728x90 AdSpace

Latest News
Saturday, July 28, 2018

Cara Membuat Cake Marmer



Telur merupakan sebuah bahan makanan yang multifungsi. Ia kaya akan protein, dan mendapatkannya pun masih tergolong murah, meski harganya kini kian melonjak. Selain tepung, gula, dan margarine/mentega, bahan dasar lainnya yang dipelrukan saat pembuatan cake adalah telur. 

Hal yang perlu diperhatikan saat pengocokan telur adalah tingkat lamanya pengocokan telur. Batas waktu pengocokannya adalah sepuluh menit, sehingga ketika melebih waktu tersebut justru akan mengurangi zat emulsifier atau lechitin, sehingga adonan bukan semakin mengembang, akan tetapi malah menjadi semakin menurun. 

Ketika menggunakan pengocokan mixer, untuk mendapatkan adonan yang mengembang dan bagus, ada cara yang perlu diketahui. Yaitu, dengan pengocokan menggunakan tangan, lalu memutar berlawanan dengan arah jarum jam. Dengan melakukan hal tersebut, udara yang akan terperangkap ke dalam adonan semakin banyak  sehingga menghasilkan pengembangan yang maksimal terhadap adonan dan waktu pengocokan semakin singkat. 

Baiklah, itulah sekilas mengenai pengocokan telur yang baik untuk menghasilkan adonan yang mengembang dengan maksimal. Selanjutnya, akan dibahas mengenai cara membuat cake marmer.

Bahan bahan yang dibutuhkan :

300 gr margarin, bebas. Sesuai dengan yang diinginkan.
250 gr gula pasir
1 sendok teh vanili bubuk
10 buah telur, hanya kuningnya saja
10 buah telur, yang dibutuhkan putih telur ayamnya saja, kocok putih telur hingga kaku

Sebagai bahan yang diAyak :
300 gr tepung terigu
1 sendok teh baking powder

Sebagai Adonan cokelat :
3 sendok makan cokelat bubuk
1 sendok teh cokelat pasta

Sebagai hiasan cake : gula bubuk dan stroberi segar

Setelah bahan bahan terkumpul, langkah selanjutnya ialah membuatnya atau mengolah bahan bahan agar dapat menjadi sebuah makanan yang disantap dan dihidangkan.

Cara membuat :

1. langkah awal, ambil oven, kemudian Panaskan oven tersebut di atas api dengan temperatur 175 derajat Celcius, kemudian siapkan loyang yang berbentuk cincin dengan ukuran 24 cm. Loyang tersebut, olesi dengan margarin merk bebas kemudian taburi terigu, kemudian sisihkan.

2. setelah oven dan Loyang beres, mulailah membuat adonan. Kocok margarin, tambahkan dengan gula dan vanili, kocok hingga adonan mengembang. Lalu, Masukkan kuning telur dengan cara memasukkannya satu persatu. Sambil terus dikocok hingga adonan mengembang dengan maksimal atau mengembang. Kemudian, Masukkan campuran
tepung terigu sedikit-sedikit sambil terus diaduk degan rata.

3. selanjutnya, anda bisa menambahkan telur putih dan mengkocoknya terus menerus  sambil aduk rata.

4.untuk Adonan cokelat : ambil 100 ml adonan, kemudian campurkan dengan cokelat bubuk yang ada, cokelat pasta, aduklah dengan rata, sampai hasilnya pun merata.

5. langkah selanjutnya, Tuangkan setengah bagian ari adonan putih tadi ke dalam loyang, kemudian ratakan, dan Tambahkan setengah bagian adonan cokelat tadi, aduk dengan garpu hingga terbentuk marmer. Aduk dengan perlahan-lahan, agar berbentuk marmer yang indah.

6. Tuangkan sisa adonan putih tadi dengan adonan cokelat yang ada, aduk kembali dengan garpu untuk mendapatkan bentuk marmer.

 7. langkah yang selanjutnya, Panggang adonan selama 45 menit, tunggu  hingga warnanya kecokelatan dan matang. Angkat lalu
dinginkan.

8. anda bisa menghias kue yang sudah matang dengan gula bubuk dan stroberi segar. Sajikan bersama kopi atau teh, sesuai dengan yang anda inginkan.

Bahan dengan ukuran di atas, dapat digunakan atau dibuat untuk enam belas potong.

Referensi :
Buku dasar bread, cake, and cookies. Pdf. www. SinarYong.com
Resep Persembahan indosiar.com
seluruh resep yang ditampilkan diambil dari transkripsi program tayang Indosiar

sumber gambar : Google


Next
This is the most recent post.
Older Post
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Membuat Cake Marmer Rating: 5 Reviewed By: Anita aa