728x90 AdSpace

Latest News
Thursday, April 26, 2018

Cara Mengatasi Bisul pada Anak

Bisul merupakan sebuah peradangan yang berisi nanah dekat dengan permukaan kulit yang disebut denganpustual. Kulit di atas radang tersebut sangat tipis, sehingga nanah yang ada di dalamnya sangat mudah untuk mengalir keluar. Bisul, biasanya lebih dalma tempatnya, dan biasanya awal – awal akan tumbuh di tempat tumbuhnya rambut. 


Penyebab tumbuhnya bisul harus diketahui terlebih dahulu. Beberapa teori mneyebutkan bahwa pencetus alergi dapat disebabkan oleh zat yang disebut dengan allergen yang biasanya terdapat pada makanan tertentu yang dapat mengakibatkan alergi tersebut, antara lain adalah telur, susu, udang dan makanan lainnya.

 Untuk mnegatasi terjadinya alergi maka dianjurkan untuk menghindari makanan yang dapat mengakibatkan bisul tersebut. Dapat juga dengan mengkonsumsi makanan tersebut dengan jumlah sedikit demi sedikit, sehingga tubuh dapat menyesuaikan dan beradaptasi dengan makanan tersebut.  

Kandungan padae telur adn susu sebagian besar mengandung zat protein. Makanan tidak akan menyebabkan bisul, akan tetapi akibat dari reaksi anti bodi tubuh terhadap makanan yang menagndung zat alergen. Manifestasi dari hasilreaksi di dalam tubuh tersebut ialah gatal – gatal di permukaan kulit yang bentuknya bisa saja bentol – bentol atau bercak – bercak atau bintik –bintik. Apabila digaruk, maka akan menyebabkan infeksi, apabila hygiene tidka baik maka bakteri akan masuk ke dalam tubuh dan muncullah bisul. 


Pengertian lain dari bisul ialah infeksi kulit yang meliputi seluruh folikel rambut dan jaringan subkutaneus di sekitatarnya yang disebabkan oleh bakteri stafilokkokus, akna tetapi bisa juga disebabkan oleh jamur atau bakteri lainnya. Biasanya, paling sering ditemukan di daerah leher, payudra, wajah, dan juga bokong. Bisul akan sangat terasa nyeri ketika berada di sekitar hidung, atau telinga, dan jari – jari tangan. 


Bisul bisa saja pecah secara spontan atau dipecahkan dan mengeluarkan nanahnya, kadang juga mengandung sedikit darah, bisa disertai dengan nyeri sedikit atau ukuran sedang. Kulit di sekitar bisul akan memerah dan tampak meradang, kadang disertai demam, lelah, dan tidak enak badan. 


Cara pentalaksanaan bisul ialah : dalam beberapa hari, coba ibu – ibu menutup bisul dengan kain yang kering. Kain kering ini dimanfaatkan untuk mengetahui apakah nanah yang terdapat di dalam dapat mengalir atau tidak. Kompres hangan dapat mempercepat keluarnya nanah dengan celupan satu buah potong kain ke dalam air panas, lalu diletakkan ke atas bisul.


 Apabila sudah dingin, maka celupkan kain yang tadi ke air panas, lakukan hingga beberapa kali. Tetapi harus tetap hati – hati, jangan sampai air yang digunakan terlalu panas sehingga kulit anak bisa terbakar. 


Bisul yang ada tidak boleh dipijat, sebab hal tersebut akan membantu menjalarnya kuman – kuman yang akan menembus daerah sekitarnya. Jika di sekitar bisul terdapat selulis yang meluas, atau jika terdapat banyak bisul, maka bisul pada anak dapat diberi obat dengan penisislin. Jangan menggunakan sulphadimine untuk mengobati bisulnya, kecuali jika lukanya telah terbuka dan nanahnya telah mengalir keluar.

 Ibu – ibu bisa memberikan lebih banyak bubuk Kristal kalium permanganate untuk mencuci luka – luka bayinya. Tindakan yang ini dapat mencegah persebaran kuman – kuman yang tersu menjalar terus di kulot bayi dan menyebabkan timbulnya bisul baru. 

Maka dari itu, apabila bisul pada bayi sudah banyak, maka langkah yang tepat sebagai pengobatan adalah dengan mengoleskan obat penisilin. 

cara-mengatasi-bisul

Gambar : Google
Referensi 
Ai yeyeh, dkk. Asuhan neonatus, bayi, dan balita
Dwi maryanti, dkk. Buku ajar neonatus, bayi, dan balita
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Mengatasi Bisul pada Anak Rating: 5 Reviewed By: Anita aa