728x90 AdSpace

Latest News
Saturday, April 14, 2018

Peran Orangtua Terhadap Aktivitas Anak



Melatih Anak Bertatakrama
Mengajarkan kepada anak mengucap salam perkenalan atau ucapan terimakasih adalah tindakan penting yang paling sederhana. Orang-orang yang meguasai tatakrama selalu lebih berhasil, mendapat banyak teman, mendapat pekerjaan. Mereka ciptakan hidup ini menyenangkan bagi setiap orang yang berada di sekitarnya.

Ø  Bayi umur tiga bulan adalah makhluk yang paling ramah. Dia tertawa riang menjawab setiap                sapaan, entah dari orangtua, muda, tampan, cantik, jelek, kenal maupun tidak dikenal.

Ini menjadi bukti bahwa manusia sejak lahir berbakat mencitai sesamanya, bukan membenci.

  Ø  Pada usia empat dan lima tahun anak-anak dari keluarga bahagia hampir seramah bayi tiga bulan.        Pada usia ini, kemampuan meniru orang yang disukai sangta kuat.

Kebiasaan orangtua, berbahasa, bargaul satu sama lain, sikap terhadap orang lain, terhadap anak itu sendiri termasuk di dalamnya. Dengan demikian, tanpa menyadari orangtua sudah mengajarkannya sepanjang hari.

peran-orangtua-terhadap-aktivitas-anak-google


Menyelesaikan Tugas Sehari-Hari
Yang penting bukan jumlah pekerjaan yang diselesaikan tetapi rasa ikut berkewajiban menyelesaikannya. Anak yang diberi tugas tertentu akan berkembang rasa tanggungjawabnya. Meski beberapa tugas lain menjadi terbengkalai orangtua tetap memberikan tugas-tugas kepada anak, pembentukan karakter adalah tujuan utamanya.

Pekerjaan yang harus dikerjakan tiap-tiap anak berbeda ditiap keluarga, dan itu juga disesuaikan pula dengan umur mereka, misalnya.
1.      Anak tiga tahun sudah bisa dimintai tolong mngambilkan  sapu.
2.      Kalau selesai bermain bisa membantu ibu mengemasi mainannya, karena dia belum bisa                       membereskannya sendiri.
3.      Anak sepuluh tahun bisa membersihkan halaman, jangan mengharapkan dia ingat terus                        kewajibannya itu tanpa diingatkan setiap kali.

Kata-kata dan nada suara orangtua ketika menyuruh atau mengingatkan besar pengaruhnya. Anak akan rajin membantu jika bantuannya dihargai. Tujuan anak ketika mengerjakan tidak sama dengan tujuan orang dewasa. Mereka hanya ingin melakukan yang dialakukan orangtuanya. Kerjasama telah dimiliki dasarnya oleh anak. Orangtua tinggal mengembangkannya dengan sabar.

Permainan Anak-Anak
Yang terbaik adalah yag bisa dibuatnya sendiri atau bisa dipergunakan untuk keinginannya. Keaktifan anak-anak dalam bermain atau mengutak-atik mainan bukan hanya mengembangkan ketrampilannya tetapi juga merupakan dasar pengembangan kreatifitas. Seperti permaian boneka pada anak-anak perempuan bisa merangsangnya menciptakan berbagai khayalan tentang hubungan anak dengan  orangtua, sekolah, petualangan serta peristiwa-peristiwa  di dalam keluarga.

Para Tetangga Dan Anak-Anak Mereka
Apa yang akan anda lakukan jika ada anak tetangga yang selalu bermain-main dengan alat-alat rumah? Bagaimana dengan anak-anak yang meninggalkan begitu saja mainan yang baru saja dipinjam dalam keadaan rusak?

Terkadang ada anak yang tidak diperlakukan sepantasnya dirumah mereka sendiri. Sehingga ia mencari teman dan datang kerumah teman-temannya, ketika disana ia merasa nyaman maka ia akan sering datang. Sesungguhnya hal itu menguntungkan dalam mendidik anak, terutama anak tunggal, untuk menyesuaikan diri dengan banyak orang. Selain itu anda bisa mengawasi dengan siapa anak anda bermain dan apa saja yang mereka lakukan.

Oleh karena itu anda perlu membuat beberapa peraturan yang mungkin bisa merupakan tindakan preventif.  Misalnya membuat ketentuan bahwa anak-anak baru boleh bermain pada jam 9.00 jika tugas-tugas mereka  telah selesai. Tidak di kehendaki ada teman datang sebelum itu. anak-anak kecil harus pulang pada jam 17.00 dan pada saat itu semua temannya diharap pulang.

Kadang-kadang ada tetangga yang selalu mengkritik cara anda memperlakukan anak. Diam saja, katakan bahwa anda memahami maksudnya. Buat mereka mengerti bahwa anda punya cara sendiri dan menghargai usul yang disampaikannya. Setiap orang menghargai kata-kata yang simpatik.


Sumber:
Norr Maryam. (1991). Orangtua Permasalahan dan Upaya Mengatasinya. Terj. Spock Benyamin. Problems of parents. Semarang: effhar & dahara prize
Helmawati. (2014). Pendidikan Keluarga Teoretis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Gambar: google

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Peran Orangtua Terhadap Aktivitas Anak Rating: 5 Reviewed By: winnie-winnierdab