728x90 AdSpace

Latest News
Saturday, July 14, 2018

Cara Membuat Bolu Puding Karamel


Setelah membahas sedikit mengenai kegunaan gula, maka pada tulisan kali ini masih akan membahas mengenai sesuatu yang berhubungan erat dengan gula. 

Pada umumnya, gula merupakan sebuah bahanyang terbuat dari tebu. Contohnya ialah gula halus, gula kastor, dan gula pasir. Gula kastor, ialah gula yang berada di posisi tengah-tengah. Ia tidak sehalus gula halus, dan tidak sekasar gula pasir biasa. Ternyata, ada gula yang tidak terbuat dari tebu, salah satunya ialah gula brown sugar. Gula ini terbuat dari sari buah jagung kemudian ditambahkan dengan sirup. Maka tidak heran, jika banyak yang menyebut dengan “corn sugar”. 

Jenis gula brown sugar ini, sangat cocok digunakan saat pembuatan cake. Karena ia dapat mempercepat proses fermentasi oleh ragi. Yang perlu diketahui ialah, bahwa  brown sugar ini tidak sama dengan palm sugar. Palm sugar terbuat dari getah pohon palm yang kemudian dikristalkan. Kelebihan dari gula palm sugar ini ialah sifatnya yang sangat mudah larut, sehingga sangat baik digunakan dalam pembuatan roti dan kue kering. 

Demkianlah sedikit mengenai jenis-jenis gula. Baiklah, pada artikel kali ini akan dibahas mengenai cara pembuatan cake. Meski dalam penyandangan nama tidak ada cakenya, namun ia masih termasuk dalam jenis cake. Namanya ialag bolu pudding caramel. 

BOLU PUDING KARAMEL
Bahan bahan yang dibutuhkan
Bahan bahan pembuatan Bolu
5 buah kuning telur
2 buah putih telur
100 gram gula pasir
100 gram tepung terigu
1/2 sendok teh baking powder
80 gram margarine, margarinnya dilumerkan
1 sendok teh essens vanilla
Bahan bahan pembuatan Pudding :
500 ml susu cair
1 bungkus agar-agar bubuk
1 sendok makan maizena
2 buah kuning telur
100 gram gula pasir
1 sendok teh vanili bubuk
2 buah putih telur, putih telurnya dikocok kaku
Bahan bahan pembuatan Caramel :
100 gram gula pasir, buat caramel
Setelah bahan-bahan terkumpul, ikuti langkah langkah di bawah ini sebagai prosesnya, 

Cara membuat :
1. pembuatan Bolu : langkah awal Panaskan oven dengan temperatur 180 derajat Celcius. Kemudian, siapkan Loyang yang brbentuk bulat dengan ukuran sedang, ialah dua puluh cm. Loyang diolesi dengan margarine, lalu taburi dengan tepung terigu, kemudian sisihkan. 

2. selanjutnya, masukkan telur, dan gula pasir ke dalam mangkuk, Kocok telur dan gula pasir sampai lembut dan berwarna lebih pucat. Setelah itu masukkan tepung terigu dan baking powder, lalu aduk rata kemudian tambahkan margarine yang tadi sudah dilelhkan bersama dengan vanilli, aduk rata semuanya kemudian tuangkan ke dalam loyang.
 
3. setelah adonan bolu siap, Panggang di dalam oven selama 30 menit sampai berwarna cokelat keemasan dan matang,  angkat lalu dinginkan. 

4. Siapkan loyang bongkar pasang ukuran 22 cm, taruh kue di dalamnya, kemudian sisihkan.

5. pembuatan Puding : ambil susu cair sedikit untuk melarutkan maizena dan campur dengan kuning telur, aduk rata semua bahan, campur sisa susu cair dengan agar-agar, gula pasir dan vanili bubuk, lalu tambahkan campuran telur aduk rata dan didihkan, angkat setelah uap panasnya hilang campur dengan putih telur yang telah dikocok kaku, aduk rata dan tuangkan ke dalam loyang.
 
6. Tuangkan caramel diatasnya dan bentuk pola marmer, simpan dalam lemari
pendingin. Sajikan dingin

Untuk : 12 potong
 Sumber bacaan
Resep Persembahan indosiar.com
seluruh resep yang ditampilkan diambil dari transkripsi program tayang Indosiar. Pdf
pdf. Buku dasar bread, cake and cookies. 

sumber gambar : google


  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Membuat Bolu Puding Karamel Rating: 5 Reviewed By: Anita aa