728x90 AdSpace

Latest News
Saturday, July 28, 2018

Cara Membuat Bolu Cokelat Isi Vlaa



Gist, sama dengan ragi. Hanya saja, masyarakat 80 an, biasa mengenalnya dengan nama gist, sementara masyarakat kini, atau masyarakat jaman now, mengenalnya dengan sebutan ragi. Semua istilah d atas sebenarnya mengacu kepada satu benda yang sama, hanya dibedakan oleh merk saja. 


Semua ragi, atau gist yang dikenal oleh masyarakat 80 an, pasti selalu mengandung unsur saccharomyces cerevisiae. Unsur tersebut, merupakan mikroorganisme yang mampu membelah dirinya sendiri dengan cepat. Saat melakukan pembelahan, ragi akan menghasilkan gas yang dikenal dengan istilah CO-2 yang nantinya akan berperan mengembangkan adonan dan mengeluarkan asam yang mampu memperlunak gluten, serta memberikan aroma pada adonan. 


Di pasaran, ada tiga jenis ragi yang dapat ditemui, yaitu:
1.      Ragi basa – compress yeast
2.      Ragi isntan – instant dry yeast
3.      Ratgi tak instan – active dry yeast
Ragi basah, atau jika diingriskan menjadi compress yeast, memiliki kandungan air yang mencapai tujuh puluh persen. Sesuai namanya, yaitu basah, sehingga ia meski disimpan di dalam kulkas. Biasanya, ia akan dibungkus di kertas lilin yang beratnya lima ratus gram perbungkusnya. 


Ada beberapa cake yang menggunakan bahan ini, hanya saja, tidak enjadi sebuah kebutuhan yang digunakan oleh semua cake. Baiklah, pengenalan mengenai ragi akan dilanjutkan pada artikel berikutnya, insyaAllah. Pada artikel ini akan dibahas mengenai cara membuat cake bolu cokelat isi vlaa.


BOLU COKELAT ISI VLAA
Bahan bahan yang dibuthkan ialah :
6 buah telut yang diambil kuningnya saja
3 buah telur, yang diambil hanya putih telurnya saja
175 gram gula pasir
100 gram tepung terigu
20 gram cokelat bubuk yang diayak
1/2 sendok teh baking powder
80 gram margarine yang dilumerkan


Bahan bahan pembuatan Vlaa :
450 ml susu cair
50 ml krim kental
100 gram gula pasir
60 gram tepung maizena
1/2 sendok teh garam
2 buah telur, hanya digunakan kuning telur
Sebagai bahan Taburan : cokelat bubuk


Cara membuat :

1. Panaskan oven di atas api dengan temperature 175 derajat Celcius, kemudian siapkan loyang yang berbentuk segiempat berukuran 20 cm, lalu olesi dengan margarine, kemudian  taburi dengan tepung terigu, kemudian sisihkan.


2. pembuatan Bolu : kocok telur dengan gula pasir hingga lembut dan berwarna lebih pucat.
Masukkan tepung terigu, cokelat bubuk dan baking powder, ke dalam adonan tadi, lalu aduk rata, kemudian tambahkan margarine yang telah dilelehkan tadi, aduk dengan rata, kemudian tuangkan ke dalam Loyang yang sudah disiapkan.


3. Panggan ke dalam oven selama tiga puluh menit hingga matang, ketika sudah matang,  angkat kue dari Loyang kemudian dinginkan.


4. Setelah kue dingin potong kue dengan mendatar menjadi 2 bagian, lalu sisihkan.


5. untuk pembuatan isisnya atau Vlaa : ambil susu cair, kemudian ambil sedikit untuk melarutkan maizena dan tambahkan kuning telur, aduk dengan rata. Sisa susu cair yang ada, campurkan dengan krim kental, gula pasir dan garam, lalu aduk semua bahan dengan rata, lalu tambahkan larutan maizena, aduk dengan rata, didihkan semua adonan. Ketika sudah mengental, angkat.


6. Bolu yang sudah matang, taruh kembali ke dalam loyang, lalu tuangkan vla dan tutup dengan potongan bolu yang sudah dipotong dengan mendatar tadi, kemudian dinginkan. 


7. Setelah dingin balik kue dan taburi cokelat bubuk, hias sesuai dengan selera.

Bahan bahan dengan takaran tersebut untuk dua belas potong.



Referensi :
Pdf Bahan dasar cake, bried, and cookies. www.young.com
Pdf. Resep indosiar.

Sumber gambar : 
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Membuat Bolu Cokelat Isi Vlaa Rating: 5 Reviewed By: Anita aa