728x90 AdSpace

Latest News
Wednesday, April 4, 2018

Cara Menstimulasi Otak Kiri Anak




Sekali lagi saya ingin menjelaskan betapa pentingnya peranan orang tua dalam melatih dan mendidik anakmya sejak mereka masih berusia dini. Kemampuan anak dalam berhitung, apalagi berhitung cepat, sangat ditentukan oleh kemampuan maksimal otak kirinya. Kecerdasan orak kiri biasanya akan menjadikan seseorang cerdas secara logika, rasional, mampu menganalisis, dan menyelesaikan masalah secara objektif.

Ada beberapa langkah atau sikap yang perlu Anda bangun untuk menstimulasi otak kiri pada anak dalam kehidupan keluarga. Sikap-sikap itu antara lain adalah sebagai berikut.

A.    Selesaikan Masalah Secara Teknis
Suatu ketika anak Anda melakukan kesalahan dirumah, misalnya menumpahkan makanan di lantai. Anak Anda bahwa menjadikan makanan sebagi mainan dan mengotori lantai merupakan suatu hal yang tidak seharusnya mereka lakukan. Bagaimana sikap Anda menghadapi kejadian itu untuk merangsang otak kiri?

Pertama kali yang harus anda lakukan adalah mengingatkannya agar jangan sampai melakukan hal serupa. Selain itu Anda juga harus menjelaskan apa akibatnya jika lantai kotor oleh makanan. Katakana dengan jelas apabila ada kotoran di lantai akan mengundang lalat. Lalat yang mengandung penyakit akan hinggap pada makanan.

Jelaskan dengan detail dan rasional salah satu penyebab timbulnya penyakit yang disebabkan oleh lalat tersebut. Jangan sekedar jika ada kotoran di lantai kita akan terserang penyakit, hal ini tidak cukup kuat untuk melatih otak kiri anak menjadi cerdas.

cara-menstimulasi-otak-kiri-anak-(google)


B.     Perjelas Urusan Keuangan Anda dengan Anak
Ada baiknya jika Anda memberikan uang jajan kepada anak disertai dengan sebuah penjelasan. Katakana misalnya “Adik harus membeli makanan yang mengenyangkan.” Atau Anda juga dapat mengatakan, “Adik harus menghabiskan uang ini sekian dan sekian. Sisanya harus dikembalikan kepada Ibu untuk membeli ini dan itu atau ditabung.” Dengan begitu anak akan berfikir efektif dan mendapatkan stimulasi untuk tidak semena-mena menggunakan uang.

Ada beberapa eksperimen  yang bisa Anda lakukan untuk merangsang otak kiri anak Anda.
1.      Pada Usia 4-5 Tahun
Biasaya pada usia ini sudah mengetahui kegunaan uang meski mereka belum dapat menghitungnya. Mereka hanya mampu mengetahui bahwa dengan uang mereka bisa membeli jajan. Maka dari itu berikalah uang paa  ketika ia akan meminta untuk membeli jaajn. Katakana pada mereka jumlah uang yang Anda berikan. “uang ini seribu rupiah, adik bis menggunakannya untuk membeli roti”.

2.      Pada Usia 5-6 Tahun
Saat usia mereka memasuki 5-6 tahun Anda bisa memberikan penjelsan lebih detail tentang keuangan mereka. Di sini, yang perlu Anda lakukan adalah memberikan pengarahan sekaligus mengontrol mereka dalam menggunakan uang sakunya. Anda bisa mengatakan, “Ibu akan memberi Adik uang lima ribu, tetapi nanti Adik harus mengembalikan tiga ribu kepada Ibu, ya.”

Memberikan syarat berkenaan dengan uang akan mengajari mereka berhati-hati dalam menggunakan uang. Secara tidak langsung latihan seperti itu justru akan mengajari anak untuk berpikir tentang efektivitas dari penggunaan uang itu.

C.    Sarapan Tepat Waktu
Membiasakan diri sarapan tepat waktu dapat membantu otak kiri Anda, terutama anak-anak Anda agar berperan lebih aktif. Hubungan antara sarapan tepat waktu dan kecerdasan otak kiri terletak pada adanya perhitung-perhitungan matematis yang bisa dihasilkan dengan melaksanakan aktivitas itu. beberapa kegiatan lain yang bisa merangsang otak kiri yang itu seperti dengan cara mengajari mereka agar selalu menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.

D.    Buatlah Rencana-rencana Praktis
Suatu waktu Anda harus merencanakan liburan bersama. Untuk merangsang kerja otak kiri mereka agar lebih aktif, libatkan mereka dalam merencanakan kegiatan liburan. Tanyakan apakah mereka lebih senang ke pantai, kebun binatag, hutan, pegunungan, atau museum dan sebagainya. Ketika ia mengajukan sebuah tempat, tanyakan alsan-alasan mengapa mereka memilih tempat itu. Mulailah dari rencana yang praktis-praktis saja sebagai latihan.





Sumber:
Isnawati, Nrurlaela. (2009). Membuat Anak Pintar Berhitung Hanya Dalam 30 Hari!. Yogyakarta: GarailmuHelmawati. (2014). Pendidikan Keluarga Teoretis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Gambar: google

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Menstimulasi Otak Kiri Anak Rating: 5 Reviewed By: winnie-winnierdab