728x90 AdSpace

Latest News
Tuesday, June 26, 2018

Cara Memasak Steam Fruit Cake


Mutu cake pada masa awal-awal munculnya telah berbeda dengan cake yang ada pada masa kini. Pada awalnya ia hanya sebuah makanan yang diolah dengan bahan sederhana dan pembuatan sederhana, kini ia sudah mengalami banyak perubahan, dan banyak varian tentunya. Hal ini dikarenakan semakin berkemabnganya wawasan manusia, dan munculnya kreatifitas yang tinggi untuk mencampurkan antara bahan-bahan yang satu dengan yang lain sehingga menghasilkan varian rasa yang banyak. 

Demikian sekilas mengenai kelanjutan sejarah cake. Pada kesempatan kali ini, akan dibahas mengenai cara memasak cake yang bernama steam fruit cake. 

Bahan dasar pembuatan cake tentu tidak lain adalah tepung dan telur, karena kedua bahan tersebut memang menjadi bahan pokok dari pembuatan cake yang tidak dapat dilepaskan dan dihilangkan. 

Baiklah, berikut ini bahan-bahan yang diperlukan dalam proses pembuatan steam fruit cake. 

STEAM FRUIT CAKE
Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah :
6 butir telur
2 butir putih telur, diambil hanya putihnya saja
80 gram gula palem
50 gram gula pasir
1/2 sendo teh cake emulsifier
125 gram tepung terigu
1 sendo makan kayu manis bubuk atau bumbu spekuk
100 gram margarine, margarin yang ada dilelehkan
150 gram kismis
100 gram campuran ceri merah hijau, potong-potong sesuai selera

Sebagai Hiasan bisa disediakan cokelat masak yang sudah dilelehkan, jika tidak suka cokelat mungkin bisa mengganti hiasan yang lainnya selain cokelat.Jadi, fruit dalam cake ini yang dimaksudkan ialah campuran ceri merah hijau.Setelah seluruh bahan terkumpul, lalu mulailah untuk mengolah bahan yang sudah tersedia dengan mengikuti beberapa langkah sederhana di bawah ini.

Cara membuat :

Sebelumnya, yang perlu diiapkan selain bahan-bahan ialah Loyang yang berbentuk cincin, kemudian dandang sebagai tempat yang dapat memuat Loyang, kocokan kue, tempat mengocok bahan-bahan, kompor tentunya. 

Langkah-langkahnya ialah :

1. terlebih dahulu, Siapkan loyang yang bentuk cincin dengan ukuran 600 ml, kemudian olesi Loyang yang berbentuk cincin tersebut dengan margarine, dan lanjutkan dengan menaburi
tepung terigu. Setelah Loyang siap, lalu siapkan dandang yang berukuran bisa menampung Loyang atau berukuran cukup untuk ukuran loyang, kemudian panaskan dandang tersebut.

2.langkah selanjutnya ialah Kocok telur, sekaligus masukkan gula palem, gula pasir dan cake emulsifier. Telur, gula palem, gula pasir dan cake emulsifier dimasukkan secara bersamaan, lalu kocok seluruh bahan dengan rata dan stabil sampai adonan tersebut mengembang dan lembut.

3. setelah adonan jadi, dengan tekstur adonan yang lembut dan mengembang, Masukkan tepung terigu dan bubuk kayu manis, aduk dengan rata agar hasil yang didapatkan sempurna, lalu masukkan margarine cair, aduk dengan rata, lalu tambahkan kismis dan ceri merah hijau, aduk dengan rata kemudian tuangkan
Ke dalam Loyang yang sudah dari awal ditaburi dengan margarine.

4. setelah Loyang terisi dengan adonan, Kukus adonan di dalam Loyang  di atas api selama 30 menit lamanya, lalu tunggu hingga matang, kemudian angkat, dinginkan dan hias dengan
cokelat masak. Atau hias dengan hiasan yang anda sukai jika tidak menyukai cokelat. Jika sudah dihias, maka cake bisa Potong-potong, lalu siap untuk disajikan.

Bahan-bahan dengan takaran di atas secara normal dapat digunakan untuk porsi sebanyak delapan potong. Jika ingin lebih banyak jumlahnya, mungkin dapat membuat adonan baru dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah digunakan sejak awal.

Referensi : Resep Persembahan indosiar.com
seluruh resep yang ditampilkan diambil dari transkripsi program tayang Indosiar pdf

sumber gambar : Google
 

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Memasak Steam Fruit Cake Rating: 5 Reviewed By: Anita aa