728x90 AdSpace

Latest News
Friday, March 30, 2018

Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak


Howard Gardaner dalam bukunya Multiple Intelligences oleh Isnawati menyatakan bahwa sedikitnya terdapat delapan kecerdasan pada manusia, yaitu
1.      Kecerdasan linguistik atau bahasa
2.      Kecerdasan matematis logis
3.      Kecerdasan visual
4.      Kecerdasan musical 
5.      Kecerdasan kinestetik jasmani
6.      Kecerdasan interpersonal, dan
7.      Kecerdasan naturalis

Melihat banyaknya potensi tersebut, tugas orang tua dan pendidiklah yang harus mempertahankan hingga mereka tumbuh dewasa. Langkah awal yang perlu dilakukan orang tua dan pendidik adalah memberikan stimulus yang baik untuk merangsang dan mengoptimalkan fungsi otak dan kecerdasan anak.

Dalam pendidikan anak, peran orang tua tidak dapat tergantikan dan rumah merupakan basis pendidikan utama anak. Kita harus aktif dalam memberikan stimulus yang mendukung. Namun kita tidak boleh mekakukan paksaan ataupun tekanan. Akan lebih bagus apabila stimulus-stimuus ini diberikan dalam bentuk permainan-permainan.

Saat anak balita bermain pasir, sesungguhnya ia sedang menghidupkan otot tangannya untuk melatih motorik halusnya sehingga kelak anak mampu memegang pensil, menggambar, dan lain-lain.
Untuk membangun suasana rumah tangga yang edukatif, ada beberapa langkah yang bisa ditempuh.

1.      Letakkan Buku Diatas Meja
Jika memiliki anak yang masih kecil dan belum mampu berbicara benar tetapi sudah bisa berjalan, Anda perlu menyediakan meja khusus yang diisi dengan aneka buku-buku sehingga bisa menarik perhatian mereka.

Jangan memaksanya untuk berhitung atau menguasai pelajaran lainnya. Pada saat itu, tugas Anda sebagai orang tua hanyalah merangsang ketertarikan anak pada buku.
Sejak kecil mereka sudah tidak asing dengan buku. Kebiasan ini pada akhirnya akan terus melekat hingga mereka dewasa.

2.      Memilih Satu Buku Untuk Anak
Menentukan buku apa yang harus disediakan hanya bisa Anda lakukan jika anak Anda sudah benar-benar bisa bicara. Jika Anda menginginkan anak Anda pandai matematika, sediakanlah buku-buku itu lebih banyak dari yang lain. Demikian halnya jika Anda menginginkan mereka menguasai bidang-bidang pelajaran lainnya.
Pada saat usia mereka masih kecil, Anda tidak harus menyediakan buku-buku yang berat. Hal ini hanya akan membuat mereka cepat jenuh. Pilihlah buku yang mempunyai banyak ilustrasi gambar menarik.

3.      Sediakan Papan Tulis Kecil
Papan tulis kecil atau white board dapat menjadi alat yang mampu menstimulasi anak agar mencintai suatu hal. Dengan menggunakan papan tulis kecil, Anda bisa menggambarkan bentuk binatang, bunga, buah, pohon, dan semua hal yang sekiraya sudah mereka kenal.
Anda bisa menerapkan metode ini terutama ketika anak sudah dapat berbicara agak lancar.


peran-orang-tua-dalam-pendidikan-anak-(google)
4.      Gunakan Waktu Luang Untuk Membaca
Menggunakan waktu luang untuk membaca merupakan rangsangan paling efektif untuk anak. Tentu Anda sudah tahu, kalau anak selalu meniru kebiasan yang dilakukan orang tuanya. Interaksi yang berlangsung setiap hari antar anak dengan orang tua menjadi pegalaman menarik bagi anak.

Jika Anda ingin anak Anda senang membaca maka Anda juga harus terbiasa membaca di depan anak. Membaca majalah, koran, buku, atau mengerjakan pekerjaan di rumah dapat membuat anak terbiasa dengan dunia membaca.



Waktu luang yang sangat berharga, lewati itu dengan menjalin keakraban dengan anak dan keluarga Anda.

Ketika Anda bersantai membaca buku ajaklah anak Anda untuk bersama-sama membaca apa yang sedang Anda baca. Cobalah berbagi dengan anak Anda. Buatlah ia terkesan dengan buku itu, buatlah cerita-cerita rekaan atau dongeng yang seakan-akan ada di dalam buku yang Anda baca. Anak akan terbiasa berhadapan dengan buku. Ia tertarik dengan cerita Anda dan ia juga akan tertarik dengan buku berisi cerita.


Sumber:
Isnawati, Nrurlaela. (2009). Membuat Anak Pintar Berhitung Hanya Dalam 30 Hari!. Yogyakarta: Garailmu
Helmawati. (2014). Pendidikan Keluarga Teoretis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Gambar: google

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Peran Orang Tua dalam Pendidikan Anak Rating: 5 Reviewed By: winnie-winnierdab