728x90 AdSpace

Latest News
Wednesday, May 16, 2018

Cara Membantu Anak Membaca Tahap ke-2 dan ke-3


Jika anak Anda sudah mempelajari kata-kata yang ada di dalam rumah, dia sudah siap untuk maju ke tahap berikutnya.

TAHAP KE DUA - Gabungan Dua Kata
Bila anak telah diperkenalkan pada kata-kata tunggal, maka dia sudah siap untuk menggabungkan kata-kata itu dan membuat gabungan dua kata. Ini adalah langkah penting dari kata tunggal ke gabungan kata-kata yang membentuk kalimat. Gabungan dua kata merupakan jembatan dari tahap membaca yang paling dasar yaitu kata tunggal ke tahap berikutnya yaitu kalimat.

Sekarang Anda bisa meninjau kembali perbendaharaan kata anak Anda dan menentukan gabungan kata-kata yang bisa digunakan dengan kata-kata yang sudah diajarkan.
Satu kelompok kata yang sangat membantu dan mudah untuk diajarkan adalah warna-warna dasar:
  
                                  merah                      biru                          hitam

                                  ungu                        kuning                     hijau

Anda lalu menyebut kata-kata itu dan menunjuk warnanya. Anak-anak kecil belajar warna dengan sangat cepat dan mudah, dan dengan bersemangat akan menunjuk warna-warna itu dimanapun mereka berada. Setelah mengenal warna dasar, ada sejumlah warna lain yang lebih sulit untuk diajarkan seperti nila, biru langit, hijau muda, hijau tua, emas, perak, dan sebagainya.
Setelah mengenalkan warna-warna sederhana ini, Anda bisa membuat gabungan kata-kata yang pertama, misalnya:

                       pita merah                         langit biru                      rambut hitam
                    
                       anggur ungu                      baju kuning                   daun hijau

Gabungan kata-kata ini akan mudah dipahami anak yang sudah mengenal kata-kata itu sebagai kata tunggal. Gabungn kata-kata itu terdiri dari dua unsur dasar yang disukai anak. Hal ini sangat menarik baginya karena dia bisa mengerti arti kata-kata yang baru.
Tunjukkan setiap kelompok kata ini tiga kali sehari kepada anak Anda selama lima hari (atau kurang). Setelah lima hari, singkirkan satu gabungan kata dari setiap kelompok dan tambahkan satu gabungan kata baru dalam setiap kelompok dan singkirkan sebuah kata lama setiap harinya, persis seperti sebelumnya.

Setelah Anda melalui langkah ini, Anda akan membutuhkan adanya kata sifat. Kata sifat paling mudah jika diajarkan berpasang-pasangan dengan lawan katanya.
cara-membantu-anak-membaca-tahap-ke-2-dan-ke-3

TAHAP KE TIGA Kalimat Sederhana
Sangat mudah melangkah dari gabungan dua kata ke kalimat. Untuk itu, kita akan menambahkan kata kerja ke gabungan dua kata dan membuat sebuah kalimat pendek yang sangat mendasar.

                                    mama sedang memasak
 




Ada cara yang bagus untuk mengajarkan ungkapan sederhana ini. 
    1.     
            mama
 
Gunakan kartu-kartu dengan kata tunggal yang telah Anda buat sebelumnya, lalu buatlah beberapa kartu dengan kata “sedang.” Duduklah dan pegang lima nama orang atau binatang, lima kartu dengan kata “sedang”, dan lima kartu dengan kata kerja. Ambil satu kartu dari setiap kelompok dan bentuklah sebuah kalimat. Bacakan klimat itu kepada anak Anda.
                                                                      sedang
 
                                                                                                           masak
 
 



Sekarang biarkan dia memilih satu kata dari setiap kelompok dan buatlah sebuah kalimat. Bacakan kalimat itu kepadanya, setelah itu buatlah tiga sampai lima kalimat bersama-sama. Setelah itu, singkirkan kartu tersebut. Anda bisa melakukan permainan ini sesering yang diinginkan anak Anda. Gantilah kata benda dan kata kerjanya agar permaianan tetap menyenangkan.

     2.      Dengan menggunakan kartu Anda yang kira-kira berukuran 10 x 50 cm, buatlah satu kelompok kata yang terdiri dari lima kalimat. Kurangi ukuran huruf-hurufnya agar satu kartu bisa membuat tiga atau empat kata. Sekarang buatlah huruf-huruf yang ukurannya lebih kecil. jangan menulis kata-kata itu terlalu berdekatan, berilah jarak yang cukup diantara setiap kata. Perlihatkan kartu itu kepada anak Anda sebanyak tiga kali setiap hari.

      3.      Buatlah sebuah buku berisi kalimat-kalimat sederhana, terdiri dari lima susunan kata-kata dengan gambar sederhana untuk setiap ungkapan. Jika kertas karton Anda berukuran kira-kira 50 x 70 cm, potonglah kertas itu menjadi empat untuk membuat halaman buku berukuran 25 x 35 cm. Pisahkan halaman untuk tulisan dan gambar. Dengan demikian Anda bisa membuat buku harian pertama untuk anak Anda.

 sumber:
Grace Satyadi. 2006. bagaimana mengajar bayi anda membaca sambil bermain. terj. Doman, Glenn J. how to teach tour baby to read. 1964
Helmawati. (2014). Pendidikan Keluarga Teoretis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya  
gambar: google


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Membantu Anak Membaca Tahap ke-2 dan ke-3 Rating: 5 Reviewed By: winnie-winnierdab