728x90 AdSpace

Latest News
Tuesday, June 26, 2018

Cara Memasak Orange Angel Food Cake


Tepung merupakan bahan pokok dalam proses pembuatan roti, kue, dan cake. Terlebih lagi dalam pembuatan berbagai macam makanan yang biasa dimakan dan dijual sehari-hari. Di pasaran, sangat banyak jenis tepung yang terkenal dan yang beredar, namun sebenarnya, tepung itu hanya dikelompokkan menjadi dua keluarga besar, pertama ialah keluarga tepung yang memiliki kandungan protein, dan satu lagi ialah keluarga besar tepung yang tidak memiliki kandungan protein di dalamnya. 

Hanya dua itu saja, meski di pasaran ditemukan banyak merk tepung, namun jika dikelompokkan, semua tepung yang beredar tersebut akan masuk ke dalam dua kategori yang ada tersebut, apakah ia memiliki kandungan protein atau tidak. 

Tepung terigu, yang biasa didengar merupakan sebuah tepung yang memiliki kandungan protein di dalamnya. Terigu merupakan satu-satunya tepung yang dapat digunakan untuk membuat kue dikarenakan adanya unsur gluten di dalamnya yang memiliki peran dan fungsi mampu membentuk kerangka roti. 

Sementara tepung yang lain, atau tepung yang tidak memiliki kandungan rotein, hanya digunakan sebagai perenyah dan pelebut roti saja. Dan tepung yang tidak memiliki kandungan protein ini sangat banyak jumlahnya, misalnya ialah tepung tapioca, tepung maizena, tepung sagu, dan lain sebagainya.
Baiklah, setelah berkenalan sedikit mengenai tepung, maka pada artikel kali ini akan dibahas mengenai cara memasak orange angel food cake. 

Selain memiliki bahan dasar tepung dan telur, tentu sebagaimana namanya, cake ini juga menjadikan essens lemon sebagai bahan dasarnya, karena jika tidak maka ia bisa saja berganti nama, dan tentu tidak akan dinamakan sebagai orange angel food cake.

Berikut ini bahan bahan yang diperlukan untuk pembuatan orange angel food cake.

ORANGE ANGEL FOOD CAKE
Bahan – bahan :
10 buah telur, ambil putih telurnya saja
1 sendok teh cream of tartar
250 gram gula pasir
1 sendok teh essens lemon
175 gram tepung terigu
50 gram almond iris

Bahan yang dibutuhkan hanya enam macam, tentu dengan bahan yang sederhana akan sangat sederhana pula pengolahan bahan-bahannya.

Cara membuat orange angel food cake ini ialah:

1. terlebih dahulu Panaskan oven dengan temperature 175 derajat celcius. Setelah oven sudah berada di atas api, kemudian siapkan Loyang yang bentuk cincin dan dapat bongkar pasang,. Kemudian basahi Loyang dengan air, lalu lapisi dasar loyang dengan kertas roti, kemudian
sisihkan.

2. langkah selanjutnya ialah kocok Putih telur bersamaan dengan cream of tartar, lalu secara perlahan lahan masukkan gula dengan ukuran yang sedikit-sedikit, sambil terus menerus mengocok adonan, sampai adonan mengembang dan kaku.

3. Masukkan essens lemon dengan tepung terigu, kemudian aduk semuanya dengan rata. Apabila Loyang yang berbentuk cincin telah kering, maka kembali basahi bagian dalam Loyang, lalu tuangkan adonan ke dalam Loyang yang sudah dibasahi, kemudian taburi dengan irisan almons yang ada. 

4. langkah terakhir adalah memanggang adonan. Panggang adonan yang sudah di dalam Loyang selama 30 menit atau lebih hingga matang, kemudian angkat, lalu hilangkan uap panasnya adonan yang sudah masak, kemudian balikkan.

Bahan dengan ukuran di atas ialah untuk porsi dua belas potong. Ulangi langkah-langkah di atas jika hendak mendapatkan jumlah atau porsi yang lebih besar.


Sumber bacaan :
Resep Persembahan indosiar.com
seluruh resep yang ditampilkan diambil dari transkripsi program tayang Indosiar pdf
 sumber gambar : Google


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Memasak Orange Angel Food Cake Rating: 5 Reviewed By: Anita aa