728x90 AdSpace

Latest News
Saturday, May 26, 2018

Cara Memulai Program Membaca Pada Bayi Usia 3-12 Bulan



MEMULAI PROGRAM UNTUK BAYI USIA TIGA SAMPAI ENAM BULAN

Jika Anda memulai program membaca dengan bayi berusia tiga sampai enam bulan, dia akan menguasai langkah Pertama dari Tahapan Membaca. Langkah ini akan menjadi inti dari program Anda.
Dua hal terpenting yang perlu diingat adalah:
     1.      Tunjukkan kata-kata dengan cepat.
     2.      Tambahkan kata-kata baru sesering mungkin.
            Hal yang menakjubkan dari seorang bayi adalah bahwa dia seorang intelektual murni. Dia mempelajari apa saja secara menyeluruh dan tanpa prasangka apa pun. Dia menyukai apa pun yang ada untuk dipelajari. Adalah kebanggaan dia dan kita sebagai orangtua, jika kita cukup beruntung mendapat kesempatan untuk mengajarinya.

Antara usia tiga sampai enam bulan, seorang bayi mampu menyerap bahasa lisn tanpa kesulitan sedikitpun asalkan kita menyampaikannya dengan keras dan jelas. Dia mampu menyerap bahasa tulisan asalkan kita membuatnya besar-besar dan jelas. Tujuan kita adalah membuat kata-kata untuk dibaca besar-besar dan tebal sehingga bayi bisa selalu melihatnya dengan mudah.

Pada tahap ini bayi mengguakan suara-suara untuk berbicara kepada kita. Namun setelah beberapa bulan, barulah kita bisa mengerti semua bunyi yang diucapkannya itu sabagai kata-kata, kalimat, dan ungkapan yang ingin disampaikannya. Dalam pengertian orang dewasa, si bayi belum bisa berbicara.
cara-memulai-program-membaca-pada-bayi-usia-(3-12)-bulan -google


Bayi memiliki indera sensorik yang luar biasa untuk menerima informasi, namun indera motoriknya belum berkembang untuk menerima informasi yang bisa lagsung dimengerti.
Karena itu, orang-rang mungkin akan bertanya bagaimana Anda bisa mengajar seorag bayi membaca padahal di belum bisa berbicara. Membaca dilakkan dengan indera penglihatan, bukan dengan mulut. Membaca adalah proses menerima bahasa dalam bentuk tulisan. Berbicara adalah proses mengeluarkan bahasa bentuk ucapan.

Membaca adalah kemampuan sensorik, seperti halnya mendengar, berbicara adalah kemempuan motorik, seperti menulis. Berbicara dan menulis memerlukan keahlian motorik yang tidak dimiliki seorang bayi.
Sungguh, usaha untuk megajar bayi Anda membaca, akan mempercepat ia berbicara dan menambah perbendaharaan kata-katanya.

Anak usia tiga atau empat bulan adalah anak yang jenius dalam bahasa, orangtua perlu untuk mengajarinya kata-kata tunggal yang baru.


MEMULAI PROGRAM UNTUK BAYI TUJUH SAMPAI DUA BELAS BULAN

Jika Anda mulai mengajar anak usia tujuh sampai dua belas bulan, ada dua hal yang terpenting yang perlu diingat, yaitu
     1.      Buatlah setiap pelajaran sangat singkat
     2.      Berikan pelajaran sesering mungkin.

Gunakan hanya satu kategori yang terdiri dari lima kata setiap kali mengajar. Setiap hari mobilitas anak Anda akan berkembang. Dia menjadi semakin lincah. Segera setelah dia mulai merangkak, sebuah dunia baru yang penuh kesempatan terbuka lebar baginya. Dia sekarang punya SIM untuk bergerak dan dia sangat ingin meyelidiki apa pun.

Anak usia tujuh bulan selalu akan mencari dan merusak apa saja yang ada diatas piringnya. Jika kita berikan pelajaran dalam waktu singkat, dia akan terus “melahap” ribuan kata baru dalam semenit. Jika kita terlambat memberikan pelajaran berikutnya dengan waktu lebih dari beberapa detik, dia akan meninggalkan orangtua sendirian di tengah-tengah ruang keluarga.

Anak-anak tidak pernah berhenti berubah, mereka lebh dinamis. Oleh karena itu, buatlah selalu peljaran yang cepat dan singkat. Karena anak kecil akan terus bergerak ketingkat yang baru dan kita harus terus mengikutinya.



sumber:
Grace Satyadi. 2006. bagaimana mengajar bayi anda membaca sambil bermain. terj. Doman, Glenn J. how to teach tour baby to read. 1964
Helmawati. (2014). Pendidikan Keluarga Teoretis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya        
gambar: google


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Memulai Program Membaca Pada Bayi Usia 3-12 Bulan Rating: 5 Reviewed By: winnie-winnierdab