728x90 AdSpace

Latest News
Tuesday, May 22, 2018

Cara Membantu Anak Membaca Tahap ke-4 dan ke-5


TAHAP KEMPAT - Kalimat Panjang

            Setelah anak mampu membedakan kata-kata tunggal, kini ia siap untuk mempelajari kalimat yang menyatakan pemikiran yang lebih lengkap. Jika kita bisa memahami hanya kalimat-kalimat yang pernah kita lihat dan baca sebelumnya, maka bahan bacaan kita pasti sangat terbatas. Harapan kita waktu membuka sebuah buku baru adalah menemukan apa yang tertulis di dalam buku ini yang belum pernah kita baca sebelumnya.
            Mengenali setiap kata dan menyadari bahwa kata-kata itu mewakili sebuah benda atau ide merupakan langkah dasar dalam belajar membaca. Mengenali kata-kata yang digunakan dalam sebuah kalimat merupakan suatu pemikiran yang lebih rumit dan langkah tambahan yang sangat penting.
            Kita sekarang bisa menggunakan prosedur dasar yang sama seperti waktu kita mulai membuat kalimat. Namun tidak lagi memilih lima kata benda dan lima kata  kerja untuk membuat kalimat sederhana seperti “mama sedang makan,” sekarang kita gunakan lima kata benda hingga menjadi kalimat “mama sedang makan sebuah pisang.”
Jadi, kita perlu beberapa kartu baru dengan kata-kata bantu, seperti “sebuah”, “di”, “itu”, dan lain-lain.
           
cara-membantu-anak-membaca-tahap-ke-4-dan-ke-5 (google)
Bila Anda telah membuat kalimat-kalimat dengan empat kata dan menggunakan ketiga metode yang dijelaskan dalam langkah ke tiga (kalimat), Anda bisa menambahkan seperti kata sifat dan keterangan yang akan membuat kalimat menjadi hidup:


       ibu sedang makan sebuah pisang kuning

    
                       



Jika Anda telah melakukan permainan “membuat kalimat” dengan anak Anda secara teratur, Anda akan tahu bahwa anak Anda senang membuat kalimat-kalimat yang aneh atau yang tidak masuk akal.

            Sayangnya pendidikan formal kita begitu kaku sehingga tanpa sadar kita menghindari hal-hal yang lucu dan humor dalam pengajaran kita. Kita sering diingatkan untuk tidak berlaku “bodoh” atau “bertindak aneh” sehingga kita menganggap bahwa perilaku seperti itu tidak boleh dilakukan bila kita sedang mengajar atau belajar.
Pertama, kecilkan sedikit ukuran hurufnya selama beberapa waktu. Setelah itu, baru tambahkan jumlah kata-katanya.
            Lakukan hal ini secara berangsur-angsur janganlah terlalu terburu-buru. Jika Anda mengecilkan hurufnya atau menambah jumlah kata-katanya terlalu cepat, maka Anda akan melihat bahwa perhatian dan minat anak Anda akan menurun. Jika hal ini terjadi, kembalilah ke ukuran huruf atau jumlah kata yang Anda gunakan sebelumnya dan minatnya pasti akan kembali. Bertahanlah pada tahap ini untuk sementara sebelum mulai mengubahnya kembali.


cara-membantu-anak-membaca-tahap-ke-4-dan-ke-5 (google)
TAHAP KE LIMA- Buku-buku

            Sekarang anak Anda sudah siap untuk membaca buku yang sebenarnya. Dia sudah membaca banyak buku buatan sendiri dan menguasai semua kata-kata tunggal, susunan kata-kata, dan ungkapan yang akan ia temukan dalam bukunya yang pertama. Persiapan matang yang dialukan sebelumnya adalah kunci keberhasilannya dalam membaca bukunya yang pertama dan banyak buku-buku lainnya.
           
Semakin muda anak Anda, semakin menantang tahap ini baginya. Ingatlah bahwa ketika Anda mengajarkannya membaca, Anda sebenarnya telah menumbuhkan daya penglihatannya, sama seerti latihan olahraga membesarkan otot lengan.

            Orangtua kini perlu menyiapkn buku untuk untuk mengajar anaknya membaca. Pilihan buku yang akan digunakan sangat penting dan buku itu harus memenuhi standar sebagai berikut:
    1.      Buku itu memiliki perbendaharaan kata sebanya 50 sampai 100 kata.
    2.      Buku itu berisi tidak lebih dari satu kalimat dalam satu halaman. 
    3.      Tinggi tulisannya tidak boleh kurang dari 2 cm.
    4.      Teks harus mendahului dan terpisah dari gambar atau ilustrasinya.

            Isi buku sangat penting. Anak Anda ingin membaca buku dengan alsan yang sama seperti kita para orangtua membaca buku. Dia berharap untuk mendapatkan kegembiraan atau informasi baru atau keduanya. Dia akan menikmati cerita-cerita petualangan, dongeng, dan misteri yang ditulis dengan baik.
Masalah untuk memberikan anak buku-buku yang cukup adalah sesuatu yang patut dipikirkan.


sumber:
Grace Satyadi. 2006. bagaimana mengajar bayi anda membaca sambil bermain. terj. Doman, Glenn J. how to teach tour baby to read. 1964
Helmawati. (2014). Pendidikan Keluarga Teoretis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya        
gambar: google

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Membantu Anak Membaca Tahap ke-4 dan ke-5 Rating: 5 Reviewed By: winnie-winnierdab