728x90 AdSpace

Latest News
Saturday, July 14, 2018

Cara Membuat Cake Marmer


Selain memiliki bahan dasar tepung dan telur, cake juga berbahan dasar gula sebagai perasa dan pemanis. Gula merupakan kebutuhan sehari-hari yang tidak dapat dipisahkan dari kebutuhan manusia. Ketika hendak membuat the, menggunakan gula, ketika membuat kopi, kue, atau bahkan ketika masak sayurpun juga perlu menggunakan gula meski sedikit, dan termasuk di dalamnya ketika membuat cake. 

Fungsi gula yang dapat dilihat saat pembuatan cake atau kue adalah memebrikan rasa manis pada cake atau roti.
Ada tiga kegunaan gula pada setiap masakan yang membutuhkannya. Hal ini dibagi menjadi tiga, dan ternyata memiliki keguaan yang berbeda-beda. 

Pertama dalam pembuatan roti, gula merupakan bahan yang dibutuhkan oleh bahan-bahan lain sebagai teman atau rekan kerja. Dalam pembuatan roti, gula akan bekerjasama dengan ragi dan tepung terigu. Mereka bekerjasama untuk mengeluarkan alkohol dan gas, sehingga adonan dapat mengembang. 

Dalam pembuatan cake, gula tentu akan bekerjasama dengan telur. Mereka akan berusaha mengeluarkan udara, sehingga adonan akan mengembang.
Sementara dalam pembuatan kue kering, gula akan bekerjasama dengan mentega. Mereka akan bekerjasama membentuk rongga-rongga, sehingga kue akan renyah saat digigit.
Begitula kegunaan gula. Maka, pada kesempatan kali ini, masih akan dibahas mengenai pembuatan cake. Kali ini yang akan dibahas ialah cake Marmer. 

CAKE MARMER
Bahan – bahan yang digunakan :
300 gr margarin
250 gr gula pasir
1 sendok teh vanili. Usahakan vanilinya adalah vanili bubuk
10 kuning telur ayam
10 putih telur ayam, kocok hingga kaku 
 Ayak :

300 gr tepung terigu
1 sendok teh baking powder
Adonan cokelat :
3 sendok makan cokelat bubuk
1 sendok teh cokelat pasta
Sebagai Hiasan : gula bubuk dan stroberi segar

Setelah bahan – bahan siap, maka cara membuatnya ialah : 

1. langkah awal, siapkan oven, lalu Panaskan oven dengan temperatur 175 derajat Celcius.
Sembari memanaskan oven, siapkan loyang dengan bentuk
cincin yang berukuran 24 cm, lalu olesi dengan margarin dan taburi terigu, lalu  sisihkan.

2. Kocok margarin, bersama dengan gula dan vanili. Kocok semuanya hingga mengembang. Ketika sudah mengembang maka Masukkan kuning telur satu persatu, sambil kocok terus hingga mengembang. Lalu Masukkan campuran tepung terigu sedikit-sedikit sambil aduk rata, agar hasil yang didapatkan rata. 

3.setelah rata, kemudian Tambahkanlah telur putih kocok terus sambil terus diaduk dengan rata.

4. untuk Adonan cokelat : ambillah 100 ml adonan, kemudian campur dengan cokelat bubuk dan cokelat pasta hingga rata. Campurkan cokelat-cokelat dengan rata. 

5 .lalu  Tuangkan setengah bagian adonan putih ke dalam loyang, kemudian ratakan. Kemudian Tambahkan setengah bagian adonan cokelat, aduk dengan garpu hingga terbentuk marmer.

6. Tuangkan sisa adonan putih dan adonan cokelat, aduk kembali dengan garpu.

7. Panggang adonan di dalam oven yang sudah dipanaskan selama 45 menit. Panggang hingga kecokelatan dan matang. Kemudian ketika sudah matang dan kecokelatan Angkat dan
dinginkan.

8. kemudian langkah akhir adalah menghias cake. Hias cake dengan bahan yang sudah disediakan sejak awal. Sesuai dengan bahan, hias cake dengan gula bubuk dan stroberi segar. Lalu Sajikan sebagai teman minum teh atau kopi.

Bahan-bahan dengan takaran sebagaimana di atas, dapat digunakan Untuk porsi enam belas (16) potong.
Sumber bacaan
Resep Persembahan indosiar.com
seluruh resep yang ditampilkan diambil dari transkripsi program tayang Indosiar. Pdf
pdf. Buku dasar bread, cake and cookies. 


sumber gambar : google

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Membuat Cake Marmer Rating: 5 Reviewed By: Anita aa