawat gabungan ini, akan dibahas pada artikel setelahnya. 

Tidak hanya itu, nanti akan dibahas pula mengenai kontraindikasi, yakni mengenai beberapa sebab tidak diperkennakannnya dilakukan rawat gabung antara si ibu dan bayinya.
  sumber gambar : Google slideshare
__
Referensi
Dwi Maryanti, dkk. Buku Ajar Neonatus, Bayi dan Balita. Trans Info Media
 Ai Yeyeh Rukiyah, dkk. Asuhan Neonatus, Bayi dan Balita. Trans Info Media



[1] Dwi Maryanti, dkk. Buku Ajar Neonatus, Bayi, dan Balita. Hal. 25

[2] Ai Yeyeh Rukiyah, dkk. Asuhan Neonatus, Anak, dan balita. Hal. 47
[3] Dwi Maryanti, dkk. Buku Ajar Neonatus, Bayi, dan Balita. Hal. 26

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Mengetahui Manfaat Rawat Gabung antara Ibu dan Bayi Rating: 5 Reviewed By: Anita aa