728x90 AdSpace

Latest News
Monday, June 25, 2018

Cara Memasak Chiffon Cake

 
pandan chiffon cake merupakan sebuah cake sejenis kue yang memiliki sifat sangat ringan, yang terbuat dari bahan-bahan utamanya tepung. Kelebihan cake chiffon ini ialah teksturnya sangat lembut, tidak akan kering apabila dimasukkan ke dalam kulkas, selain itu bahan-bahan yang digunakan pun tidak sulit untuk ditemukan di berbagai tempat, mulai dari bisa membeli bahan-bahannya di warung, hingga supermarket. 

Sebagaimana namanya, tentu kue ini akan menggunakan pasta yang memiliki rasa pandan, dan ekstrak pandan yang juga akan menjadi pewarna dan perasa pokoknya. 

Tentu, cake ini disukai oleh berbagai kalangan, sebab teksturnya yang lembut.
Cake ini juga dapat digunakan sebagai santapan santai bersama keluarga, bersama teman-teman saat santai, dan bisa juga untuk acara-acara keluarga. 

Baiklah, berikut ini salah satu cara untuk membuatnya.
PANDAN CHIFFON CAKE
Bahan bahan yang diperlukan ialah :
6 buah telur (yang dibutuhkan hanya kuningnya saja, sehingga anda harus memisahkan kuning telur dengan putih telurnya)
175 gram gula pasir, gula pasir yang digunakan adalah gula pasir yang halus
100 ml minyak selada
150 ml santan dari 1/2 butir kelapa
250 gram tepung terigu, tepungnya harus diayak terlebih dahulu
1 sendok teh baking powder
1/2 sendok teh soda kue
pasta pandan secukupnya
8 telur (hanya putihnya saja, sehingga harus memisahkan putih dengan kuning telurnya, bisa juga menggunakan yang enam putih telur yang diambil kunignya tadi)
1 sendok teh cream of tartare
100 gram gula pasir yang halus
Air

Sebagai Hiasan : taburan gula bubuk dan ceri merah
Setelah berbagai bahan sederhana yang mudah didapatkan tersebut terkumpul, maka langkah selanjutnya adalah, anda sudah bisa untuk memulai mengolah cake tersebut. Berikut ini cara mengolah bahan bahan yang sudah ada.

Cara membuat :

Hal pertama yang meski dilakukan adalah memanaskan oven dengan temperature yang sedang yaitu 180 derajat celcius, kemudian siapkan Loyang chiffon jika ada, jika tidak, maka anda bisa menggantinya dengan Loyang yang ada saja. Jik ada alangkah baiknya jika ada Loyang yang bentuk cincin ukuran 22 cm. Loyang tersebut alasi dengan kertas roti dan basahi dengan air secukupnya. Lalu sisihkan.

Langkah selanjutnya adalah mengaduk rata. Aduk rata kuning telur dan gula pasir, kemudian masukkan minyak selada, santan dan tepung terigu, baking powder, serta soda kue, aduk secara merata sampai adonan menjadi kental. Setelah kental, tambahkan pasta rasa pandan secara merata.
Selanjutnya, ambil putih telur yang sudah disediakan, kemudian Kocok putih telur dengan cream of tartar, lalu masukkan gula pasir secara sedikit-sedikit, terus kocok adonan, sampai adonan mengembang dan kaku.
Kemudian, campurkan putih telur ke dalam adonan telur, aduklah secara merata agar adonan rata, lalu tuangkan ke dalam Loyang, lalu panggang selama empat puluh lima menit sampai matang.
Setelah empat puluh menit dipanggang, maka cake sudah matang, angkat, balik Loyang atau gantungkan secara terbalik, setelah uap cake tersebut hilang, maka cake akan terlepas. Setelah kuenya dingin, barulah taburi dengan gula bubuk, kemudian hiaslah dengan ceri merah tadi.
Selamat mencoba.
Bahan-bahan dengan takaran tersebut adalah untuk 12 potong. Anda bisa menambah dan mengurangi takaran sesuai dengan kebutuhan.

Sedikit pengenalan mengenai sejarah cake pada umumnya, bahwa sebenarnya cake dan bolu merupakan makanan yang berasal dari daratan Eropa, dan dikenalkan oleh Belanda kepada masyarakat Indonesi pada masa penjajahan.

Sumber bacaan :
Resep Persembahan indosiar.com
seluruh resep yang ditampilkan diambil dari transkripsi program tayang Indosiar pdf
Dasar dan Teori pengetahuan bahan, fungsi bahan, dan kegunaan pdf

Sumber Gambar : Google
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Memasak Chiffon Cake Rating: 5 Reviewed By: Anita aa