728x90 AdSpace

Latest News
Friday, May 11, 2018

Tahap Pertama Belajar Membaca Pada Anak



Mengajar anak membaca merupakan kegiatan yang memerlukan konsisten tinggi. Karena sebuah program yang sering dihentikan (berhenti-mulai-berhenti-mulai) tidak akan efektif. Untuk bisa menguasai materi dengan baik, anak Anda perlu melihatnya berkali-kali. Jika memang Anda perlu menghentikan program selama beberapa hari karena suatu alasan, tidak apa-apa, asalkan tidak terlalu sering dilakukan. Akan lebih baik apabila Anda memiliki perpustakaan kecil di rumah. Hal tersebut akan membuat anak Anda dekat dengan buku-buku.

Bahan-bahan yang digunakan untuk mengajar anak Anda membaca sangat sederhana. Materi ini dirancang berdasarkan pengakuan bahwa membaca adalah suatu kerja otak.
Anda perlu cukup banyak kertas putih yang dipotong agak besar, kira-kira berukuran:
     1.      15 x 50 cm kira-kira 25 kartu
     2.      12,5 x ,50 cm kira-kira 25 kartu
     3.      10 x 50 cm kira-kira 100-150 kartu
     4.      10 x 30 cm kira-kira 100-150 kartu
Catatan: ukuran panjang kartu dapat disesuaikan dengan panjang kalimat.

Anda juga perlu beberapa spidol besar, berwarna merah dan ujung yang tebal dan rata. Sekarang, tulislah setiap kata di atas potongan karton putih.
Misalnya seperti berikut:

     bunda
 
 









1.      Bahan pelajaran ini dimulai dengan huruf kecil yang berukuran besar dan berwarna merah,
2.      Secara perlahan-lahan ukuran huruf diperkecil menjadi ukuran normal dan berwarna hitam.
Hruf besar digunakan karena akan mudah dilihat dan huruf berwarna merah digunakan karena menarik bagi anak kecil.

tahap-pertama-belajar-membaca-pada-anak


Tahapan membaca
Tahapan yang akan Anda lakukan sekarang untuk mengajarkan anak Anda sangatlah sederhana dan mudah. Apakah Anda mulai mengajar anak Anda yang masih bayi atau yang berusia empat tahun, tahapan membaca yang digunakan sama saja.
Urutannya adalah sebagai berikut:
1.      Tahapan pertama: kata-kata tunggal
2.      Tahapan kedua: gabungan dua kata
3.      Tahapan ketiga: kalimat singkat/ sederhana
4.      Tahapan keempat: kalimat panjang
5.      Tahapan kelima: buku-buku

Tahapan pertama: kata-kata tunggal
Langkah pertama mengajarkan anak Anda membaca dimulai dengan hanya meggunakan lima belas kata saja dengan karton berukuran 15x50 cm. Bila anak Anda sudah mempelajari kelima belas kata ini, maka dia sudah siap untuk melangkah ke perbendaharaan kata-kata lain.

Mulailah kegiatan ini hanya jika anak Anda sedang berminat, cukup istirahat, dan suasana hatinya gembira.

Sekarang kita mulai kegiatan kita. Tunjukkan padanya  kata “bunda”, sedikit di luar jangkauannnya, dan katakana dengan jelas “ini bacanya bunda.”
Jangan berikan penjelasan atau perincian apapun kepada anak Anda. Biarkan dia melihatnya tidak lebih dari satu detik.

Kemudia tunjukkan kartu bertuliskan “ayah” dan katakana “ini bacanya ayah.” Sebaiknya ketika Anda mengucapkan kata itu kepada anak Anda, Anda memusatkan perhatian pada wajahnya. Cara ini adalah cara yang paling baik karena semangat dan perhatian Anda dapat tertuju penuh kepadanya.

Hari pertama telah lewat dan Anda telah melakukan langkah pertama mengajarkan anak Anda membaca (Anda hanya menghabiskan paling lama 3 menit).
Hari ke dua, ulangi pelajaran dasar sebanyak tiga kali. Tambahkan kelompok kata ke dua yang terdiri dari lima kata baru. Kelompok baru ini harus dilihat tiga kali sepanjang hari, sama seperti kelompok yang pertama sehingga total seluruh sesi ada enam sesi.

Pada akhir setiap pelajaran, katakana kepada anak Anda bahwa dia sangat baik dan pintar. Katakana padanya bahwa Anda sangat bangga padanya dan sangat mencintainya.
Kata-kata pertama yang Anda ajarkan kepada anak Anda harus dibuat dari kata-kata yang paling menyenangkan dan paling dekat dengan lingkungannya. Kata-kata ini termasuk nama anggota keluarga langsung, saudara, hewan peliharaan, makanan favorit, benda-benda di dalam rumah, dan kegiatan favorit.

Dengan bantuan Anda, dia telah melakukan dua hal yang paling luar biasa:
1.      Dia telah melatih indera penglihatannya, dan yang lebih penting, di telah melatih otaknya cukup baik untuk dapat membedakan bentuk tulisan yang satu dengan yang lainnya.
2.      Dia telah menguasai salah satu bentuk abstraksi yang paling luar biasa dalam hidupnya, yaitu bisa membaca kata-kata.

sumber:
Grace Satyadi. 2006. bagaimana mengajar bayi anda membaca sambil bermain. terj. Doman, Glenn J. how to teach tour baby to read. 1964
Helmawati. (2014). Pendidikan Keluarga Teoretis dan Praktis. Bandung: PT Remaja Rosdakarya       
gambar: google


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Tahap Pertama Belajar Membaca Pada Anak Rating: 5 Reviewed By: winnie-winnierdab