728x90 AdSpace

Latest News
Sunday, June 10, 2018

Cara Memasak Kue Kering (Samprit Keju)


Secara umum, roti di dunia ini dibagi menjadi tiga keluarga besar, yaitu roti (bread), cake (cake), kue kering (cookies). Ada beberapa perbedaan antara ketiganya, salah satunya ialah mengenai bahan dasar dari ketiganya yang berbeda. Pada artikel sebelumnya sudah dijelaskan mengenai perbedaan bahan daar ketiganya, maka pada artikel kali ini, selain membahas mengenai cara membuat kue kering, juga akan menuntaskan mengenai perbedaan tersebut selain bahan dasarnya. 

Ada suhu oven, ciri-ciri, dan bahan tambahannya.
Mengenai suhu oven, pada roti, suhu ovennya dengan menggunakan api besar, yaitu 200-220 c, pada suhu oven cake, hanya menggunakan suhu api sedang, yakni antara 180-190 c, pada kue kering, lebih kecil ketimbang ke dua jenis roti tersebu, yakni suhu api kecil, kisaran antara -150-160c. 

Perbedaan ciri-ciri antara ketiganya, pada roti, memerlukan fermentasi, sementara keduanya, cake dan kue kering, tidak memerlukan fermentasi. Bahan tambahan pada roti ialah bread improver, bread conditioner, pada ckae, ada cake emulsifier, cake softener, sementara pada kue kering hanya membutuhkan tambahan perenyah. 

Kali ini, akan dibahas mengenai cara membuat salah satu jenis kue kering, kue ini bisa dibuat untuk lebaran, namanya adalah kue sagu semprit keju. Mungkin, bagi para pembaca yang menyukai keju, bisa membuat kue ini sebagai salah satu olahan keju, agar keju tidak hanya dinikmati seperti itu saja, melainkan dengan berbagai macam olahan. 

Bahan-bahan yang perlu disiapkan di antaranya ialah :
1.       175 gram mentega
2.       50 gram gula halus
3.       1 buah butir telur
4.       200 gram keju edam
5.       2 sendok makan tepung terigu
6.       350 gram tepung sagu
7.       100 gram keju cheedar yang parut
8.       Kantong plastic segitiga
9.       Spruit bintang

Jadi, pada kue kering kali ini, yang menjadi bahan pokoknya tentu saja tepung sagu dan keju. Pada bahan, ada dua jenis keju yang meski disiapkan, ada keju edam, dan ada keju cheedar parut. Jika tidak tahu jenis keju keduanya, pembaca bisa membeli dan bertanya di pasar atau supermarket. 

Cara membuatnya, pertama ialah kocok mentega, telur, gula, sampai lembut. Kedua, setelah mentega, telur, dan gula lembut, campurkan keju, tepung terigu, dan tepung sagu, kemudian aduk rata sampai semuanya cukup lemas. 

Cara ketiga, masukkan spruit bintang ke dalam plastic. Keempat, isi kantong plastic yang sudah ada spruit bintangnya dengan taburan keju. Taburan keju meski dimasukkan ke dalam plastic yang berisi spruit bintang tadi. 


Keempat ialah semprotkan adonan ke atas Loyang yang sudah diolesi dengan mentega, dan yang terakhir adalah panggang seluruh adonan hingga matang. 

Mengenai berapa besar apinya, pembaca bisa kembali memahami perbedaan natara roti, cake, dan kue kering yang sudah dibahas sebelumnya. Di sana, tertera dengan jelas mengenai suhu api untuk memasak ketiga jenis roti tersebut. 

Jiak demikian, berarti pembaca bisa membuat api yang tidak besar atau suhu api kecil, kisaran antara -150-160 c, jangan sampai lebih besar dari suhu tersebut, sebab bisa jadi kue akan cepat gosong, sementara kue belum masak secara sempurna. Hanya kelihatannya saja yang matang, padahal di dalamnya tepung masih belum juga matang. 

Demikian resep kue kering kue sagu semprit keju kali ini. nantikan berbagai resep lainnya. Selama mencoba. 
Gambar : Google
Sumber referensi : resep kue kering www.ebook.planindo.com versi pdf oleh jani.handoyo@pajak.go.id
Toko bahan kue sinar yong, pdf www. SinarYong.com


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Memasak Kue Kering (Samprit Keju) Rating: 5 Reviewed By: Anita aa