728x90 AdSpace

Latest News
Sunday, June 10, 2018

Cara Mmebuat Kue Kering (Lidah Kucing)

Membuat roti dan kue merupakan sebuah hal yang sulit. Dibutuhkan beberapa hal untuk menunjang kualitas masakan kuenya, di antaranya ialah dibutuhkannya minat, waktu, dan tentunya benda atau yang berkaitan dengan uang, dan tentunya juga dibutuhkan resep yang memadai. 

Maka, pada kesempatan kali ini, jika beberapa hal tersebut sudah terpenuhi, pada artikel ini akan dibahas mengenai kebutuhan yang terakhir, yakni resep. 

Pada artikel ini, nantinya akan dibahas mengenai tentang teori bahan dan metode pembuatan kuenya yang telah diuji di dapur. Misalnya ialah mengenai pemilihan jenis tepung yang cocok untuk membuat roti dan kue. 

Ada banyak cara untuk membuat kue dan roti. Baiklah, sebelum kepada cara pembuatan kue, saya akan jelaskan terlebih dahulu mengenai perbedaan antara roti, cake, dan kue kering. Di kalangan masyarakat, tentu masih sering menyamakan ketiga jenis makanan tersebut, padahal, jika diperhatikan, ketiga jenis tersebut berbeda. 

Pertama ialah mengenai bahan dasar. Bahan dasar dari roti ada lima buah. Tepung terigu, mentega, gula, telur, dan ragi. Sementara bahan dasar dari cake adalah tepung terigu, mentega, gula, dan telur, dan yang terakhir adalah kue kering. Bahan dasar kue kering hanya ada tiga, tepung terigu, mentega, dan gula.

Ada beberapa perbedaan lainnya antara ketiganya, yang akan dibahas pada artikel selanjutnya.
Baiklah, yang akan dibahas pada kali ini adalah cara membuat kue lidah kucing. 

Tentu, di saat akan lebaran seperti ini, segala jenis kue akan memenuhi dapur dan rumah setiap masyarakat Muslim. Salah satunya adalah lidah kucing. 


Perlu diketahui, bahwa kue lidah kucing ini merupakan sebuah kue yang masuk ke bagian kue kering. Langsung saja, bahan-bahan yang perlu disiapkan di antaranya ialah :
1.       2 buah putih telur, lalu kocok dengan kaku
2.       1 sendok makan kuning telur
3.       100 gram mentega
4.       100 gram tepung terigu
5.       1 sendok the cokelat pasta

Setelah seluruh bahan-bahan terkumpul, maka langkah selanjutnya ialah mengolahnya. Cara mengolahnya sederhana sekali, pertama ialah, kocoklah mentega, kuning telur, dan gula halus sampai menjadi krim, harus sampai benar-benar seperti krim. 

Selajutnya, masukkanlah sepertiga bagian tepung terigu, aduk kemudian tambahkan sepertiga bagian putih telur. Aduk kembali hingga rata. Kemudian, tambahkan lagi sepertiga bagian tepung terigu, setelah rata, lalu tambahkan sepertiga bagian putih telur tersebut. Pada sisa bahan-bahan, lakukan hal yang sama dengan hal di atas. 

Langkah terakhir adalah ambil seperlima bagian dari adonan yang ada, kemudian tambahkan cokelat pasta, semprotkan adonan keuning ke cetakan yang ada, dalam hal ini tentu menggunakan cetakan kue lidah kucing. Semprotkan adonan cokelat di atasnya, kemudian masukkan ke dalam oven, tunggu hingga matang. 


Sederhana sekali cara membuatnya, ditambah lagi dengan bahan-bahannya yang juga terjangkau, serta mudah didapatkan. 

Selamat mencoba, lakukan langkah-langkah sebagaimana yang di atas dengan baik, agar hasilnya memsuakan dan dapat dinikmati dengan santai dan nikmat. 

Nantikan resep kue kering, cake, dan makanan lainnya di artikel selanjutnya. Ada beberapa jenis kue kering yang akan dibahas juga, dan juga beberapa cake dan roti, sehingga tidak perlu memberli roti dan cake lagi di luar, karena membuatnya lebih mudah dan murah apalagi dengan porsi yang Juga lebih banyak ketimbang membeli di warung atau toko.

Sumber : resep kue kering www.ebook.planindo.com versi pdf oleh jani.handoyo@pajak.go.id
Toko bahan kue sinar yong, pdf www. SinarYong.com
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Mmebuat Kue Kering (Lidah Kucing) Rating: 5 Reviewed By: Anita aa