728x90 AdSpace

Latest News
Monday, June 18, 2018

Cara Memasak Cake Lapis Tabur Enting Kacang


Setelah beberapa minggu yang lalu membahas mengenai cara pembuatan kue kering, dan beberapa pengenalan terhad perbedaan antara roti, cake, dan lainnya, maka pada kesempatan kali ini pembahasan mengenai pembuatan kue kering akan distop terlebih dahulu, karena kali ini akan beralih kepada cara pembuatan cake. 


Tentu, cake merupakan sebuah makanan ataupun masakan yang banyak disukai dan digemari oleh siapapun, mulai dari kalangan anak-anak, remaja, bapak-bapak, dan ibu-ibu, yang jelas, merupakan sebuah makanan yang menarik minat siapapun. 


Ada banyak cake yang diketahui tentunya, Karena memang mudah ditemui di manapun, apalagi jika ke supermarket, jadi, daripada membei, tentu lebih baik jika membuat sendiri kan? Selain dapat memilih sesuai selera, porsinya juga tentu lebih banyak, dan pengeluaran juga lebih hemat. 


Baiklah, pada kesempatan kali ini, akan dibagikan resep cake kue lapis tabur enting kacang, resep ini diambil dari transkip tayangan persembahan di Indosiar.

CAKE LAPIS TABUR ENTING KACANG

Untuk membuat cake lapis tabur enting kacang ini, bunda di rumah memerlukan beberapa bahan-bahan yang meski disiapkan. Berikut ini bahan-bahan yang diperlukan :

Bahan :
10 buah kuning telur
6 buah putih telur
175 gram gula pasir
1/2 sendok teh cake emulsifier/tbm/sp/ovalet
150 gram tepung terigu
100 gram margarin, seluruh margarin dilelehkan
pasta moka secukupnya, sesuai dengan selera dan keinginan
vanilla nougat :
250 gram cokelat oles roti, bisa juga menggunakan cokelat yang disukai
150 gram krim bubuk, kemudian campur dengan 200 ml susu dingin, kemudian kocok keduanya
300 gram enting kacang. Tumbuklah enting kacang yang ada dengan kasar, jangan smapai kehalusan.
Apabila bunda hendak menambahkan hiasan, maka yang bisa dijadikan sebagai hiasan adalah enting kacang dan ceri yang berwarna merah.

Setelah seluruh bahan tersedia, maka bunda siap untuk mengolah bahan-bahan tersebut dengan Cara membuat seperti di bawah ini:

1. Siapkan terlebih dahulu loyang yang berbentuk bulat dengan ukuran 22 cm, lalu olesi dengan margarine yang sudah dilelehkan tadi, kemudian taburi dengan tepung terigu,
sisihkan. Jangan lupa untuk memanaskan oven dengan temperatur 180 derajat Celcius.

2. Kocok seluruh kuning telur yang sudah disediakan bersama dengan putih telur yang dibarengi juga dengan gula pasir dan cake emulsifier, kocok seluruhnya sampai mengembang dan lembut.

3. kemudian, Masukkan tepung terigu perlahan – lahan, lalu aduk secara merata agar hasilnya rata, kemudian tambahkan margarin leleh sisa yang tadi, aduk rata, kemudian tambhakan pasta moca, aduk rata, kemudian tuangkan seluruhnya ke dalam Loyang lalu panggang selama empat puluh menit, tunggu sampai matang.

4. Vanilla nougat : campur cokelat yang dipiluh tadi kemudian oleskan dengan krim yang telah dikocok, aduk rata agar hasilnya merata.

5. Penyelesaian : potong kue sebagaimana yang diinginkan atau sesuai selera, hanya saja, saran saya, potonglah cake menjadi 3 bagian dengan posisi yang mendatar, lalu olesi dengan olesan krim,
Langkah selanjutnya, yang merupakan langkah terakhir adalah dengan menaburi enting kacang ke cake yang sudah matang dan sudah diolesi krim, ratakan cake kembali setelah dipotong dan susun kembali. 



Lalu hiaslah permukaan cake dengan bahan yang dipih, yaitu enting, dan buah ceri merah. Agar lebih nikmat, Simpan di dalam lemari pendingin. Kemdudian Sajikan dalam keadaan dingin.

Bahan-bahan dengan jumlah di atas adalah untuk porsi dua belas, jika hendak menambah dan mengurangi jumlah takaran, bunda bisa memilih dan menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan.

Referensi :
Resep Persembahan indosiar.com
seluruh resep yang ditampilkan diambil dari transkripsi program tayang Indosiar pdf

Sumber gambar : Google

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Memasak Cake Lapis Tabur Enting Kacang Rating: 5 Reviewed By: Anita aa