728x90 AdSpace

Latest News
Tuesday, July 17, 2018

Cara Membuat Choco Ring Cake


Bahan dasar yang tidak dapat dilepaskan dari proses pembuatan cake selain tepung dan gula adalah telur. Telur memiliki dua unsur yang sudah tidak asing lagi bagi penggemar makanan protein tinggi ini, yaitu puith telur dan kuning telur.

 Masing masing dari unsur telur tersebut memiliki kandungan air yang lumayan banyak. Pada kuning telur terdapat lima puluh persen (50 % ) sementara pada putih telur, terdapat delapan puluh tujuh persen ( 87 % air). Di dalam kunig telur terdapat Lecithin.

Zat lecithin memilki fungsi emulsifier, yaitu zat pengikat udara. Pada saat dikocok bersama gula, secara otomatis mereka akan mengikat udara sehingga mampu membuat adonan mengembang dengan sempurna dan memberikan rasa lembab ketika digigit.

Pada saat dipanggang atau proses pemanggangan, udara yang terperangkap tersebut akan memuai dan membuat rongga – rongga pada kue, sehingga tektur kue sangat terpengaruh dari seberapa banyak udara yang terperangkap selama pengocokan telur.

Demikian pengenalan singkat mengenai bahan dasar pembuatan cake dan kue. Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai bagaimana cara membuat sebuah cake yang berbentuk cincin. Cake ini memiliki rasa cokelat, yang merupakan rasa yang paling digemari di seluruh kalangan usia, mulai dari anak – anak, orang dewasa, sampai kepada orangtua, nama cake ini ialah choco ring cake sebagaimana namanya, ia berbentuk seperti cincin, sehingga yang diperlukan saat pembutannya nanti ialah sebuah cetakan berbentuk ring.

CHOCO RING CAKE

Bahan – bahan yang diperlukan :
100 gram gula palem, usahakan untuk menggunakan gula palm.
100 gr cokelat bubuk
175 gram margarin dengan merk dan bentuk atau jenis yang bebas.
3 butir telur
250 gram tepung self-raising
200 gram cokelat yang sudah masak dark & white. Potong dengan bentuk dadu
100 ml krim kental
75 gram cokelat masak, kemudian lelehkan
2 sendok makan margarin , kemudian lelehkan

Tidak begitu memerlukan bahan – bahan yang banyak dalam membuat cake ring ini, bahan – bahan yang dibutuhkan pun tidak begitu sulit untuk dicari. Ketika seluruh bahan – bahan yang sedikit dan sederhana itu sudah lengkap, maka langah selanjutnya ialah mengolahnya hingga menjadi sebuah makanan yang dapat disantap bersama keluarga, teman atau kerabat.

Berikut ini cara membuatnya 

Cara membuat :

1. langkah awal, Panaskan oven dengan temperature api 180 derajat celcius, setelah itu siapkan loyang yang memiliki bentuk cincin dengan ukuran 1 liter.

2. kemudian Campurkan tepung self-raising bersama dengan gula palem, margarine biasa (margarine yang tidak dilelehkan) dan cokelat bubuk, aduk dengan rata, lalu masih di adonan yang sama masukkan telur satu persatu dan cokelat masak yang berbentuk dadu tadi, aduk dengan rata sampai seluruh adonan rata. 

3. jika adonan sudah rata, maka adonan sudah siap untuk diPanggang. Panggang adonan selama empat puluh sampai lima puluh menit (40-50) atau hingga matang. Ketika sudah matang, angkat adonan dari pemanggangan dan hias dengan saus cokelat, koktail buah
dan strawberry.
4. Untuk saus, anda bisa panaskan krim kental, cokelat masak yang sudah disediakan dan margarin aduk rata.

Porsi dengan jumlah atau takaran seperti di atas biasanya digunakan untuk sepuluh potong. 


Sumber bacaan : Resep Persembahan indosiar.com
seluruh resep yang ditampilkan diambil dari transkripsi program tayang Indosiar. Pdf
Buku dasar bread, cake, and cookies.www. sinarYong.com. pdf
Sumber gambar : google

  • Blogger Comments
  • Facebook Comments
Item Reviewed: Cara Membuat Choco Ring Cake Rating: 5 Reviewed By: Anita aa