728x90 AdSpace

Latest News
Sunday, May 6, 2018

Cara Mengajar Anak Membaca Sambil bermain



Betapapun buruknya Anda mengajar anak Anda membaca, hampir dapat dipastikan dia akan belajar lebih banyak daripada jika dia tidak diajarkan membaca sama sekali.

Namun semakin baik Anda mengajarkan anak Anda membaca, semakin cepat dan lancar dia akan belajar membaca. Jika Anda melakukan permainan belajar membaca ini dengan tepat, baik Anda maupun anak Anda pasti akan benar-benar menikmatinya.
Permainan ini hanya memerlukan waktu kurang dari setengah jam sehari.

cara-mengajar-anak-membaca-sambil-bermain

Pada Usia Berapa Sebaiknya Dimulai
Kapan waktu yang tepat untuk memulai mengajarkan anak membaca. Kapan sebenarnya seorang anak siap untuk mempelajari sesuatu?
Jika anak Anda berusia lima tahun, akan lebih mudah baginya daripada jika usianya enam tahun. Usia empat tahun lebih mudah, dan tiga tahun, bahkan lebih mudah lagi.
Usia satu tahun atau kurang adalah waktu yang terbaik untuk memulai. Bukankah kita sudah berbicara padanya sejak lahir? Hal ini akan melatih indera pendengarannya dan indera peglihatannya.

Ada dua faktor yang sangat penting dalam mengajar anak:
a.      Sikap pendekatan Anda
b.      Ukuran dan kerapian bahan bacaan

Syarat terpenting adalah diantara orangtua dan anak harus ada pendekatan yang meyenangkan, karena belajar membaca adalah permainan yang bagus sekali. Orangtua tidak boleh lupa bahwa:
1.      Belajar adalah permainan hidup yang paling menggairahkan dan belajar bukanlah bekerja.
2.      Belajar adalah pahala, bukan hukuman
3.      Belajar adalah bersenang-senang, bukan bersusah payah
Orangtua harus selalu ingat akan hal ini dan jangan melakukan apa pun yang bisa menghancurkan bakat alami anak.

Waktu Terbaik Untuk Mengajar
            Jangan pernah mengajarkan sesuatu kepada anak kecuali Anda dan anak Anda berapa dalam suasana hati yang menyenangkan dan kondisi yang baik.  Jika ibu sedang kesal atau letih, maka  itu bukanlah waktu yang baik untuk mengajar membaca. Jika anak Anda sedang lelah, lapar, atau rewel. Selidikilah apa yang membuatnya terganggu dan atasi hal itu. Setelah itu barulah Anda bisa mengajarnya kembali dan bergembira bersama.

Lamanya Pengajaran Yang Baik
            Pastikan bahwa waktu yang Anda gunakan untuk melakukan permainan ini sangat singkat. Mula-mula lakukan permainan ini tiga kali sehari, tetapi setiap pelajarannya hanya berlangsung beberapa detik saja.
Untuk menentukan kapan harus mengakhiri setiap pelajaran, orantua harus benar-benar bersikap bijaksana.

Hentikan Sebelum Anak Anda Ingin Mengakhirinya
            Orangtua harus tahu apa yang dipikirkan anak sebelum anak itu sendiri menyadarinya, dan menghentikan permainan sebelum anak itu sendiri menghentikannya.
Orangtua harus memupuk keinginan alamiah anak untuk belajar, bukan menghancurknnya.

Cara Mengajar
            Biasanya, kita mengharapkan anak untuk duduk dan menatap materi yang diberikan. Kita berharap dia terlihat agak kurang senang atau berwajah serius untuk menunjukkan dia benar-benar sedang belajar. Tetapi anak-anak tidak menganggap belajar sebagai beban sebagaimana orang dewasa.
            Anak-anak tidak perlu menatap seperti yang orangtua inginkan, mereka menyerap begitu saja semua informasi dengan sangat cepat, bagaikan spons menyerap air.
Faktor kecepatan itu akan menentukan keberhasilan pelajaran daripada  bila diberikan terlalu lamban pada anak Anda yang cerdas dan sangat ingin belajar.

Konsisten
            Program sederhana yang dilakukan secara konsisten dan menyenangkn, pasti lebih berhasil daripada program yang terlalu ambisius, membebani dan membuat Anda kewalahan, sehingga membuat pengajaran tidak teratur dan tidak efektif.
Untuk bisa menguasai materi denga baik, anak Anda perlu melihatnya berali-kali. Kegembiraan anak akan meningkat dengan bertambahnya pengetahuan baru yang ia dapatkan melalui program yang dilakukan setiap hari.

sumber:
Grace Satyadi. 2006. bagaimana mengajar bayi anda membaca sambil bermain. terj. Doman, Glenn J. how to teach tour baby to read. 1964
Helmawati. (2014). Pendidikan Keluarga Teoretis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya  
gambar: google


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Mengajar Anak Membaca Sambil bermain Rating: 5 Reviewed By: winnie-winnierdab