728x90 AdSpace

Latest News
Sunday, March 25, 2018

Cara Mengetahui Penyebab Oral Trush dan Cara Mengupayakan agar Tidak Terkena Penyakit Oral Trush

Setelah membahas mengenai cara mengetahui gejala penyakit oral trush atau sariawan, maka pada rtikel kali ini akan dibahas mengenai cara mengetahui penyebab oral trush dan cara menupayakan agar tidak terkena penyakit oral trush. 

Pertama kali yang akan dibahas adalah mengenai penyebabnya. Secara umum, penyebab terjadinya oral trush pada bayi ada 3, pertama ialah dengan mengecek makanan atau miniman, kedua dengan melihat traumatic, dan terkahir zat kimia. Berikut ini penjelasannya. 

1.       Mengecek makanan pada bayi.

Mengetahui ketahanan dan kukuatan seorang bayi adalah hal yang dasar, namun tidak semua menyadarinya.  Hal spele ini dapat dilihat dari ketahananan mulut seorang bayi yang belum sekuat orang dewasa. 

Jadi, berhati-hati saat membuat makanan dan minuman untuk si kecil atau bayi adalah keharusan. Maka, selalu periksa keadaan suhu makanan atau minumannya, panas atau sudah cukup hangat untuk diterima oleh sikecil. Salah satu penyebab terjadinya oral trush pada bayi adalah adanya makanan/minuman yang terlalu panas. 

2.       Traumatic

Hal ini dapat diartikan sebagai adanya luka pada anak yang disebabkan sesuatu, bisa itu dikarenakan gusinya tergigit atau terkena dot yang terlalu keras. Karena kejadian luka pada bayi dapat mengakibatkan ketidaknyamanan bayi yang diakibatkan oleh giginya yang baru tumbuh.

Gesekan dot yang berkontur atau berbahan agak kasar serta terbuat dari karet yang keras juga sebenarnya dapat memungkinkan terjadinya sariawan. Jadi, alangkah baiknya jika si bayi diberikan dot yang terbuat dari bahan lunak dan lentur seperti silicon. 

3.       Zat kimia

Penggunaan obat-obatan yang terlalu lama pada bayi juga dapat menyebabkan sariawan, meski mengonsumsi obat untuk menyembuhkan vlek pada paru-parunya.
Zat kimia yang dikandung oleh obat memiliki sifat asam, maka apabila tersisa di mulut dapat memicu sariawan dikarenakan proses pengasaman tersebut akan mengundang datangnya bakteri. 

Alangkah baiknya jika setelah bayi minum obat, ibu memberikannya minum air putih untuk menghilangkan sisa-sisa obat, dan agar sisa obat tersebut tidak menempel di gusi maupun dinding mulut. [1]

Adapun upaya yang bisa dilakukan agar oral trush tidak terjadi pada bayi adalah dengan :

1.       Mencuci bersih botol dan dot susunya, kemudian diseduh dengan air mendidih atau bisa juga direbus sampai mendidih (jika botol dot tersebut tahan direbus), sebelum digunakan. 

2.       Memeriksa untuk membedakan antara sariawan dari becak susu yakni dengan mengorek lidah bayi secara lembut, apakah bercak putih tersebut mudah dilepas atau tidak, karena jika mudah dilepas berrti itu bukanlah oral trush, sementara jika sukar maka itu adalah oral trush.

3.       Mengolesi bercak sariawan pada bayi dengan larutan nistatin oral atau gentian violet 0,5 % 4 kali dalam sehari. Hal ini dilanjutkan sampai lesi mengilang. 

4.       Ibu bisa mengolesi payudara dengan krim nistatin atau larutan gestian violet 0,5 % setiap kali setelah menyusui. [2]


Upaya lainnya untuk menghindari terjadinya oral trush pada bayi ialah dengan memberikannya mainan yang dapat digigit-gigit, sehingga rasa tidak nymana bayi tersebut dapat berkurang. 

cara-mengetahui-penyebab-oral-trush-dan-cara-mengupayakan-agar-tidak-terkena-oral-trush



Sumber Gambar : Google
  Referensi :
Ai Yeyeh Rukiyah dan Lia Yulianti. 2010.  Asuhan Neonatus, Bayi, dan Anak Balita. TIM.  Jakarta
 Dwi Maryanti, dkk. 2011. Buku Ajar Neonatus, Bayi, danBalita. TIM. Jakarta




[1] Ai Yeyeh Rukiyah dan Lia Yulianti, Asuhan Neonatus, Bayi, dan Anak Balita, (Jakarta: TIM 2010), hlm. 137

[2] Dwi Maryanti, dkk, Buku Ajar Neonatus, Bayi, danBalita, ((Jakarta: TIM 2011), hlm. 92

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Mengetahui Penyebab Oral Trush dan Cara Mengupayakan agar Tidak Terkena Penyakit Oral Trush Rating: 5 Reviewed By: Anita aa